08

FEB  2011

Nusantara Traisser Office

By Andy Rahman A, ST.IAI, Abdi Manaf. R, ST
Posted On. 2011-02-08

1. Detail Fasad

PT. Nusantara Traisser adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa pelatihan dan pengembangan sumber daya manusia, produk utamanya adalah layanan pelatihan dan sertifikasi operator/tenaga ahli, assessment, inspeksi dan pelatihan manajerial yang ditujukan pada peningkatan hard skill dan soft skill. Perusahaan yang lahir pada tahun 2001, pada tahun 2009 telah berkembang menjadi Perseroan Terbatas (PT). Dengan semangat untuk terus meningkatkan kualitas pelayanan di seluruh bidang, maka pada tahun 2013 mempunyai rencana untuk membangun sebuah kantor modern yang representatif. Sebuah kantor yang akan menjadi tempat bekerja sekaligus tempat untuk melaksanakan pelatihan-pelatihan secara mandiri. Owner (PT. Nusatara Traisser) menginginkan sebuah desain kantor yang terlihat simple dari luar, namun dinamis dan humble di dalam. 

 

2. Desain Ekstserior

Pola ruang dirancang dengan sistem connecting coridor yang membelah gedung menjadi 2 zona utama. Dari lantai 1, ruang resepsionis dan ruang tamu menjadi receiver atau ruang pengarah yang merupakan zona publik utama sebelum akses menuju zona semi publik yang diisi oleh 2 tipe ruang kelas, 1 unit ruang makan beserta Pantry, dan ruang-ruang kebersihan serta servis, yang semuanya di hubungkan oleh 1 koridor utama, untuk memudahkan pencapaian terhadap setiap area sesuai hirarki fungsinya.  Disamping itu konsep ini dimaksudkan agar ada pemisahan yang kuat dan tegas pada setiap area dan kemudahan untuk mengidentifikasinya. Pola yang sama diterapkan di lantai 2.  Dengan mengambil ruang Zona Publik utama di lantai 1 sebagian untuk area tangga sebagai konektor jalur sirkulasi vertikal yang sekaligus dirancang menjadi elemen interior dengan void di atasnya, ruang-ruang di lantai 2 yang merupakan Zona Private bagi staff atau pekerja disusun dengan pola koneksi koridor yang sama dengan lantai 1.  Di bagian sisi kiri koridor ditempatkan ruang-ruang kerja staff dengan sistem partisi antar meja.  Sementara ruang-ruang kepala bagian dirancang dengan penutup partisi kaca agar supaya ruangan tidak terlalu sesak.  Areal ini lagsung berhadapan dengan tangga utama, sehingga konfigurasi serial vision yang didapat dari lantai 1 bisa tetap continue, karena area ruang kerja staff dan kepala bagiannya (ruang manager) berkarakter terbuka jadi seolah bisa menjadi ruang penyambut dan pengarah sirkulasi selanjutnya menuju koridor. Pada sisi kanannya adalah untuk area ruang-ruang kerja pimpinan dilengkapi 1 unit ruang rapat.  Sementara zona kebersihan dan servisnya diletakkan di bagian luar sisi belakang, yang terpisah secara tegas dengan akses tangga nya sendiri.

 

4. Ruang Tunggu

Desain interior ruangan secara keseluruhan terlihat lebih segar dan dinamis, sesuai keinginan Klien, untuk menghindari kesan kaku dan formal, layaknya sebuah kantor. Salah satu contohnya adalah ruangan tunggu, ruangan yang bersifat publik dan utama ini (letak ruang tunggu di area depan sebelah receptionist) sengaja di desain dengan memberikan kesan yang berbeda dibanding ruangan tunggu pada umumnya. Ruangan ini di rancang dengan sentuhan warna-warna yang dinamis sebagai aksen, yaitu perpaduan warna antara abu-abu, hitam dan kuning (HPL). Sedangkan untuk warna yang dominan sengaja dipilih warna putih dan putih gading. Desain yang simple namun cukup atraktif ini memang bertujuan menghilangkan kesan formal dan membosankan, elemen-elemen yang terkesan hangat seperti parquete dipadukan dengan elemen modern seperti railing kaca pada tangga, permainan lampu strip light sebagai aksen pencahayaan, permainan motif serta tekstur material pada furnitur interior membuat ruang tunggu ini nyaman. Ruangan yang lainpun, seperti ruang makan, ruang staff, ruang manajer dan ruang direktur dirancang cukup atraktif dengan permainan material modern yang dipadu dengan lighting, bertujuan untuk membentuk Feel dan Ambiance yang cozy dan tidak terkesan formal.

 

7. Ruang Kelas B View 1

Desain ruang kelas ini mengusung konsep ruang kelas yang modern dan homey. Tujuan homey sendiri supaya trainer dan siswa merasa nyaman pada saat proses belajar-mengajar. Salah satu contoh faktor yang membuat suasana homey adalah motif furnitur (HPL) serta pemilihan warna putih dan putih gading yang dominan. Sedangkan suasana modern didapat dari permainan bentukan furnitur dan material. Contohnya yaitu pada background  lcd projector. Material paling dasar menggunakan laminated glass dengan kombinasi sticker standblasting bentukan kata-kata  motivasi (terlihat seperti 2 layer). Pada bagian belakang kami gunakan material sticker poster dengan font yang sengaja dibuat acak dan random. Permainan elemen-elemen tersebut membuat ruang kelas ini menjadi lebih hidup dan dinamis.

 

14. Ruang Rapat View 2

Ruang Rapat yang tidak terlalu formal ini di rancang untuk membuat direktur, para manajer dan staff yang rapat lebih rileks dan tidak canggung. Diskusi-diskusi yang hidup dan mengalir serta ide-ide segar yang munculpun diharapan bisa lahir di tengah-tengah rapat. Sebuah ruang rapat yang jauh dari kesan membosankan. Berbeda dengan ruang rapat yang kebanyakan ada. Dilhat dari rancancangnya, ruang rapat ini mengarah ke style modern contemporary, yang tertampil pada setiap detail-detail bentukan interiornya. Hal tersebut ditunjukkan dengan adanya modul dinding yang menggunakan aksen kaca vertikal motif acak, desain wallpaper, posisi jendela, desain dan warna meja, desain kursi, material sekat dinding yang menggunakan material kaca dominasi dengan ditempelkannya sticker standblasting bentukan kata-kata  motivasi. Yang berbeda dengan design-design lainnya pula, untuk desain white board sebagai alat presentasi kami gunakan media white board yang menempel pada sekat kaca antara ruang direktur dan ruang rapat sebagai konstruksi. Unsur warna merah sebagai aksen warna bertujuan untuk memberikan stimulus psikologis, warna tersebut memberikan kesan semangat dalam setiap event rapat yang di lakasanakan.

 

Nama Proyek: Nusantara Traisser Office
Tahun: 2013
Lokasi: Komplek Perumahan The Gayungsari Surabaya

Luas Tanah/Bangunan: 264/380 m2
Principal Arsitek: Andy Rahman A, ST.IAI
Tim Arsitek: Abdi Manaf. R, ST dan Imam Prasetyo, ST
Desainer Interior: Anindita Caesarayi Putri, ST


  • 1. Detail Fasad

    1. Detail Fasad

  • 2. Desain Ekstserior

    2. Desain Ekstserior

  • 3. Receptionist

    3. Receptionist

  • 4. Ruang Tunggu

    4. Ruang Tunggu

  • 5. Ruang Kelas A View 1

    5. Ruang Kelas A View 1

  • 6. Ruang Kelas A View 2

    6. Ruang Kelas A View 2

  • 7. Ruang Kelas B View 1

    7. Ruang Kelas B View 1

  • 8. Ruang Kelas B View 2

    8. Ruang Kelas B View 2

  • 9. Ruang Makan View 1

    9. Ruang Makan View 1

  • 10. Ruang Makan View 2

    10. Ruang Makan View 2

  • 11. Ruang Direktur

    11. Ruang Direktur

  • 12. Ruang Manajer

    12. Ruang Manajer

  • 13. Ruang Rapat View 1

    13. Ruang Rapat View 1

  • 15. Ruang Staff View 1

    15. Ruang Staff View 1

  • 16. Ruang Staff View 2

    16. Ruang Staff View 2

  • 17. Denah Lantai 1

    17. Denah Lantai 1

  • 18. Denah Lantai 2

    18. Denah Lantai 2

  • 19. Tampak Depan

    19. Tampak Depan

  • 20. Potongan

    20. Potongan

  • 14. Ruang Rapat View 2

    14. Ruang Rapat View 2



* Location to be used only as a reference. It could indicate city/country but not exact address.

Related Articles:

You might also like:

  • Dhuha Service

    Dhuha Service

  • Masjid Anyam (Masjid Jami Nurul Amal Bekasi)

    Masjid Anyam (Masjid Jami Nurul Amal Bekasi)

  • Rumah Kos Keputih Jilid 3

    Rumah Kos Keputih Jilid 3

  • JNE Office in Bangka Belitung

    JNE Office in Bangka Belitung


Residential Project Gallery

 

 

Facebook Fans Page

 

 

Instagram
Browse by Category

 

 

Web Statistic
  • Total visitors: 368,076
  • Visitors today: 62
  • Visitors yesterday: 155
  • Currently online: 1
  • Total page views: 1,969,145
  • Page views of this page: 10,379
  • counter

 

 

Video Projects