07

AGT  2011

Mud Victims Workshop

By Andy Rahman. A, ST. IAI - Consultant Andy Rahman Architect
Posted On. 2011-08-07

Eksterior View 1

Pusat penelitian Lumpur Sidoarjo ditujukan untuk meneliti kandungan lumpur agar dapat dimanfaatkan kembali sebagai lahan pertanian dan pengaruhnya terhadap kandungan air, serta pemanfaatan kembali lumpur yang ada sebagai bahan material bangunan (penelitian sebelumnya oleh Ir. Lily Pudjiastutik, MT menyebutkan bahwa dalam bentuk padatan lumpur sidoarjo relatif tidak toksik). Dan yang paling utama adalah menumbuhkan kembali harapan dan kepercayaan dari masyarakat sekitar korban bencana lumpur sidoarjo.

Sebagai bangunan workshop, fungsi bangunan ini mewadahi aktifitas metal working atau pembenahan mesin-mesin kerja, serta pembuatan bahan material bangunan yang berasal dari lumpur sidoarjo. Dengan banyaknya alat berat dan kendaraan besar yang dilibatkan, maka dibutuhkan ruang yang luas. Sehingga konsep bangunan yang dipakai merupakan bangunan dengan bentang panjang, menggunakan struktur baja WF. Sedangkan konsep bangunan panggung adalah solusi untuk meminimalisir dampak penurunan bangunan, karena tanah di lokasi masih rawan mengalami penurunan.

 

Eksterior View 2

Tema umum yaitu Rising up diterapkan pada desain dengan menerapkan unsur-unsur vertikal yang dominan, selain itu juga diterapkan struktur panggung pada bagian massa yang tidak mendapat beban aktifitas yang berat. Bangunan yang membujur utara selatan, menyebab-kan cahaya matahari yang diterima langsung berada di sisi terpanjang, sehingga pada bagian barat meru-pakan dinding tertutup dengan sedikit bukaan, disini diapli-kasikan batu bata lumpur sidoarjo. Atap workshop berbahan bondeks untuk memudahkan pemasangan, tidak diterapkan skylight pada atap, sebagai gantinya bentukan atap dibuat miring, untuk menangkap cahaya dari sisi selatan dan tidak menyebabkan terik. Bentukan atap ini juga me-mungkinkan bangunan menangkap angin, sehingga suhu udara di dalam ruangan lebih rendah. Fungsi kantor workshop didesain berbeda sebagai vocal point dari keseluruhan bentuk bangunan.

 

konsep material

Aktifitas yang di wadahi workshop ini melingkupi, pembuatan lumpur sidoarjo sebagai bahan material bangunan secara masal, yang dimanfaatkan untuk delapan item bahan bangunan, yakni untuk keramik, campuran beton (geo polymer), pasir multiguna, paving block, batu bata, beton, genteng, dan grass block yang akan diaplikasikan pada bangunan. seminar dan workshop bagi warga sekitar, selain untuk memberikan lapangan pekerjaan, juga untuk mengembalikan semangat berusaha para korban lumpur sidoarjo dengan memberikan penyelesaian yang nyata. Seminar dan workshop ini lebih kepada pengolahan material lumpur sidoarjo menjadi benda yang berguna dan dapat menjadi sumber penghasilan. workshop metal working adalah wadah yang dibutuhkan oleh pihak BPLS sebagai bengkel dari mesin dan alat-alat berat yang digunakan dalam aktivitas workshop lumpur sidoarjo. Souvenir shop untuk mewadahi benda-benda hasil olahan workshop sebagai bangunan yang berfungsi memproduksi barang, serta untuk mempublikasikan kepada masyarakat sekitar, sehingga workshop ini dapat dimanfaatkan pula oleh masyarakat umum.

 

Detail Pemasangan Batu Bata Lapindo 2

Konsep material dan fasad. Dengan fungsi bangunan yang memproduksi bahan material bangunan lumpur sidoarjo, maka dieksplor pula material bangunan tersebut sebagai selubung bangunan itu sendiri, untuk menunjukkan fungsi dan aplikasinya. Sebagai arsitektur yang mengeksplor bahan material sebagai fasade, maka untuk memberikan kesan dinamis dan tidak monoton, dalam aplikasinya batu bata lumpur sidoarjo ini juga diolah dengan bentuk yang atraktif dalam bidang-bidangnya, sehingga dapat menjadi vocal point tersendiri. Detail aplikasi batu bata lumpur sidoarjo sebagai fasade pada ruang kantor eksekutif dan bangunan metal working. Dengan memainkan susunan bata, memberikan efek visual yang unik, selain itu juga memberikan efek cahaya yang dramatis di dalam ruangan.

 

Batu Bata Lumpur Lapindo Saat Proses Pengeringan.JPG

Secara keseluruhan workshop ini dirancang dengan pendekatanlow Embodied Energy karena tidak memerlukan pembakaran pada saat proses pembuatannya material bangunannya, sebuah isue penting yang bertujuan meperbaiki lingkungan. Sustainable karena seluruh material dasar di ambil di lokasi dan proses pembuatan materialnya juga dilakukan di lokasi. Social Responsibility sebagai transfer pengetahuan kepada masyarakat dalam mengolah lumpur juga berpotensi meng-edukasi masyrakat luas. Zero waste, penggunaan lumpur sebagai material bangunan otomatis mengurangi dampak negatifnya bagi lingkungan. Dan konsep Low cost, dengan tersedianya bahan yang murah di sekitar lingkungan. Lokalitas, dalam arti semuanya dibuat untuk memperkuat sumber daya lokal (setempat).

 

Nama Proyek: Workshop Pusat Penelitian Lumpur Sidoarjo

Tahun: 2011

Luas Tanah: 4.600 m2

Luas Banguan: 7.400 m2 

Jenis Bangunan: Bangunan Workshop 

Lokasi: Desa Siring, Kec. Jabon, Sidoarjo, Jawa Timur

Status Proyek: Pra Rencana

Prinsipal Arsitek: Andy Rahman. A, ST. IAI

Arsitek: Livie Sukma. T, ST 

Konsultan Arsitek: Andy Rahman Architect


  • Eksterior View 1

    Eksterior View 1

  • Eksterior View 2

    Eksterior View 2

  • 3

    3

  • 4

    4

  • Batu bata lumpur sidoarjo.JPG

    Batu bata lumpur sidoarjo.JPG

  • Detail Pemasangan Batu Bata Lapindo 1

    Detail Pemasangan Batu Bata Lapindo 1

  • Detail Pemasangan Batu Bata Lapindo 2

    Detail Pemasangan Batu Bata Lapindo 2

  • Detail Pemasangan Batu Bata Lapindo 3

    Detail Pemasangan Batu Bata Lapindo 3

  • lumpur sidoarjo

    lumpur sidoarjo

  • lumpur sidoarjo2.JPG

    lumpur sidoarjo2.JPG

  • material genteng lumpur sidarjo

    material genteng lumpur sidarjo

  • material paving block lumpur sidoarjo

    material paving block lumpur sidoarjo

  • material grass block lumpur sidoarjo

    material grass block lumpur sidoarjo

  • Denah Workshop

    Denah Workshop

  • konsep material

    konsep material

  • konsep workshop1

    konsep workshop1

  • konsep workshop4

    konsep workshop4

  • konsep workshop6

    konsep workshop6

  • Batu Bata Lumpur Lapindo Saat Proses Pengeringan.JPG

    Batu Bata Lumpur Lapindo Saat Proses Pengeringan.JPG

  • Pengambilan Lumpur Lapindo Sidoarjo.JPG

    Pengambilan Lumpur Lapindo Sidoarjo.JPG

  • Proses Pembuatan Batu Bata Lapindo.JPG

    Proses Pembuatan Batu Bata Lapindo.JPG

  • Aplikasi Material Lumpur Lapindo ke Bangunan.JPG

    Aplikasi Material Lumpur Lapindo ke Bangunan.JPG

  • Aplikasi Paving Lumpur Lapindo.JPG

    Aplikasi Paving Lumpur Lapindo.JPG

  • Bangunan Yang Memakai Batu Bata, Paving dan Genteng Dari Lumpur Lapindo.JPG

    Bangunan Yang Memakai Batu Bata, Paving dan Genteng Dari Lumpur Lapindo.JPG

  • metal working

    metal working

  • produksi material lumpur sidoarjo.JPG

    produksi material lumpur sidoarjo.JPG

  • seminar dan workshop bagi warga

    seminar dan workshop bagi warga

  • Souvenir Shop Lumpur Lapindo

    Souvenir Shop Lumpur Lapindo

  • Tes Suhu Ruangan Bangunan Oleh DR. Ir. Vincentius Totok Noerwarsito, MT.JPG

    Tes Suhu Ruangan Bangunan Oleh DR. Ir. Vincentius Totok Noerwarsito, MT.JPG



* Location to be used only as a reference. It could indicate city/country but not exact address.

Related Articles:

You might also like:

  • Klinik Bersalin Adi Buana

    Klinik Bersalin Adi Buana

  • Unisdacentrum

    Unisdacentrum

  • Gedung 8 Universitas Adi Buana Surabaya

    Gedung 8 Universitas Adi Buana Surabaya

  • Black Mosque

    Black Mosque


  • Queen Lisa Efendi [ ] said:


    saudara-saudara Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan sulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membiayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com) BBM: D8E814FC Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda Gmail saya adalah Ratu Efendi Lisa efendiqueenlisa@gmail.com

    in: January 26, 2018 at: 4:03 am

  • Queen Lisa Efendi [ ] said:


    saudara-saudara Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan sulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membiayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com) BBM: D8E814FC Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda Gmail saya adalah Ratu Efendi Lisa efendiqueenlisa@gmail.com

    in: January 26, 2018 at: 4:03 am

  • Queen Lisa Efendi [ ] said:


    saudara-saudara Saya di sini untuk bersaksi tentang kebaikan Allah dalam hidup saya dan bagaimana saya diselamatkan dari tekanan finansial karena bisnis saya sedang menurun dan keluarga saya dalam keadaan sulit sehingga kami bahkan tidak dapat membayar uang sekolah untuk anak-anak, karena kepahitan mengambil alih hatiku Suami saya juga menggagalkan karena kami menjalankan bisnis keluarga di (Surabaya, Jawa Timur) dimana kami jadi bingung suami saya mencoba untuk mendapatkana pinjaman dari bank dia menolak pinjaman jadi dia online mencari pinjaman karena dia ditipu oleh sone imposters online yang menjanjikan kepadanya pinjaman dan mengatakan harus membayar biaya untuk mendapatkan pinjaman sehingga husbank saya meminjam uang dari teman-temannya untuk membayar biaya maka mereka meminta biaya lagi dengan beberapa alasan dia harus pergi dan meminjam dari saudaranya di (Bekasi) untuk memastikan dia mendapatkan pinjaman setidaknya untuk membiayai kebutuhan keluarga dan setelah dia membuat biaya, dia diminta untuk membayar lagi dengan alasan tertentu, hal ini membuat keluarga kelaparan meningkat sehingga kami harus mengumpulkan makanan dari tetangga dekat kami. dan selama berbulan-bulan kami menderita dan bisnis ditutup untuk sementara waktu Jadi satu sore yang setia sekitar pukul 14:00 tetangga dekat ini menelepon saya dan mengatakan bahwa dia akan mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman secara online sehingga jika dia mendapatkan pinjaman, dia akan mengenalkan saya ke perusahaan tersebut sehingga kami pergi ke ATM bersama-sama dan Memeriksa pinjaman itu tidak ada sehingga kami menunggu sekitar 30 menit kemudian kami mendapat peringatan di teleponnya dari banknya bahwa dia telah menerima monney di akunnya sehingga kami memeriksa saldo rekeningnya dan lihatlah 300 juta kepadanya sebagai pinjaman Segera saya berteriak di depan umum sambil menangis dan pada saat itu yang bisa saya pikirkan adalah jika saya dengan jumlah seperti itu, masalah saya berakhir, jadi kami pulang ke rumah saya tidak memberi tahu suami saya, dari 1 juta dia memberi saya saya membeli beberapa bahan makanan di rumah dan berlangganan dan tetangga saya dan saya meminta pinjaman kepada perusahaan karena dia memberi saya pedoman sehingga kami mengikuti prosesnya karena prosesnya sama sehingga setelah semua prosesnya, rekan-rekan saya diberi pinjaman oleh saya ONE BILLION RISING FUND (onebillionrisingfund@gmail.com) BBM: D8E814FC Anda juga bisa mendaftar sekarang dan menyelesaikan masalah keuangan Anda Saya berbagi cerita ini karena saya tahu bahwa begitu banyak orang di luar sana memerlukan bantuan keuangan dan perusahaan akan membantu Anda Gmail saya adalah Ratu Efendi Lisa efendiqueenlisa@gmail.com

    in: January 26, 2018 at: 5:56 am

  • Metrolina Credit Company [ ] said:


    Metrolina Credit Company Katanya apakah Anda seorang pria atau wanita dengan busuk dan Anda memerlukan bantuan keuangan dan bank telah menolak Anda karena nilai kredit Anda buruk dan Anda memerlukan dana untuk mengembangkan bisnis Anda lagi karena tugas akami untuk mendukung Anda dalam endaevour keuangan Anda sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi. karena Perusahaan Kredit Metrolina ada di sini untuk mempermudah pemberian pinjaman dan membantu Anda mendanai bisnis Anda dan kami akan membantu Anda melalui prosedur pemberian pinjaman yang mudah dan Anda yakin akaan pinjaman dari kami, yang harus Anda lakukan adalah memberi kami akredensial dan kepercayaan Anda yang sesungguhnya dapat berlaku untuk kita dari manapun di ASIA, AMERIKA, EROPA AFRIKA Gmail::metrolinacreditcompany@gmail.com Dari kategori busness apakah anda termasuk kita yang meminjamkan dan dengan paket pembayaran yang mudah anda akan bebas dan releaf Kategori Bisnis Bisnis Merchandising. Bisnis manufaktur Bisnis Hybrid. Kepemilikan tunggal. Kemitraan. Perusahaan. Perseroan terbatas. Sebagai personal bisnis yang bisa Anda terapkan dalam mata uang apapun yang Anda inginkan Tarima Kasih

    in: January 26, 2018 at: 7:42 am

  • Annisa Ahmad [ ] said:


    Halo Assalamu`alaikum `Selamat Datang di ANNISA AHMAD LOAN COMPANY Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda memerlukan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} ada di sini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi pada properti, proyek / bisnis dan juga memberikan penawaran 100% untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, untuk mereka yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, operator, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi pada apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} Anda juga dapat menghubungi kami melalui pin BBM (DB5121C1) dan Anda semua bisa menghubungi kami tentang bagaimana kepercayaan nomor ( 393511318582) jujur ​​pada layanan kami. Assalamu`alaikum wr wb,

    in: January 31, 2018 at: 7:24 am

Leave a Comment

Coming Soon!
Residential Project Gallery

 

 

Facebook Fans Page

 

 

Instagram
Browse by Category

 

 

Web Statistic
  • Total visitors: 310,942
  • Visitors today: 20
  • Visitors yesterday: 203
  • Currently online: 4
  • Total page views: 1,703,724
  • Page views of this page: 12,822
  • counter

 

 

Video Projects