07

FEB  2011

Garden House

By Andy Rahman A, ST.IAI.
Posted On. 2011-02-07

4. Bird Eye View

Berdiri diatas lahan sekitar 1000 m2, rumah kebun ini terlihat asri dengan halaman yang luas serta banyak pepohonan. Total luas bangunan rumah ini adalah 300 m2, itu artinya 70 % dari lahan adalah taman dan kebun. Klien memiliki hobi berkebun dan mengoleksi tanaman unik, sehingga salah satu obsesinya adalah memiliki rumah dengan halaman yang luas, sehingga hobi mereka bisa terakomodasi. Di sisi yang lain, dengan lahan hijau yang lebih luas, kesempatan pemilik rumah sangat besar untuk mendapatkan kualitas udara yang baik, sehingga kualitas hidup-pun jadi lebih baik. Konsep rumah kebun cukup baik untuk menunjang kesehatan karena oksigen yang bersih senantiasa tersuplai, aneka tanaman hijau akan melancarkan sirkulasi udara, mengubah karbondioksida menjadi oksigen, serta mendinginkan tanah. Dampak positifnya, suhu disekitar rumah menjadi lebih sejuk. Berkebun selain hobi juga memberikan manfaat lain, terlebih kalau lahan yang ada dimanfaatkan untuk tanaman obat dan tanaman bumbu sederhana seperti cabai, tomat, kemangi, daun pandan, lidah buaya, lengkuas,serai, jahe, dan lain-lain. Disamping sejuk dan asri, kebutuhan obat-obatan dan bumbu dapur-pun terpenuhi.

 

1. Tampak Dari Depan (Utara)

Posisi massa bangunan yang berada di tengah site (dinding tidak menempel) merupakan kelebihan tersendiri. Bukaan (jendela) bisa diletakkan diseluruh kulit bangunan, sehingga sirkulasi udara serta pencahayaan bisa maksimal. Tidak ada ruang yang gelap, serta ventilasi silang bisa bekerja dengan baik. Akibatnya rumah ini menjadi rumah yang hemat energi (karena tidak perlu AC serta menyalakan lampu disiang hari). Karena rumah ber-AC memiliki keterbatasan perputaran udara yang bisa berpengaruh terhadap kesehatan penghuni rumah. Atap bangunan hampir 50% adalah roof garden, sekaligus digunakan sebagai media berkebun. Bila sore hari atau malam roof garden tersebut bisa diapakai untuk duduk-duduk bersantai sambil menikmati view perbukitan yang ada di depan dan samping rumah ini.

 

2. Tampak Dari Pojok

Rumah ini dirancang dengan banyak bukaan, atap yang curam, skylight serta overstek atap yang panjang, karakter dari arsitektur tropis. Karakter tersebut diperkuat dengan pemakaian material batu bata ekspose, kayu serta vertical garden yang menjadi aksen tampak depan rumah ini. Ruang makan dan ruang keluarga memiliki view langsung keperbukitan yang ada didepannya, demikian juga teras samping dan teras kamar rumah ini. Salah satu keunikan rumah ini terletak pada permainan skylight yang ada di bagian atap rumah ini. Skylight utama berada tepat diatas void ruang keluarga dan ruang makan, sehingga hampir seluruh ruang yang ada di dalam rumah terang karenanya. Komposisi skylight yang dibuat random/acak memberikan warna berbeda dari tampilan rumah tropis ini.

 

11. Tampak Depan

Salah satu unsur yang unik pada fasade rumah ini adalah dengan adanya vertical garden yang menjadi aksen tampak depan rumah ini. Vertical garden tersebut sengaja diaplikasikan untuk memperkuat konsep rumah kebun yang menjadi tema rancang rumah ini. Media tanam vertical garden ini memakai karpet glass wool atau geotextile yang di sayat lalu di beri tanah. Tanaman yang dipilih untuk mengisi vertical garden tersebut antara lain: pakis kelabang, ophiopogon sp, cendrawasih, seruni, asplenium sp dan bromelia. Pemilihan beberapa macam tanaman tersbut sengaja untuk membuat kesan natural dari vertical garden ini. Sistem pengairan vertical garden ini adalah dengan sistem tetes (drip), dimana air disalurkan ke tempat paling tinggi dari vertical garden. Selanjutnya dari pipa utama, air disalurkan ke pipa-pipa kecil yang dibagian ujungnya terdapat nozzle (bisa berupa octa nozzle atau regulating stick). Nozzle ini digunakan sebagai pembagi tekanan agar sepanjang pipa utama, baik yang lebih dekat dengan sumber tekanan maupun yang paling jauh dari sumber tekanan air, akan mengeluarkan air yang relatif sama. Dari bagian paling atas vertical Garden, air menetes membasahi media tanam dan secara gravitasi akan membasahi juga media tanam dibawahnya.

 

6. Kamar Tidur Utama

Secara umum warna-warna alam yang terang namun teduh merupakan pilihan yang kami terapkan pada interior rumah bergaya tropis modern ini. Dengan paduan warna tersebut, maka suasana akan tetap terasa sejuk. Cocok untuk hunian yang berada di wilayah beriklim tropis, seperti Indonesia. Material batu bata ekspose dibalutkan hampir 90% untuk material dinding kamar tidur utama yang bertujuan untuk lebih menonjolkan desain tropis serta arsitektur yang ramah lingkungan. Sedangkan elemen kayu yang mengisi hampir sebagian besar furnitur interior rumah ini mampu memberi kesan hangat dan dekat dengan alam.

 

Nama Proyek: Garden House
Lokasi Proyek: Jl. Rambutan No. 112, Bukit Baru, Pangkal Pinang
Luas Tanah/Bangunan: 1000/300 m2
Nama Klien: Dr. R. Agus Subarkah, Sp. Rad
Tahun: 2013
Arsitek Prinsipal: Andy Rahman A, ST.IAI.
Arsitek: Abdi Manaf .R, ST dan Imam Prasetyo, ST

Desainer Interior: Anindita Caesarayi Putri, ST


  • 1. Tampak Dari Depan (Utara)

    1. Tampak Dari Depan (Utara)

  • 2. Tampak Dari Pojok

    2. Tampak Dari Pojok

  • 3. Tampak Dari Samping Kanan (Sisi Timur)

    3. Tampak Dari Samping Kanan (Sisi Timur)

  • 4. Bird Eye View

    4. Bird Eye View

  • 5. Detail Tampak Depan

    5. Detail Tampak Depan

  • 6. Kamar Tidur Utama

    6. Kamar Tidur Utama

  • 7. Pantry dan Minibar

    7. Pantry dan Minibar

  • 9. Denah Lantai 1

    9. Denah Lantai 1

  • 10. Denah Lantai 2

    10. Denah Lantai 2

  • 11. Tampak Depan

    11. Tampak Depan

  • 12. Potongan

    12. Potongan

  • 13. Detail Skylight

    13. Detail Skylight

  • 14. Konsep Desain Rumah Kebun

    14. Konsep Desain Rumah Kebun

  • 15. Contoh Vertical Garden

    15. Contoh Vertical Garden

  • 16. Contoh Vertical Garden

    16. Contoh Vertical Garden

  • 17. Detail Vertical Garden

    17. Detail Vertical Garden

  • 18. Urutan Konstruksi Vertical Garden

    18. Urutan Konstruksi Vertical Garden

  • 8. Ruang Makan & Ruang Keluarga

    8. Ruang Makan & Ruang Keluarga



* Location to be used only as a reference. It could indicate city/country but not exact address.

Related Articles:

You might also like:

  • House in Meruya Residence

    House in Meruya Residence

  • House In Ketintang Mansion

    House In Ketintang Mansion

  • Bevel House

    Bevel House

  • T(h)ree House

    T(h)ree House


  • Pamuji [ ] said:


    mas andy, saya punya tanah 12 x 18 pingin buat rumah kampung yang asri seperti desain di atas (bangunan 1 lantai). Berapa ya biaya desain dan biaya bangun rumahnya. trims.

    in: November 7, 2013 at: 6:25 pm

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk Pamuji: Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: November 12, 2013 at: 4:41 pm

  • ronal [ ] said:


    mas andy, sy punya lahan berupa rawa/kolam. untuk pondasi yg efektif baiknya menggunakan jenis apa?terimakasih.

    in: August 15, 2014 at: 6:53 pm

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk. Ronal: Untuk lahan rawa/kolam dengan jenis tanah bergerak, kami sarankan untuk disondir/di tes dulu pak tanahnya. Untuk memastikan seberapa dalam tanah kerasnya, baru setelah itu ditentukan jenis podasinya. Untuk jenis pondasi tanah rawa biasanya memakai stroust atau minipile pak. Demikian Jawaban dari Kami. Terimakasih

    in: August 18, 2014 at: 5:04 pm

  • hakam [ ] said:


    Saya berniat membangun rumah style bali minimalis modern yang ukuran 80-90m3 (pojok)...tapi tukang saya ga biasa baca gambar arsitek (tukang tradisional) dan akan minim pengawasan. Kalau memakai jasa arsitek interior berapa fee nya? . thanks

    in: October 1, 2015 at: 1:54 pm

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk. Hakam: Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: October 19, 2015 at: 10:41 am

  • Muhammad Yamin [ ] said:


    Saya punya Lahan luas seribu seratus. Dengan posisi tanah ngantong kata orang jawa.lebar depan 22m. Panjang sisi barat 45.m sisi Timur mengikuti batas kali kecil, ( pejalan).saya ingin bangunrumahnyg berkonsep

    in: December 10, 2016 at: 3:44 pm

  • Muhammad Yamin [ ] said:


    Saya punya Lahan luas seribu seratus dibongkar. Dengan posisi tanah ngantong kata orang jawa.lebar depan 22m. Panjang sisi barat 45.m sisi Timur mengikuti batas kali kecil, ( pejalan).saya ingin bangun rumah yg berkonsep rumah kebun dengan luas maksimal 30 % dari luas tanah.selain hobi berkebun saya juga terbiasa dengan membengkak kendaraan pribadi.terutama motor motor tua.

    in: December 10, 2016 at: 3:48 pm

  • Muhammad Yamin [ ] said:


    Saya punya Lahan luas seribu seratus dibongkar. Dengan posisi tanah ngantong kata orang jawa.lebar depan 22m. Panjang sisi barat 45.m sisi Timur mengikuti batas kali kecil, ( pekalen).saya ingin bangun rumah yg berkonsep rumah kebun dengan luas maksimal 30 % dari luas tanah.selain hobi berkebun saya juga terbiasa dengan membengkak kendaraan pribadi.terutama motor motor tua.kira kira ada gambaran berapa Budget yg harus saya siapkan.terimakasih pak bantuanya

    in: December 10, 2016 at: 3:50 pm

Leave a Comment

Coming Soon!
Various Project Gallery

 

 

Facebook Fans Page

 

 

Latest Comments
Browse by Category

 

 

Web Statistic
  • Total visitors: 270,362
  • Visitors today: 6
  • Visitors yesterday: 123
  • Currently online: 2
  • Total page views: 1,497,266
  • Page views of this page: 14,243
  • counter

 

 

Video Projects