18

JAN  2011

House in Summarecon

By Andy Rahman. A, ST. IAI
Posted On. 2011-01-18

2. Zoom Prespective

Berdiri diatas lahan seluas 10 x 18 m2, rumah tinggal yang satu ini mengusung konsep Rumah Tropis Modern. TROPIS (Tropis nusantara) merupakan pendekatan penyelesaian masalah iklim terutama pada hujan, udara panas, serta cahaya matahari yang melimpah. Sedangkan MODERN (Kekinian, Efektif dan Efisien, Fungsional) merupakan pendekatan yang lebih kepada pemenuhan kebutuhan dan aktifitas manusia, berkenaan dengan waktu dan gaya hidup, sehingga berpengaruh pada tata pola ruang serta bentukan desain rumahnya. Arsitektur Nusantara : "Arsitektur naungan bukan lindungan (sebuah re-orientasi pengetahuan asitektur tradisional" Prof.DR.Ir. Josef Prijotomo, M.Arch (guru besar FSTP Arsitektur ITS Surabaya) yang bertujuan untuk Meningkatkan kualitas lingkungan rumah dan kehidupan sosial masyarakat sekitar. Serta menciptakan rumah tinggal yang berkontribusi positif bagi penghuni dan lingkungan sekitar.

 

1. Eksterior

Konsep Globalnya adalah Penerapansustainable designyang ramah lingkungan sebagai penyelesaian masalah desain pada rumah tropis, konsep tersebut ter-aplikasi mulai dari material, berikut aplikasinya:

- Dinding :Rostersebagai dinding berukir tembus, sehingga memungkinkan angin tetap bisa masuk ke dalam rumah (konsep gedeg pada rumah tradisional) sekaligus memberikanshadingsebagai naungan

- Panggung : untuk menghindari tanah basah dan lembab, untuk sirkulasi udara, untuk meminimalkan cutting pada lahan, serta mengurangi dampak banjir.

- Atap : menggunakan atap yang lebar sebagai naungan yang menghasilkan bayangan

- Pola Ruang : penerapan ruang yang fleksibel, efisien, dan multifungsi, menyesuaikan dengan gaya hidup (ruang bisa multi fungsi, seperti kamar tidur tamu yang bisa berubah jadi ruang serba guna, bila tidak sedang ada tamu)

 

4. Ruang Tamu

Sedangkan konsep Sustainable design yang kita terapkan ke dalam desain perumahan antara lain:
REDUCE
1. 1. Hemat Energi (mengurangi pemakaian energi dalam rumah, pada siang hari tidak perlu menyalakan lampu, karena sluruh ruang tidak ada yang gelap. Serta tidak pelu pendingin ruangan atau AC karena adanya cross ventilation yang bekerja secara optimal)
2. 2. Efisien (dalam luasan ruang dan penggunaan material)
3. 3. Meminimalisir eksploitasi dan pengrusakan tanah
4. 4. Menyelesaikan masalah banjir
REUSE
1. 1. Memanfaatkan kembali sisa air hujan untuk kegiatan rumah tangga
2. 2. Memanfatatkan sisa kayu peti kemas untuk lantai dan furnitur
3. 3. Menggunakan material aluminium untuk kusen dan pintu
RECYCLE
1. 1. Menggunakan baja sebagai struktur utama
2. 2. Menggunakan baja ringan untuk rangka atap
3. 3. Mengeksplorasi tanah lokal untuk dijadikan batu bata, genteng, paving dan roster

 

6. Ruang Keluarga View 2

Material yang digunakan adalah material yang mempunyai sifat sustainable, dan memiliki embodied energy yang rendah. Embodied energy diartikan sebagai banyaknya energi yang dibutuhkan pada saat proses produksi bahan material. Sehingga berdampak relatif rendah terhadap lingkungan hidup (low environment impact). Material low embodied yang kita pakai adalah: Genteng tanah lokal untuk menggantikan genteng konvensional, batu bata tanah lokal untuk menggantikan batu bata merah, alumunium (kusen) untuk menggantikan kayu, baja (struktur) untuk menggantikan beton dan rangka atap baja ringan untuk menggantikan rangka atap kayu. Khusus untuk batu bata, genteng, paving serta roster yang di buat dari tanah lokal memiliki low embodied energy yang rendah karena pada saat proses pembuatannya tidak memakai sistem pembakaran (hemat energi). Material dasar (tanah lokal) di campur dengan semen dengan komposisi tertentu. Setalah itu dibiarkan kering begitu saja. Sebagai perbandingan (hasil penelitian DR. Ir. Vincentius Totok Noerwarsito, MT, dosen Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan ITS), satu sak semen bisa menghasilkan 300-400 buah batu bata tanah lokal.

 

Batu Bata Tanah Lokal

Lowembodied energy' dan localbrick'- merupakan solusi sebuah rumah dengan mengoptimalkan pemanfaatan material yang berasal atau dibuat dengan memakai tanah lokal. Bahan (dasar) bangunan di ambil dan di buat di lokasi. Bahan bangunan yang bisa di buat dengan memanfaatkan material dasar dari lingkungan sekitar -tanah lokal- bisa berupa batu bata, paving maupunroster. Tanah lokal tersebut diambil di lokasi dimana rumah tesebut dibangun, tanah tersebut di dapat pada saat penggalian pondasi, penggalianseptick tank dan sumur resapan. Sebuah upaya mengurangi limbah saat pembangunan rumah sekaligus mengeksplorasi sumber daya alam yang ada di lingkungan dimana rumah tersebut berdiri. Hasil penelitian dari tanah lokal menghasilkan blok "bata tanah lokal" dengan kuat tekan 60 70 kg/cm, tahan air .dan harga dibawah harga bata merah di pasaran jika diproduksi di lokasi bangunan. "Bata tanah lokal" adalah bahan bangunan yang ramah lingkungan,hemat enrrgi, tidak meninggalkan banyak sisa blok, merupakan bahan bangunan struktural dan juga bahan bangunan seni.

KARAKTERISTIK BATA LOKAL

a Kuat tekan dan densitas

Kuat tekan bata tanah lokal dapat didisain sesuai dengan fungsinya sebagai dinding bangunan, untuk dinding pemikul dipersyaratkan minimal kuat tekan 50 kg/cm, minimum densitas yang dipergunakan adalah 1.7 g/cm

b. Warna.

Warna bata tanah lokal tergantung dimana tanah tersebut diambil. Bila banyak mengandung Laterite blok bata tanah lokal akan berwarna gelap, sedangkan pada tanah yang berkapur bata akan berwarna agak terang.

c. Dimensi

Dimensi dari bata tanah lokal sangat Bervariasi sekali, hal ini disesuaikan dengan kebutuhan akan adanya modul bangunan

d. Bentuk

Bentuk blok bata tanah lokal umumnya adalah balok.

e. Tekstur Permukaan blok bata tanah lokal relatif halus

f. Produksi

Produksi blok dapat dilakukan dengan alat cetak tenaga manual, mekanik dan hydrolik. sedangkan untuk produksi 300-800 blok/hari diperlukan alat cetak dengan tenaga mekanik, alat hydrolik diperlukan untuk produksi blok 800 buah keatas perhari, kesemua diatas memerlukan analisa-analisa effisiensi pemakaian alat dan produksi yang diinginkan.

g. Kelemahan.

Kerusakan dari bata tanah lokal disebabkan oleh adanya air yang berlebihan, jamur, lumut

h. Kebutuhan bahan dasar Untuk 1000 blok dengan dimensi blok 19 x 9 x 6 cm dari hasil penelitian dibutuhkan tanah sebanyak 2.8 m dimana tanah tersebut dapat diambilkan dari bekas tanah galianboezem, drainase perumahan, pondasi,Septic-tankdan sumur resapan.

House in Summareconadalah prototype rumah yang di harapkan bisa menyelasaikan berbagai masalah kota di saat bahan material semakin mahal, sumber daya alam semakin habis serta tanah / lahan semakin berkurang. Meski masih berupaya riset dan uji coba, namun kedepan bisa menjadi salah satu alternative desain rumah yang ramah lingkungan.

 

Nama Proyek: House in Summarecon
Lokasi Proyek: Summarecon Gading Serpong, Tangerang
Luas Tanah/Bangunan: 180/200 m2
Tahun: 2011
Arsitek Prinsipal: Andy Rahman A, ST.IAI.
Arsitek: Ricko Pradiantoro, ST, Livie Sukma. T, ST, Anindita Caesarayi Putri, ST, Diah Kusumaningrum, Angga Acdha Ramadhan, Ario Mahardika


  • 1. Eksterior

    1. Eksterior

  • 2. Zoom Prespective

    2. Zoom Prespective

  • 3. Artistic Capture

    3. Artistic Capture

  • 4. Ruang Tamu

    4. Ruang Tamu

  • 5. Ruang Keluarga View 1

    5. Ruang Keluarga View 1

  • 6. Ruang Keluarga View 2

    6. Ruang Keluarga View 2

  • 7. Denah Lantai 1

    7. Denah Lantai 1

  • 8. Denah Lantai 2

    8. Denah Lantai 2

  • 9. Tampak Depan

    9. Tampak Depan

  • Batu Bata Tanah Lokal

    Batu Bata Tanah Lokal

  • Konsep Arsitektur Nusantara

    Konsep Arsitektur Nusantara



style="color:#0000FF;text-align:left">View Larger Map
* Location to be used only as a reference. It could indicate city/country but not exact address.

Related Articles:

You might also like:

  • Bronjong House

    Bronjong House

  • Rumah Sisa

    Rumah Sisa

  • Rumah Berongga

    Rumah Berongga

  • Growing House 2

    Growing House 2


  • MARIA JORGE [ ] said:


    Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? Apakah Anda pernah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Mencari lagi karena kami berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu !! kami memberikan pinjaman kepada perusahaan, badan swasta dan individu pada tingkat bunga rendah dan terjangkau dari 2%. Anda dapat menghubungi kami melalui e-mail melalui: (mariajorgeglobalfinance@gmail.com) APLIKASI DATAa 1) Nama ........................... 2) Negara ....................... 3) Alamat ...................... 4) Jenis Kelamin ........................ 5) Status perkawinan ............. 6) Pekerjaan ................ 7) Nomor Telepon ........... 8) posisi di tempat kerja ..... 9) pendapatan bulanan .................... 10) Jumlah Pinjaman ......... 11) durasi pinjaman ..... 12) Tujuan pinjaman .................. 13) Tanggal Lahir ........................ Terima kasih.

    in: March 17, 2017 at: 9:46 am

  • mr wilson taylor [ ] said:


    Halo Anda mencari bantuan keuangan Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar tagihan utang membeli dan rumah mobil lain Kami menawarkan semua jenis pinjaman kepada perusahaan dan individu dan kami memberikan pinjaman suku bunga 2% sehingga Anda membutuhkan pinjaman untuk Anda ke email kami hari ini di wilsontaylor228@gmail.com Formulir aplikasi pinjaman yang harus diisi adalah sebagai berikut: Nama lengkap............................................. negara: ...................... .......... Jumlah pinjaman: ..................... Nomor telepon:..................... durasi pinjaman .................................... Pekerjaan: ................... ....... Pendapatan bulanan:................. Jenis kelamin: .............................. ......... Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya? .................. Kami menunggu balasan Anda ke email kami wilsontaylor228@gmail.com Wilson Taylor

    in: March 24, 2017 at: 10:48 pm

  • mr wilson taylor [ ] said:


    Halo Anda mencari bantuan keuangan Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar tagihan utang membeli dan rumah mobil lain Kami menawarkan semua jenis pinjaman kepada perusahaan dan individu dan kami memberikan pinjaman suku bunga 2% sehingga Anda membutuhkan pinjaman untuk Anda ke email kami hari ini di wilsontaylor228@gmail.com Formulir aplikasi pinjaman yang harus diisi adalah sebagai berikut: Nama lengkap............................................. negara: ...................... .......... Jumlah pinjaman: ..................... Nomor telepon:..................... durasi pinjaman .................................... Pekerjaan: ................... ....... Pendapatan bulanan:................. Jenis kelamin: .............................. ......... Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya? .................. Kami menunggu balasan Anda ke email kami wilsontaylor228@gmail.com Wilson Taylor

    in: March 25, 2017 at: 9:31 am

  • mr wilson taylor [ ] said:


    Halo Anda mencari bantuan keuangan Anda membutuhkan pinjaman untuk membayar tagihan utang membeli dan rumah mobil lain Kami menawarkan semua jenis pinjaman kepada perusahaan dan individu dan kami memberikan pinjaman suku bunga 2% sehingga Anda membutuhkan pinjaman untuk Anda ke email kami hari ini di wilsontaylor228@gmail.com Formulir aplikasi pinjaman yang harus diisi adalah sebagai berikut: Nama lengkap............................................. negara: ...................... .......... Jumlah pinjaman: ..................... Nomor telepon:..................... durasi pinjaman .................................... Pekerjaan: ................... ....... Pendapatan bulanan:................. Jenis kelamin: .............................. ......... Apakah Anda mengajukan pinjaman sebelumnya? .................. Kami menunggu balasan Anda ke email kami wilsontaylor228@gmail.com Wilson Taylor

    in: March 25, 2017 at: 9:31 am

Leave a Comment

Coming Soon!
Various Project Gallery

 

 

Facebook Fans Page

 

 

Latest Comments
Browse by Category

 

 

Web Statistic
  • Total visitors: 254,934
  • Visitors today: 87
  • Visitors yesterday: 148
  • Currently online: 1
  • Total page views: 1,420,426
  • Page views of this page: 16,451
  • counter

 

 

Video Projects