01

FEB  2011

Black Mosque

By Andy Rahman. A, ST. IAI
Posted On. 2011-02-01

1. Eksterior View 1

Black Mosque nama lainnya adalah Masjid Al-hikmah, tepat berada di tengah-tengah kompleks pondok pesantren Al-hikmah di bangil, Pasuruan jawa Timur. Masjid ini disebut masjid hitam karena bentuk dan warnanya yang mirip ka'bah.Kami meng-analogikan bentuk kabah dalam merancang eksterior masjid tersebut. Analogi ini menurut kami sesuai dengan spirit yang di emban masjid. Alasan lain, bentukan kabah yang sederhana mengembalikan fungsi masjid secara subtansial. Kami mengambil ide dari Surah Ali-Imran ayat 96, yang berbunyi: "Sesungguhnya rumah (ibadah) pertama yang di bangun untuk manusia ialah (Baitullah) yang ada di Bakkah (Mekah) yang di berkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam".

 

2. Eksterior View 2

Warnanya yang hitam berasal dari warna asli batu candi, yang menjadi material utama untuk finishing 'clading' Masjid ini. Sedangkan letaknya sendiri yang berada di tengah-tengah pondok pesantren menjadikannya sebagai pusat orientasi massa dan aktivitas dakwah dari para penghuninya. Sama seperti ka'bah yang menjadi pusat orientasi kaum muslim ketika tawaf. Melihat posisinya yang begitu strategis, maka kami mebuat konsep rancangan berdasarkan potensi tersebut.

 

7. Detail Eksterior

Pada posisi bidang sebelah utara dan timur masjid di dominasi oleh kaca, namun untuk mengurangi intensitas panas yang masuk ke dalam ruangan masjid, maka kita pakai sun lovure yang di susun acak dan vertikal. Sun louvre tersebut bisa bergerak berdasarkan intensitas panas matahari, sama persis dengan teknologi yang di pakai oleh 'esplanade' yang ada di Singapura. Sehingga secara efektif panas matahari bisa ter'cover' dengan sendirinya. Karena yang kita butuhkan memang hanya terang langitnya saja, sedangkan sinar UV nya kita tahan.

 

4. Interior View ke Mihrab

Untuk Interior kami juga melakukan pendekatan yang sama, yaitu analogi. Untuk interior kami mengambil analogi Gua Hira. Karena kita menginginkan masjid ini tidak hanya sebagai tempat ibadah saja, melainkan juga bisa menjadi media dawah. Interior sengaja kami desain mirip tampilan gua, dimana ada beberapa nukilan ayat-ayat suci Al-quran yang pertamakali di turunkan. Analogi ini mampu memberikan kesan dan pengalaman perseptual yang baru bagi orang-orang yang sholat di dalamnya.

 

5. Interior View ke Belakang

Sedangkan antara shaff wanita dan pria kita pisah, shaff wanita berada di lantai 2 yang langsung terhubung ke asrama santri putri, sehingga tatap muka antara santri laki-laki dan santri putri bisa dihindari. Masjid Hitam ini secara keseluruhan diharapkan mampu menjadi ikon baru untuk kota Pasuruan. Kota yang selama ini di kenal dengan kota santrinya. Sedangkan tampilan yang modern dan baru (tanpa ada kubah dan bentuk lengkung) dari masjid ini kami dedikasikan untuk perkembangan arsitektur masjid kontemporer di Indonesia.

 

Nama Proyek: Masjid Al-Hikmah
Lokasi: Jl. Kemanden, Kel. Kersikan Bangil, Pasuruan, Jawa Timur
Klien: Pondok Pesantern Al-Hikmah Bangil, Pasuruan
Arsitek: Andy Rahman. A, ST. IAI & Abdi Manaf. R, ST
Status Karya: Proposal
Tinggi Bangunan (meter): 10 meter
Luas Bangunan: 204 m2
Luas Tanah: 193,2 m2


  • 1. Eksterior View 1

    1. Eksterior View 1

  • 2. Eksterior View 2

    2. Eksterior View 2

  • 3. Eksterior View 3

    3. Eksterior View 3

  • 4. Interior View ke Mihrab

    4. Interior View ke Mihrab

  • 5. Interior View ke Belakang

    5. Interior View ke Belakang

  • 6. Bird Eye View 1

    6. Bird Eye View 1

  • 7. Bird Eye View 2

    7. Bird Eye View 2

  • 7. Detail Eksterior

    7. Detail Eksterior

  • 8. Konsep Bentuk

    8. Konsep Bentuk

  • 9. Konsep Masa

    9. Konsep Masa

  • 10. Konsep Masa

    10. Konsep Masa

  • 12. Denah LT. 1

    12. Denah LT. 1

  • 13. Denah LT. 2

    13. Denah LT. 2

  • 14. Tampak Barat

    14. Tampak Barat

  • 15. Tampak Utara

    15. Tampak Utara

  • 11. Ide Dari Kabah

    11. Ide Dari Kabah

  • Batu Candi Sebagai Material Utama Finishing Eksterior Masjid

    Batu Candi Sebagai Material Utama Finishing Eksterior Masjid



* Location to be used only as a reference. It could indicate city/country but not exact address.

Related Articles:

You might also like:

  • The Cozy Office

    The Cozy Office

  • Light and en lighted Small Mosque

    Light and en lighted Small Mosque

  • Dhuha Service

    Dhuha Service

  • Rumah Kos

    Rumah Kos


  • CHOY [ ] said:


    KEREN.....

    in: November 2, 2011 at: 3:40 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Choy: Terimakasih atas apresiasinya...

    in: November 18, 2011 at: 4:20 am

  • Fafan [ ] said:


    Keren mas...masjid ini apa sudah direalisasikan?pengin tak ampiri klo pas mudik ke jember..hehe

    in: March 10, 2012 at: 2:22 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Fafan: Belum dek. Masjid ini baru tahap proposal.

    in: March 14, 2012 at: 2:55 am

  • MOHAMMAD [ ] said:


    keren boss desainnya, kalau diizinin boleh gak saya bangun dikampung tepatnya di ex. pesantren sy....!!! kalau ikhlas bisa dikirim keemail saya bos beserta anggarannya. suqron

    in: September 17, 2012 at: 11:32 am

  • Bayu [ ] said:


    awesome.........tp saya mau nanya....background mimbarnya apakah berupa bentuk 3dimensi ataukah hanya gambar saja?

    in: October 31, 2012 at: 5:08 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk. Bayu: Backgraound Mimbar dari 3D pak, bukan gambar.

    in: November 1, 2012 at: 7:07 am

  • Hanifah [ ] said:


    keren... btw..masjid ini apa jadi di bangun?? kalo jadi hasilnya seperti apa??penasaran...

    in: June 28, 2013 at: 7:29 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Hanifah: Masjid ini belum terbangun.

    in: June 29, 2013 at: 2:41 am

  • Rahman Anno [ ] said:


    Salut dengan konsep dan output desainnya, boleh minta info hrg desain per m2nya mas?

    in: August 26, 2014 at: 5:34 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk Rahman Ano: Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: September 1, 2014 at: 10:07 am

  • prast [ ] said:


    mas klo boleh nanya total rencana biayanya berapa ? trimakasih

    in: June 22, 2016 at: 4:43 am

  • Annisa Ahmad [ ] said:


    Halo Assalamu`alaikum `Selamat Datang di ANNISA AHMAD LOAN COMPANY Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda memerlukan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} ada di sini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi pada properti, proyek / bisnis dan juga memberikan penawaran 100% untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, untuk mereka yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, operator, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi pada apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} Anda juga dapat menghubungi kami melalui pin BBM (DB5121C1) dan Anda semua bisa menghubungi kami tentang bagaimana kepercayaan nomor ( 393511318582) jujur ​​pada layanan kami. Assalamu`alaikum wr wb,

    in: February 7, 2018 at: 1:48 pm

  • Queen Lisa Efendi [ ] said:


    saudara-saudara Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan sulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membi/aayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com) BBM: D8E814FC Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda Gmail saya adalah Ratu Efendi Lisa efendiqueenlisa@gmail.com

    in: February 9, 2018 at: 9:41 am

Leave a Comment

Coming Soon!
Residential Project Gallery

 

 

Facebook Fans Page

 

 

Instagram
Browse by Category

 

 

Web Statistic
  • Total visitors: 310,942
  • Visitors today: 20
  • Visitors yesterday: 203
  • Currently online: 3
  • Total page views: 1,703,683
  • Page views of this page: 12,708
  • counter

 

 

Video Projects