21

OKT  2013

Contrast Of Cubes

By: Andy Rahman. A, ST. IAI (andyrahman architect)
Posted On. 2013-10-21

3. Detail Fasad

Proyek ini awalnya adalah sebuah proyek sederhana, dimana seorang Klien meminta jasa Arsitek untuk merenovasi dan mengembangkan rumahnya. Dari satu lantai dikembangkan menjadi dua lantai dengan beberapa perubahan dan penambahan ruang. Namun, dalam proses perjalanan desain ternyata klien menginginkan rumah yang lebih bernuansa kontemporer atau masa kini, maka dilakukan sebuah eksplorasi desain yang lebih berani dengan permainan dan komposisi bentuk cubes (kotak-kotak persegi). Cubes sendiri dipilih karena dalam proses penggubahan / eksplorasinya lebih mudah serta dalam aplikasinya lebih murah dan efisien, sedangkan tampilannya sendiri cukup menarik perhatian. Selanjutnya, klien juga menginginkan agar unsur-unsur kayu dimasukkan dalam desain kontemporer tersebut. Akhirnya tercapailah sebuah kompromi dengan konsep contrast of cubes, yakni sebuah perpaduan yang kontras antar elemen yang sama-sama kotak, tetapi dari material berbeda. Yang satu dari material beton yang dominan putih, artifisial dan smooth, yang satunya lagi dari material kayu yang coklat, natural dan berserat.

 

1. View Siang

Beton yang mewujud dalam bentuk modern-kontemporer yang netral dilawan oleh kayu yang tampil secara lebih alami dan hangat. Meskipun keduanya memiliki sifat yang berlawanan, ternyata bisa bersanding secara apik dan menarik dalam desain. Bukan saling meniadakan, keduanya justru saling menguatkan satu sama lain. Hadirnya kayu membuat beton semakin kokoh dan menonjol karakternya. Demikian pula sebaliknya, hadirnya beton membuat kayu seperti menemukan jatidirnya. Lihat saja di bagian fasade rumah, bagaimana kisi-kisi kayu merbau begitu kontras dengan bidang-bidang beton, tetapi tetap bisa membentuk kesatuan atau unity yang unik. Secara estetis, warna putih yang smooth menunjukkan sisi kontemporer dari rumah ini dengan bidang dinding yang tanpa lekukan dan tanpa ornamentasi. Putih juga merupakan warna netral yang bisa ditaruh di mana saja dan mudah dipadukan dengan warna dan material lain. Selain itu, dominasi warna putih pada rumah ini memberi kesan ringan, halus dan lembut, meskipun aslinya berbahan beton yang berat dan kaku. Sedangkan secara fungsional, warna putih adalah warna yang memantulkan panas, sehingga dinding rumah ini tidak menyerap banyak panas ketika terpapar sinar matahari.

 

4. Detail Fasad 2

Untuk mengimbangi besarnya bagian bangunan berwarna putih di bagian kiri rumah, maka di bagian kanan rumah dibuat penyelesaian yang lebih gelap dengan warna abu-abu tua (batu andesit). Batu andesit yang disusun dalam berbagai ukuran tersebut kemudian diberi aksen berupa potongan-potongan kecil dari batu andesit yang disusun secara acak dan menonjol, memberi kesan liar dan informal. Sedangkan dibagian atas, diberi aksen berupa garis merah vertikal pada latar belakang putih sehingga tampak mencolok sebagai penyeimbang komposisi tampilan rumah secara keseluruhan. Sebuah keseimbangan komposisi tidak hanya bisa dicapai dengan membuat bentuk atau elemen yang sama di bagian kiri dan kanan. Keseimbangan juga bisa dibuat dengan memperhatikan dasar material, karakter bahan, tekstur hingga warna. Pada rumah ini, bidang besar berwarna putih dan halus diimbangi dengan bidang yang lebih kecil tetapi berwarna lebih gelap dan lebih kasar. Dalam kasus lain, bisa juga tekstur yang keras dan berat dari batu alam diimbangi dengan tekstur rerumputan yang lembut, segar dan hidup. Atau bisa juga bahan stainless steel yang mengkilap dan berunsur logam diimbangi dengan tampilan bata merah ekspos yang cenderung buram dan berunsur tanah. Pada prinsipnya, ada banyak cara untuk menghadirkan komposisi yang seimbang dalam desain.

 

8. Ruang Keluarga

Desain rumah ini memang dibuat tanpa ruang tamu, berdasar pengalaman klien bahwa ruang tamu jarang dipakai, maka cukup diwakili oleh sebuah foyer kecil saja dengan dua kursi, sehingga luasan ruang keluarga dan ruang makan bisa dibuat lebih lapang. Di antara foyer dan ruang keluarga tadi diberi pembatas berupa partisi kayu jati berukir. Ukiran ini menjadi sebuah vocal point (titik pandang) di antara elemen-elemen lain yang cenderung bersih dari ornamen. Perabot ruang keluarga baik di lantai bawah maupun lantai atas memakai kayu nangka solid, berupa dua balok kayu utuh yang ditaruh begitu saja. Yang satu dijadikan sebagai kursi panjang dan yang satu lagi sebagai meja untuk televisi. Perabot balok kayu persegi ini memperkuat konsep contrast of cubes di bagian dalam rumah. Sementara itu, ruang untuk tangga yang pada desain awal terbuka pada akhirnya ditutup karena klien meminta privasi yang lebih. Pada bagian injakan tangga juga dipasang kayu jati solid untuk menciptakan kontras. Area privat berupa kamar tidur utama dalam rumah ini begitu memanjakan penghuni, dengan pencahayaan dan penghawaan alami yang diatur sebaik mungkin, bahkan memiliki ruang luar privat sendiri yang khusus untuk pemilik rumah. Bukaan berupa jendela kaca penuh dengan sistem pivot sehingga bisa dibuka dengan lebih leluasa. Dinding pembatas di samping rumah berfungsi juga sebagai penangkap angin agar bebas masuk ke dalam rumah. Di lantai atas rumah terdapat ruang kerja, satu kamar tidur tamu dan dua kamar tidur anak. Ruang kerja ini dibuat menjorok ke depan dan semi-transparan, letaknya persis di belakang kisi-kisi kayu merbau yang menjadi emphasis (pusat perhatian) pada fasade. Kisi-kisi kayu tersebut sekaligus menjadi barrier atau penghalang view agar area ruang kerja ini tidak terlihat secara langsung dari luar.

 

10. Tangga Service

Bukaan pada rumah ini sengaja dihadirkan seakan-akan tanpa kusen, karena kusen-kusen tersebut disamarkan sehingga menyatu dengan dinding dan tak terlihat. Dengan demikian, tabrakan kontras antara material beton dan kayu semakin frontal dan tegas. Hal ini juga membuat tampilan keseluruhan rumah ini menjadi lebih simple dan kompak. Untuk daun pintu dan daun jendela digunakan kayu jati solid (bukan panil), berupa lempengan kayu utuh yang berkesan lebih gahar dan berkelas, serta bisa memunculkan karakter kayu secara lebih kuat dengan warna serat coklatnya yang khas. Sebuah hal yg unik, karena biasanya rumah-rumah modern atau kontemporer memakai daun pintu dari kayu, upvc atau alumunium dengan finishing warna putih atau coklat gelap. Meja dan kursi di ruang makan juga memakai kayu jati solid seperti ini, menyesuaikan dengan karakter kayu pada daun pintu dan jendela. Pada bagian dapur dan pantry terdapat kitchen set dan perabot yang simple sekaligus ringan untuk mengimbangi banyaknya elemen beton dan kayu solid yang mendominasi ruang dalam rumah. Namun, perabot di dapur dan pantry ini juga memiliki aksen dan motif kayu, sehingga masih memiliki keselarasan dengan perabot kayu yang lain. Di dekat pantry, ada sebuah tangga service yang dicat dengan warna merah mencolok sebagai aksentuasi area belakang. Apalagi tangga putar ini terletak di bawah skylight, sehingga ketika siang semakin menyala merahnya terkena terang matahari.

 

Nama Proyek: House In Casabella

Lokasi Proyek: Delta Casabella, Komplek Delta Sari Baru, Sidoarjo
Luas Tanah/Bangunan: 198/200 m2
Selesai Tahun: 2013
Arsitek Prinsipal: Andy Rahman. A, ST. IAI
Arsitek: Fitri Amalia Prabawati, ST
Foto: Mansyur Hasan


  • 1. View Siang

    1. View Siang

  • 2. View Malam

    2. View Malam

  • 3. Detail Fasad

    3. Detail Fasad

  • 4. Detail Fasad 2

    4. Detail Fasad 2

  • 5. Detail Fasad 3

    5. Detail Fasad 3

  • 6. Balkon Samping

    6. Balkon Samping

  • 7. Foyer

    7. Foyer

  • 8. Ruang Keluarga

    8. Ruang Keluarga

  • 9. Ruang Makan

    9. Ruang Makan

  • 10. Tangga Service

    10. Tangga Service

  • 11. Dapur dan Pantry

    11. Dapur dan Pantry

  • 12. Kamar Tidur Utama

    12. Kamar Tidur Utama

  • 13. Taman Samping Kamar Tidur Utama

    13. Taman Samping Kamar Tidur Utama

  • 14. Denah LT 1

    14. Denah LT 1

  • 15. Denah LT 2

    15. Denah LT 2

  • 16. Tampak Depan

    16. Tampak Depan

  • 17. Potongan

    17. Potongan

  • 3. View Siang

    3. View Siang




* Location to be used only as a reference. It could indicate city/country but not exact address.

Related Articles:

You might also like:

  • Resort House

    Resort House

  • Folding House

    Folding House

  • Growing House

    Growing House

  • House In Ketintang Mansion

    House In Ketintang Mansion


  • inaku [ http://featheringanest.blogspot.com/ ] said:


    Lantai teras di taman samping pakai kayu ya? Kalo iya, kayu apa dan apa finishingnya? Thanks :)

    in: October 24, 2013 at: 1:37 am

  • kuswandiana [ ] said:


    salam sukses..desainya keren2 mas mohon tanya biaya per meter untuk desain dan sampe beres siap huni berapa ya?

    in: October 24, 2013 at: 4:49 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Inaku: Pakai decking kayu merbau. Tanpa di finish

    in: October 26, 2013 at: 5:18 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Ibu Kuswandiana: Pertanyaan Ibu sudah Kami jawab via email bu. Tolong di cek. Terimakasih

    in: October 26, 2013 at: 5:19 am

  • Devi Ranamayasari [ ] said:


    Wah, Desainnya Bagus. mohon dikirimi biaya per meter untuk desain sama desain interiornya. oiya itu untuk kontraktornya pakai dari andy rahman apa dari luar

    in: November 11, 2013 at: 7:53 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Ibu Devi: Pertanyaan Ibu sudah Kami jawab via email bu. Tolong di cek. Terimakasih

    in: November 12, 2013 at: 9:45 am

  • aldevan [ ] said:


    boleh saya dikirim biaya desain rumah tinggal per meternya brp? lalu produk apa saja yang saya terima nantinya? terima kasih,

    in: March 19, 2014 at: 2:57 pm

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk Aldevan: Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: March 21, 2014 at: 3:30 am

  • lita [ ] said:


    Boleh juga saya dikirim biaya nya, terimakasih

    in: March 31, 2014 at: 6:59 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Ibu Lita: Sudah sy kirimkan jawab via email bu. Tolong di cek. Trmksh

    in: April 1, 2014 at: 2:49 am

  • Ruli [ ] said:


    Desain yang Bagus. mohon dikirimi biaya per meter untuk desain sama desain interiornya. Trus kontraktornya pakai dari jenengan ato terserah lalu produk apa saja yang saya terima nantinya? terima kasih.

    in: August 5, 2014 at: 7:01 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk ruli: Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: August 6, 2014 at: 10:11 am

  • reza [ ] said:


    Desain nya bagus..untuk biaya desain per meter nya mohon saya diberi info.. thx

    in: October 6, 2014 at: 5:58 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk Reza: Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: October 8, 2014 at: 7:34 am

  • Yudi [ ] said:


    Designnya sangat menarik bagaimana cara kalau saya ingin menggunakan jasa mas andyrahman? terima kasih

    in: November 30, 2014 at: 1:24 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk. Yudi: Pertanyaan Bapak sudah kami jawab via email. Tolong di cek. Terimakasih

    in: December 1, 2014 at: 9:35 am

  • Gilang MR [ ] said:


    mas andy saya mau tanya material dinding tangga itu yang ada tonjolannya apa yaa? itu difinsih cat atau warna asli materialnya?

    in: January 2, 2015 at: 3:05 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk. Gilang: Itu batu alam pak, batu 'Paras Jogja'. Di potong dalam ukuran2 kecil dan disusun secara acak tanpa di cat. Hanya di coating pakai coating batu alam yang natural (paras jogja).

    in: January 5, 2015 at: 4:05 am

  • Ryan Rismantara [ ] said:


    Mas andy, saya mau nanya. Itu lis lantai yang warna hitam itu bagusnya memang harus beda dengan warna dasar lantainya atau boleh disamakan dengan warna dasar lantainya? Atau lebih bagus disamakan dengan warna pintu? Terima kasih mas

    in: November 23, 2015 at: 9:34 pm

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk. Ryan: Boleh kontras, boleh senada dengan warna lantainya pak. Boleh juga di samakan dengan warna pintu. Tergantung kesan apa yang kita inginkan. Tapi kalau mau aman sebaiknya disamakan dengan warna lantai. Terimakasih

    in: November 26, 2015 at: 8:34 am

  • Ryan Rismantara [ ] said:


    Kalau boleh saya bertanya lagi mas andy, untuk biaya membangun rumah dengan desain seperti itu menghabiskan biaya berapa ya mas untuk per m2-nya? Sebelum dan sesudahnya, terima kasih atas jawaban-jawabannya mas.

    in: December 1, 2015 at: 6:02 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk. Ryan Rismantara: Pertanyaan Bapak sudah kami jawab via email pak. Mhn di cek. Trmksh

    in: December 7, 2015 at: 2:59 am

  • rifai [ ] said:


    saya tertarik dengan kost yg tampak mewah , sirkulasi yang bagus dan biaya yang rendah, untuk kost keputih jilid 2 jumlah kamarnya brp dan biaya keseluruhan brp ya...

    in: May 14, 2016 at: 12:23 pm

  • rifai [ ] said:


    oh ya gimana dgn kontraktornya apa dari pihak andyrachmat juga ?

    in: May 14, 2016 at: 12:28 pm

  • Andrie [ ] said:


    desain dan materialnya menarik. Tapi saya sering amati, bila menggunakan material batu yang ditempel di dinding, lama kelamaan akan timbul seperti semen luntur kena air hujan. itu sebenarnya apa? saya tdak mau itu terjadi, bagaimana cara penanggulangannya?

    in: July 4, 2016 at: 6:36 am

  • yoga [ ] said:


    saya mau tanya berapa biaya untuk jasa desain rumah tinggal ? mhn diinfokan..klu untuk jasa borongannya juga boleh..tks

    in: August 31, 2016 at: 10:00 am

  • yanti [ ] said:


    Jika saya ingin merenovasi rumah kami (lb/lt 90/120) untuk di tingkat dengan konsep mimimalis yang banyak cahaya dan udara. Berapa biayanya? Rumah kami di daerah keputih, surabaya. Makasi

    in: October 10, 2016 at: 12:14 pm

  • yanti [ ] said:


    Jika saya ingin merenovasi rumah kami (lb/lt 90/120) untuk di tingkat dengan konsep mimimalis yang banyak cahaya dan udara. Berapa biayanya? Rumah kami di daerah keputih, surabaya. Makasi

    in: October 10, 2016 at: 12:14 pm

  • Ros L [ ] said:


    Suka sekali dengan design dan penggunaan material pak andy. Mau tanya...Daerah laundry/ jemur apakah terbuka? Diatas taman kering apakah pengunaan kanopi biasa? Jika ingin renov rumah gimana hitungan nya ya? Terima kasih.

    in: October 19, 2016 at: 4:55 pm

  • Nurliana Novi [ ] said:


    Halo, Saya Nurliana Novi saya ingin berbagi karya Allah yang baik dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi buruk di beberapa negara.  Saat ini saya tinggal di jakarta di Indonesia. Saya seorang Janda dengan empat anak dan aku terjebak dalam situasi keuangan pada bulan Juli 2016 dan saya perlu untuk membiayai dan membayar tagihan saya Saya adalah korban dari penipuan pemberi pinjaman 4-kredit, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan bahwa teman-teman saya menjelaskan situasi saya dan kemudian memperkenalkan saya ke sebuah perusahaan pinjaman yang ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN reliabl. Bagi orang-orang yang mencari pinjaman? Jadi Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan internet di sini, tapi mereka masih sangat nyata di perusahaan pinjaman palsu.  Saya mendapat pinjaman saya dari ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN Rp500.000.000 sangat mudah dalam waktu 24 jam yang saya diterapkan, jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui ELINA JOHNSON PINJAMAN FIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda, silakan hubungi ELINA JOHNSON PINJAMAN PERUSAHAAN. menghubungi mereka melalui email:. (Elinajohnson22@gmail.com) Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (nurliananovi96@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    in: March 13, 2017 at: 7:30 am

Leave a Comment

Coming Soon!
Various Project Gallery

 

 

Facebook Fans Page

 

 

Latest Comments
Browse by Category

 

 

Web Statistic
  • Total visitors: 254,934
  • Visitors today: 87
  • Visitors yesterday: 148
  • Currently online: 2
  • Total page views: 1,420,450
  • Page views of this page: 8,893
  • counter

 

 

Video Projects