02

MAR  2017

T(h)ree House

By: Andy Rahman. A, ST. IAI (andyrahman architect)
Posted On. 2017-03-02

1. Eksterior Normal Eye View

Omah Jawa masa kini. Rumah ini berlokasi di daerah Jember, Jawa Timur, dengan besaran site yang tersedia seluas  11X27 m2. Diberi nama T(h)ree House karena rumah ini terdiri dari 3 massa bangunan yang berada di antara taman-taman yang berpohon.

Berdasarkan pengalaman Kami mendesain rumah selama 10 tahun terakhir, menunjukkan bahwa rumah yang paling nyaman bagi penghuni adalah rumah 1 lantai, karena orang cukup beraktivitas di lantai yang sama, tidak perlu bersusah-payah naik-turun tangga. Selain itu, rumah 1 lantai juga membuat seluruh anggota keluarga bisa berkumpul bersama dan lebih dekat secara emosional, tidak seperti rumah bertingkat yang menciptakan “jarak”. Maintenance dan biaya pembangunan rumah 1 lantai juga lebih mudah dan murah jika dibanding rumah bertingkat. Kebetulan, pemilik rumah ini juga memiliki pemahaman yang sama mengenai hal ini.

Meskipun lahannya cukup, tetapi justru tidak dirancang sebagai sebuah rumah yang besar. Rumah ini terdiri dari tiga bagian yang terpisah, dipisahkan oleh ruang-ruang luar di antara massa-massa bangunannya. Dengan demikian, penghuni rumah ini akan mendapatkan pengalaman ruang yang berbeda jika dibandingkan rumah satu massa. Penghuni menempati rumah yang sebenarnya “kecil”, tetapi dengan suasana seperti rumah dengan site yang besar.

 

2. Bird Eye View

Meng-kini-kan Omah Jawa

Dalam rumah atau omah Jawa, ada tiga struktur utama pembentuk omah, yaitu: Pendapa, Pringgitan dan Dalem (Prijotomo, 1984). Pola Pendapa-Pringgitan-Dalem dipakai di rumah ini dengan perubahan konteks. Jika di rumah Jawa dengan site yang luas, maka rumah bisa dibuat satu massa dan berukuran besar. Sedangkan di rumah ini, agar penghuni bisa menikmati ruang luar, maka massa dipecah menjadi tiga bagian. Jadi, rumah ini juga tersusun atas bagian Pendapa, Pringgitan dan Dalem, dengan massa yang berdiri sendiri-sendiri.

Jika dirunut ke dalam zoning masa kini, maka area pendapa adalah zona publik yang diwujudkan sebagai ruang tamu, area pringgitan merupakan zona peralihan (antara publik dan privat) yang dipakai untuk ruang keluarga dan ruang makan (plus kamar anak), dan area dalem adalah zona privat yang difungsikan sebagai kamar tidur utama.

            Selain alasan memberi pengalaman ruang yang berbeda, pemisahaan massa ini juga berdasar permintaan klien, yang menginginkan rumah di mana sirkulasi udara dan cahaya matahari alami bisa mengalir ke ruang-ruang dengan baik. Sebagai rumah yang terletak di daerah dengan iklim tropis, pemisahan massa ini menjadi solusi yang jitu agar sirkulasi udara dan cahaya matahari bisa dioptimalkan pemanfaatannya.

 

3. Ruang Tamu

Ruang Luar di antara Massa Bangunan

Masih ada lagi permintaan unik dari klien yaitu meminta ruang tamu kalau bisa dipisah dari rumah induk. Hal ini pula yang pada awalnya turut mengilhami pemisahan rumah ini menjadi 3 massa. Selain itu, klien juga meminta adanya ruang santai yang dekat dengan ruang tamu, maka ruang santai terbuka tersebut diletakkan di antara ruang tamu dan ruang keluarga.

            Dengan adanya taman/ruang luar di antara massa bangunan, plus jendela-jendela yang menghadap taman, maka ruang-ruang dalam menjadi terasa lebih lega. Apalagi dengan adanya bukaan dan teras yang menerus pada ruang keluarga dan ruang makan, yang menyatukan antara ruang dalam dan ruang luar, sehingga ruang tersebut terasa lebih lapang/luas, karena pandangan bisa lepas ke arah taman.

Untuk lebih mendekatkan penghuni dengan ruang luar, maka tempat wudlu pun diletakkan di bawah pohon, agar penghuni tidak lagi “membedakan” antara di luar dan di dalam, sekaligus mendekatkan diri pada alam. Jadi, rumah ini pun sebagai tempat pembelajaran, bagaimana manusia berinteraksi secara lebih intens dengan ruang luar.

 

4. Ruang Keluarga dan Ruang Makan

Material Unfinished

Material yang digunakan di rumah ini didominasi oleh material yang unfinished, seperti bata ekspos, beton ekspos, juga kayu. Juga memakai plat metal dan metal perforated agar matching dengan beton dan bata ekspos. Selain itu, masih ditambah dengan tanaman rambat fleksi mini di beberapa bagian dinding, agar suasana di area rumah ini menjadi lebih sejuk dan segar.

Untuk material bata ekspos, juga mengambil referensi dari candi Jawa Timur (terutama era Majapahit) yang banyak memakai batu bata ekspos sebagai material utama. Unsur ini ditampilkan secara dominan pada dinding-dinding rumah. Dengan adanya bata ekspos berwarna terakota ini, plus permainan kayu, bisa memberi kesan hangat untuk mengimbangi tampilan beton ekspos yang dingin, sehingga membentuk sebuah keseimbangan.

 

5. Kamar Tidur Utama

Bentuk Dasar Sederhana

Secara umum, bentuk rumah ini pun memakai bentuk-bentuk dasar, berupa atap pelana sederhana. Karena sebetulnya sebuah rumah adalah tempat untuk berdiam, menikmati hidup dan menenangkan diri, sehingga yang lebih dibangun adalah suasananya yang familiar, terbuka, sejuk, tenang, lebih dekat dengan alam dan lingkungan, maka rasanya tidak perlu memakai bentukan-bentukan yang berlebihan.

            Kekuatan rumah ini justru pada kesederhanaannya itu, yang natural dan menyatu dengan alam, serta menampilkan material-material ekspos yang lugas, dengan pertimbangan maintenance yang tidak ribet. Memang, sederhana itu sulit, tetapi bukan tak mungkin untuk diwujudkan.

 

 

Bibliografi

Prijotomo, Josef (1984) Ideas and Forms of Javanese Architecture, Gadjah Mada University Press, Yogyakarta

 

Nama Proyek: T(h)ree House

Lokasi Proyek: Jl. Imam Bonjol, Tegal Besar, Jember, Jawa Timur
Luas Tanah/Bangunan: 297/120 m2
Tahun Perencanaan: 2017
Arsitek Prinsipal: Andy Rahman. A, ST. IAI
Arsitek: Cipta Hadi, ST.
Teks: Anas Hidayat, ST, MT


  • 1. Eksterior Normal Eye View

    1. Eksterior Normal Eye View

  • 3. Ruang Tamu

    3. Ruang Tamu

  • 2. Bird Eye View

    2. Bird Eye View

  • 4. Ruang Keluarga dan Ruang Makan

    4. Ruang Keluarga dan Ruang Makan

  • 5. Kamar Tidur Utama

    5. Kamar Tidur Utama

  • 6. Inner Courtyard 1

    6. Inner Courtyard 1

  • 7. Inner Courtyard 2

    7. Inner Courtyard 2

  • 8. Konsep Desain

    8. Konsep Desain

  • 9. Konsep Desain

    9. Konsep Desain

  • 10. Denah

    10. Denah

  • 11. Tampak Depan

    11. Tampak Depan

  • 12. Tampak Kanan

    12. Tampak Kanan

  • 13. Tampak Kiri

    13. Tampak Kiri

  • 14. Potongan AA

    14. Potongan AA



* Location to be used only as a reference. It could indicate city/country but not exact address.

Related Articles:

You might also like:

  • Ambiguity House

    Ambiguity House

  • Contrast Of Cubes

    Contrast Of Cubes

  • Rumah Sisa

    Rumah Sisa

  • Rumah Berongga

    Rumah Berongga


  • kendi [ ] said:


    pak Andy,, TV nya kan digantung di dinding bata ekspos. gimana cara nya ya supaya kabel antena, stop kontak, dll tidak kelihatan ya? biasanya kan ditanam di bawah plester. mohon penjelasannya Terima kasih.

    in: April 4, 2017 at: 1:22 pm

  • kendi [ ] said:


    pak Andy,, TV nya kan digantung di dinding bata ekspos. gimana cara nya ya supaya kabel antena, stop kontak, dll tidak kelihatan ya? biasanya kan ditanam di bawah plester. mohon penjelasannya Terima kasih.

    in: April 4, 2017 at: 1:22 pm

  • sulis susanti [ ] said:


    Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur. Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres. Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com) Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    in: April 6, 2017 at: 10:11 pm

Leave a Comment

Coming Soon!
Various Project Gallery

 

 

Facebook Fans Page

 

 

Latest Comments
Browse by Category

 

 

Web Statistic
  • Total visitors: 264,762
  • Visitors today: 154
  • Visitors yesterday: 139
  • Currently online: 2
  • Total page views: 1,468,063
  • Page views of this page: 2,654
  • counter

 

 

Video Projects