11

JUL  2012

La DIva Junction

By Andy Rahman. A, ST. IAI - Consultant Andy Rahman Architect
Posted On. 2012-07-11

2. Serial Vision 2

La DIva Junction adalah sebuah komplek ruko yang akan dibangun di wilayah Krian kota Sidoarjo. Berlokasi tak jauh dari jalan bypass Krian, merupakan sebuah pusat kegiatan perekonomian yang sangat strategis. Mengusung konsep green, komplek ruko ini berusaha tampil dengan desain yang memang mendukung konsep tersebut. Tema green ini di diwujudkan baik melalui penataan masa bangunan maupun dari tampilan bangunan. Penataan massa bangunan yang masih menyisakan ruang terbuka diterapkan pada komplek ruko ini, hal ini tidak seperti pada komplek-komplek bangunan ruko lainnya yang hanya mengutamakan luasan banguna tanpa memperhatikan faktor lingkungan. Adanya sungai yang berbatasan dengan site bangunan juga menjadi pertimbangan dari penataan masa bangunan ini, dimana harus tersedia area yang harus bebas dari bangunan permanen di dalam site yang berbatasan dengan sungai (GSB sungai). Sementara dari segi tampilan, unsur green diterapkan dengan membuat shading untuk jendela (bukaan) dengan material tanaman rambat. Jenis tanaman yang digunakan adalah tanaman daun dolar yang memang sering digunakan sebagai tanaman rambat pada dinding. Kalau biasanya finishing ruko adalah permainan cat dan jendela, maka Kami mencoba menawarkan sesuatu yang berbeda, ruko-ruko tersebut tampil dengan finishing plesteran semen tanpa di cat serta beton precast yang juga tanpa di finish. Sedangkan warna hijau yang muncul juga berasal dari warna daun tumbuhan daun dolar. Tujuannya adalah supaya ruko ini kedepannya akan lebih mudah dan murah dari segi maintenancenya, karena plesteran dan beton precast yang tidak di finish semakin lama akan kelihatan semakin bagus, lebih natural dan alami.

 

3. Desain Eksterior KFC

KFC sebagai tenant yang menyewa bangunan dengan luasan paling besar (seluas 4 ruko) meminta sebuah desain yang berbeda, desain yang memang khusus hanya untuk KFC dan tidak sama dengan desain ruko yang lain. KFC membeli 4 ruko yang paling terekspose dari jalan, sehingga bangunan KFC menjadi point of interest dari komplek ruko ini. Desain KFC mengusung desain yang kontemporer dengan permainan geometri yang dinamis didominasi warna putih abu-abu yang mencerminkan konsep modern dan dengan aksen warna merah sebagai identitas dari KFC. Sedangkan dari segi material yang digunakan, bangunan KFC ini juga tidak hanya menggunakan material dengan finishing beton dicat saja, tetapi ada juga massa bangunan yang terbuat dari bahan beton precast yang dibiarkan terekspose tanpa di finish. Salah satu aksen dari bangunan ini ialah pada struktur yang menopang atap bangunan, struktur tersebut menyerupai bentuk ranting/cabang pohon. Disamping berfungsi secara struktural (menjangkau seluruh bidang atap), struktur tersebut juga menjadi aksen yang menarik dari bangunan ini. Sedangkan permainan neon box warna merah semakin menambah kesan kontemporer bangunan KFC ini bila malam hari tiba.

 

1. Serial Vision 1

Desain Pos satpam dan gerbang memiliki konsep yang sama dengan konsep desain ruko, sedangkan pada desain struktur gerbang kita mengulang konsep struktur rangka penopang atap bangunan KFC. Hal ini untuk memberi kesan unity pada komplek ruko secara keseluruhan. Tampilan struktur penopang atap gerbang, pos satpam yang unik serta tampilan precast beton menjadikan komplek ruko ini berbeda dari ruko-ruko kebanyakan. Tampilannya yang provokatif merupakan reintepretasi dari keinginan klien yang menginginkan rukonya menjadi ikon baru di kota Krian, sebuah komplek ruko yang memiliki pendekatan desain berbeda. Tidak sekedar profit oriented, melainkan bisa menambah kredit tersendiri tentang sebuah arsitektur ruko.

 

4. Desain Tampak Ruko

"Scattered-GreenBox" atau "kotak hijau yang berserakan"...
Diambil menjadi ide utama dari desain fasade deretan unit Ruko di La Diva Junction ini. Bermula dari keinginan klien untuk menampilkan perbedaan yang bernuansa lain daripada model ruko yang selama ini bertebaran di tempat-tempat lain, serta keinginannya untuk menampilkan unsur hijau desain ini coba dihadirkan dengan kombinasi efek serial vision yang muncul pada tiap deretan, dengan focuspointnya menata fasade per/3 unit ruko, menggunakan teknik memainkan elevasi box beserta clading dinding vegetasinya yang menggunakan tanaman daun dolar merambat dan berpola seperti pattern barcode,kemudian diulang kembali pada deretan berikut, sehingga menghasilkan efek "berserakan" yang juga merupakan karakter dasar pergerakan rambatan vegetasi tanaman yang digunakan, seolah berserakan namun terarah. Kesan berserakan juga tertampil dari permainan roster yang acak dan tak beraturan. Roster itu sendiri berfungsi sebagai lubang untuk sirkulasi udara, sehingga ruang yang ada di dalamnya terasa lebih nyaman.

 

6. Bird Eye View

Efek nuansa hijau yang berserakan tersebut (roster dan barcode), dijadikan dominasi utama. dirancang untuk menciptakan sebuah pengalaman baru, dan tentunya memberikan kenyamanan yang lebih secara psikologis, sehingga mampu memberikan daya tarik yang lebih baik dan lebih kuat serta dapat menyedot lebih banyak pengunjung dari segi bisnisnya.

 

Nama Proyek: La DIva Junction
Tahun: 2012
Lokasi: Krian, Sidoarjo
Status Proyek: Pra Rencana
Luas Tanah/Bangunan: 5596.3/2480 m2
Prinsipal Arsitek: Andy Rahman. A, ST. IAI
Arsitek: Abdi Manaf R, ST, Imam Prasetyo, ST
Konsultan Arsitek: Andy Rahman Architect


  • 3. Desain Eksterior KFC

    3. Desain Eksterior KFC

  • 4. Desain Tampak Ruko

    4. Desain Tampak Ruko

  • 5. Serial Vision 3

    5. Serial Vision 3

  • Denah Ruko Lantai 1

    Denah Ruko Lantai 1

  • Denah Ruko Lantai 2

    Denah Ruko Lantai 2

  • 6. Bird Eye View

    6. Bird Eye View

  • 1. Serial Vision 1

    1. Serial Vision 1

  • 2. Serial Vision 2

    2. Serial Vision 2

  • Tampak Depan KFC

    Tampak Depan KFC

  • Tapak Depan Ruko

    Tapak Depan Ruko

  • Tumbuhan Daun Dolar

    Tumbuhan Daun Dolar

  • Contoh Tumbuhan Daun Dolar yang Merambat di Dinding

    Contoh Tumbuhan Daun Dolar yang Merambat di Dinding

  • Site Plan

    Site Plan



* Location to be used only as a reference. It could indicate city/country but not exact address.

Related Articles:

You might also like:

  • Masjid 99 Cahaya

    Masjid 99 Cahaya

  • Masjid Assamawaat

    Masjid Assamawaat

  • andyrahman architect Office

    andyrahman architect Office

  • JNE Office in Bangka Belitung

    JNE Office in Bangka Belitung


Leave a Comment

Coming Soon!
Residential Project Gallery

 

 

Facebook Fans Page

 

 

Latest Comments
Browse by Category

 

 

Web Statistic
  • Total visitors: 264,763
  • Visitors today: 155
  • Visitors yesterday: 139
  • Currently online: 2
  • Total page views: 1,468,081
  • Page views of this page: 14,324
  • counter

 

 

Video Projects