22

JUN  2011

Breathing Office

ByAndy Rahman. A, ST. IAI- ConsultantAndy Rahman Architect
Posted On. 2011-06-22

2. Eksterior Tahap 1

Kinekora office merupakan kantor pusat IT consultant yang berlokasi di perumahan Anggaswangi Sidoarjo, bangunan kantor yang tampil kontemporer ini, mangambil sebuah konsep yang diadopsi dari motto perusahaan yaitu, enthusiast, smart, passion, hardworking, fast learner, well organized, customer centric, and lowcost. Sesuai dengan produktifitas dan kreatifitas perusahaan, maka diterapkan sebuah desain yang modern, murah, pintar, dan kreatif. Hasilnya desain bangunan terlihat hightech dan modern. Di sisi lain Sang pemilik ingin memanfaatkan sirkulasi udara secara optimal serta bangunannya ramah lingkungan. Pemilik menginginkan kantor ini tanpa AC. Sebuah tantangan yang besar membuat desain bangunan tanpa AC di daerah yang besuhu panas.breathing office concept atau kantor bernafasadalahsolusi yang kami tawarkan.

 

1. Eksterior Tahap 1

Selain itu hal lain yang juga harus dicermati adalah sang pemilik ingin melakukan pembangunan kantornya secara bertahap, yaitu dengan konsep tumbuh. Dimana tahap pertama dikerjakan tanpa asrama, dan tahap kedua dengan asrama. Sehingga massa di desain dengan pertimbangan penambahan fungsi bangunan di lantai dua. Penambahan di harapkan tanpa harus merubah konstruksi dan tampilan fasad yang sudah ada, sehingga pembangunan tahap I memperlihatkan bangunan yang sudah 'selesai'. Bangunan sudah bisa di pakai untuk aktivitas kantor, sehingga sudah 'profitable' yang pada akhirnya keuntungan perusahaan bisa dipakai untuk melanjutkanpembangunan ke tahap II.

 

4. Eksterior Tahap 2

Kondisi site yang memanjang dan menghadap selatan merupakan potensi yang baik untuk mendapatkan penerangan dan sirkulasi udara yang maksimal. Sehingga penerapan sistem breathing office concept menjadi relevan dengan mengarahkan bukaan lebar pada area selatan bangunan massa. Perforated metal selain berfungsi sebagai wind catcher juga berfungsi sebagai secondary skin, dapat juga ditumbuhi tanaman rambat, sehingga lebih ramah lingkungan. Metal perforated dapat berfungsi baik sebagai pengalir/penangkap angin, karena mempunyai pori-pori di permukaannya, dan diletakkan dekat dengan bukaan. Pada bagian bidang sisi timur lantai 2, batu bata ringan (aerasi) disusun secara zig-zag dan di biarkan berongga, hal ini di maksudkan supaya angin yang yang datang dari sisi timur bisa masuk ke dalam ruang-ruang tidur staff. Sehingga sirkulasi udara dari luar bangunan dapat masuk ke dalam bangunan dengan mudah. Selain itu, material lain yang digunakan adalah beton pra-cetak, atau precast concrete. Material ini sengaja digunakan untuk menegaskan sebuah teksture beton yang menarik, low maintenance dan juga dari segi waktu pemasangan lebih efisien daripada batu bata konvesional.

 

5. Aksen

Aksen warna kuning di ambil dari 'brand' warna perusahaan yang merupakan simbol keceriaan, semangat dan sikap optimis. Letak aksen tepat di pojok site karena memang posisi itulah paling strategis. Komposisinya yang berada diantara beton precast dan perforated metal seakan menjadi 'oase' di tanah yang gersang.

 

10. Ruang Baca

Jika memasuki area interior, akan menemukan nuansa yang jauh berbeda dari kantor biasanya. Unsur fun, creative, dan kontemporer sangat lekat dengan menggunakan warna-warna yang cerah dan bentukan furniture yang simple. Menjadikan nuansa kerja yang dinamis serta nyaman. Hal ini berpedoman dengan motto perusahaan smart, passion, hardworking maka untuk menunjang hal tersebut setiap ruangan memiliki nuansa yang berbeda. Untuk area kantor/ruang kerja, dibedakan dengan split level antara karyawan dengan sekretaris dan ruang direksi. Oleh karena itu, terciptanya void yang tinggi di ruang kerja karyawan. Hal ini memudahkan cahaya dan pandangan lebih leluasa, serta aliran hawa panas dapat di minimalisir. Ruang rapat yang didesain simple, menghadap ke arah taman, sehingga nuansa ruang rapat menjadi lebih asri dan segar. Selain itu di dukung dengan fasilitas basketball court di samping bangunan, untuk karyawan yang ingin berolahraga dan mengadakan aktivitas bersama.

 

Nama Proyek: Kinekora Office
Tahun: 2011

Luas Tanah: 509 m2

Luas Banguan Tahap I: 370 m2 

Luas Bangunan Tahap II: 540 m2 

Lokasi: Taman Anggaswangi Blok O/1-5, Sidoarjo
Status Proyek: Pra Rencana

Prinsipal Arsitek: Andy Rahman. A, ST. IAI

Arsitek: Ricko Pradiantoro, ST 

Konsultan Arsitek: Andy Rahman Architect


  • 1. Eksterior Tahap 1

    1. Eksterior Tahap 1

  • 2. Eksterior Tahap 1

    2. Eksterior Tahap 1

  • 3. Eksterior Tahap 2

    3. Eksterior Tahap 2

  • 4. Eksterior Tahap 2

    4. Eksterior Tahap 2

  • 5. Aksen

    5. Aksen

  • 6. Selasar

    6. Selasar

  • 7. Ruang Luar

    7. Ruang Luar

  • 8. Receptionist

    8. Receptionist

  • 9. Ruang Staff

    9. Ruang Staff

  • 10. Ruang Baca

    10. Ruang Baca

  • 11. Ruang Rapat

    11. Ruang Rapat

  • 12. Ruang Sekretaris

    12. Ruang Sekretaris

  • 13. Ruang Direktur

    13. Ruang Direktur

  • 14. Kamar Tidur Staff

    14. Kamar Tidur Staff

  • Perforated Metal

    Perforated Metal

  • green-wall

    green-wall

  • Beton Pra-cetak

    Beton Pra-cetak

  • Genral-Perforation-Sheet

    Genral-Perforation-Sheet

  • Tampak Depan Tahap I

    Tampak Depan Tahap I

  • Tampak Depan Tahap II

    Tampak Depan Tahap II

  • Denah Lantai 1

    Denah Lantai 1

  • Denah Lantai 2 Tahap II

    Denah Lantai 2 Tahap II

  • Denah Lantai 2 Tahap I

    Denah Lantai 2 Tahap I

  • Building Concept

    Building Concept

  • Mass Concept

    Mass Concept

  • Batu Bata Ringan

    Batu Bata Ringan



* Location to be used only as a reference. It could indicate city/country but not exact address.

Related Articles:

You might also like:

  • Unisdacentrum

    Unisdacentrum

  • Rumah Kos Keputih Jilid 2

    Rumah Kos Keputih Jilid 2

  • Masjid Assamawaat

    Masjid Assamawaat

  • Hotel Wiston

    Hotel Wiston


  • nurhadi [ ] said:


    benar2 inspiratif, minimalis kontemporer yg keindahannya ngga\' dibuat2

    in: July 31, 2011 at: 10:32 pm

  • andy rahman [ ] said:


    Terimakasih atas apresiasinya

    in: August 9, 2011 at: 4:07 am

  • rudi antoni [ ] said:


    Amazing....tapi mungkin mahal kali ya......biaya designnya. Apa contoh design ruko dua pintu masing ukuran 6 x 17 m diapit ruko ruko lainnya. Yang memungkinkan disulap menjadi rukan breath? Apa ada design musholla breath pada lahan kurang 200 m2 yg menjadi pusat mengaji di kompleks tanpa mengganggu ruang solat dan taman kolam yg asri. Was rudi antoni di banjarbaru-kalsel

    in: July 6, 2014 at: 1:07 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk. Rudi Antoni: Pertanyaan Bapak sudah kami jawab via email. Tolong di cek. Trmksh

    in: July 6, 2014 at: 3:55 am

  • riksa [ ] said:


    sangat menarik perihal material exteriornya,. kalau boleh tau materialnya gimana ya mas, dan cara pemasangannya seperti apa? mungkin ada gambar potongannya.

    in: November 20, 2015 at: 11:10 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Riksa: Materialnya pakai Metal Perforated, cara pemasangannya di las ke besi hollow. Dibagian belakang diberi rangka besi hollow juga sebagai penguat strukturnya.

    in: December 7, 2015 at: 2:34 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Riksa: Materialnya pakai Metal Perforated, cara pemasangannya di las ke besi hollow. Dibagian belakang diberi rangka besi hollow juga sebagai penguat strukturnya.

    in: December 7, 2015 at: 2:51 am

  • Alfred Nehemia [ ] said:


    Kabar baik!! pencari pinjaman !!! Nama saya Alfred Daniel Nehemia dari bali Indonesia, roti CEO Daniel Bakery, Pertama-tama saya akan mengatakan bahwa Tuhan harus memberkati Lady jane karena mengenalkan saya kepada perusahaan pinjaman yang jujur ​​dan halal sehingga saya benar-benar percaya bahwa Anda memberi tahu rekan kerja bahwa saya mempunyai Ide bagus untuk memulai bisnis sendiri karena mendapat pekerjaan tidak mudah jadi saya pergi ke bank untuk mendapatkan pinjaman (Rp800 juta) tapi mereka semua meminta uang muka sebesar jumlah pinjaman saya tapi satu-satunya properti yang saya miliki adalah motor. Sepeda, yang membuat saya merasa kecewa Jadi saya mencari perusahaan pinjaman online tapi kebanyakan menipu dan menipu, saya hampir kehilangan harapan dan kepercayaan diri sampai saya membaca artikel tentang lady jane tapi saya tidak sempat menutup tapi membaca artikelnya jadi saya mencoba pencarian online lain yang disebut craigslist. org dimana saya melihat iklan perusahaan Dangote Loan jadi saya memutuskan untuk melamar dan menghubungi lady jane juga Dangote Loan Company memberikan pinjaman dengan tingkat suku bunga 2% dan tidak kurang dari Rp20 juta Saya mengikuti prosedur di sana, memberikan semua yang diminta, saya juga sangat takut, tapi untuk kemuliaan tuhan, doaku dijawab dan uang pinjaman saya ditransfer ke saya tanpa masalah. jadi jangan buang waktu anda kontak Dangote perusahaan pinjaman Via dangotegrouploandepartment@gmail.com Anda juga bisa mencari di google untuk informasi lebih lanjut, ini nyata dan sangat nyata atau hubungi saya juga melalui email di alfreddaniel324@gmail.com dan juga di BBM: 7AEA8FA5

    in: March 5, 2018 at: 8:58 am

  • indiaty manirjo [ ] said:


    Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com) Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    in: March 13, 2018 at: 9:20 am

  • Victoria Alberto [ ] said:


    Halo, nama saya ialah Victoria Alberto, mangsa penipuan di tangan peminjam palsu. Saya telah kehilangan kira-kira RM 6,000 kerana saya memerlukan modal besar sebanyak RM 80,000. Saya hampir mati, saya tidak mempunyai tempat untuk pergi. perniagaan saya dimusnahkan, dan dalam proses saya kehilangan anak saya. Saya tidak dapat berdiri lagi. Pada bulan Mac 2017, saya bertemu seorang rakan yang memperkenalkan saya kepada seorang ibu yang baik, Puan Olivia Daniel, yang pada akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman dalam sebuah syarikat. ibu yang baik saya ingin menggunakan peluang ini untuk mengucapkan terima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati anda. Saya juga ingin menggunakan peluang ini untuk memberi nasihat kepada rakan-rakan malaysia, bahawa terdapat banyak penipu di luar sana, jadi jika anda memerlukan pinjaman, dan ingin mendapatkan pinjaman cepat, hanya daftar melalui Puan Olivia Daniel melalui email: (oliviadaniel93@gmail.com ). anda juga boleh menghubungi saya melalui e-mel ini: (victoriaalberto78@gmail.com). jika anda mempunyai sebarang keraguan. sila dia satu-satunya orang yang boleh dipercayai dan boleh dipercayai. Terima kasih.

    in: April 10, 2018 at: 8:33 am

  • Queen Lisa Efendi [ ] said:


    saudara-saudara Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka meareka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk memabi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com) BBM: D8E814FC Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda Gmail saya adalah Ratu Efendi Lisa efendiqueenlisa@gmail.com

    in: April 25, 2018 at: 4:17 pm

  • Queen Lisa Efendi [ ] said:


    saudara-saudara Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka meareka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk memabi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com) BBM: D8E814FC Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda Gmail saya adalah Ratu Efendi Lisa efendiqueenlisa@gmail.com

    in: April 25, 2018 at: 4:17 pm

  • Queen Lisa Efendi [ ] said:


    saudara-saudara Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan asulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karenaa dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka meareka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk memabi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com) BBM: D8E814FC Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda Gmail saya adalah Ratu Efendi Lisa efendiqueenlisa@gmail.com

    in: April 25, 2018 at: 4:17 pm

  • Annisa Ahmad [ ] said:


    Assalamu`alaikum ANNISA AHMAD LOAN COMPANY Halo, saya. Annisa Ahmad, kredit pribadi bagi kreditor untuk meminjamkan uang Saat yang tepat Anda membutuhkan pinjaman untuk uang Anda atau pinjaman Anda ingin Mengisi bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Awal lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda memiliki pinjaman atau hipotek? Mencari lebih banyak, karena ini adalah tempat Kami melakukan segalanya untuk menjaga masalah keuangan kami tetap rendah ke masa lalu Kami meminjamkan uang kepada orang yang membutuhkan Keuangan, kredit macet atau uang untuk uang Bisnis di level 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu Anda Kami memberikan bantuan dan penerimaan yang dapat diandalkan, dan siap menawarkan pinjaman. Tidak ada jumlah yang Anda butuhkan, kami hadir untuk menawarkan Anda membuat Anda datang, Anda akan mendapatkan pinjaman Anda bagaimana sevice dijamin 100%, kami akan dengan jumlah yang Anda dapatkan dari negara manapun dengan EUR / USD 1M jadi com dan mendapatkan pinjaman Anda di sini dengan 2 Tuhan memberkati Anda semua saat Anda datang dan mendapatkan milik Anda. Jadi hubungi kami hari ini melalui email: (annisaahmadlaoncompany@gmail.com) También puede contactarnos por Pin BBM: (DB5121C1) Anda dapat menghubungi kami di FACE BOOK: (Annisa Ahmad) Apa yang salah: ( 393511318582)

    in: May 12, 2018 at: 8:50 pm

Leave a Comment

Coming Soon!
Residential Project Gallery

 

 

Facebook Fans Page

 

 

Instagram
Browse by Category

 

 

Web Statistic
  • Total visitors: 336,567
  • Visitors today: 122
  • Visitors yesterday: 164
  • Currently online: 2
  • Total page views: 1,824,726
  • Page views of this page: 8,048
  • counter

 

 

Video Projects