19

MEI  2014

Kantor YPKr Buah Hati

By: Andy Rahman A, ST. IAI (andyrahman architect)
Posted On. 2014-05-19

2. Tampak Depan

Tiga lantai, tiga fungsi, satu fasade bertemu dalam sebuah peristiwa...

Klien dari proyek yang satu ini adalah pemilik yayasan pendidikan Buah Hati - sebuah yayasan pengelola sekolah bermutu yang sedang berkembang di kota pahlawan yang berlokasi di kawasan Manyar Sabrangan, Surabaya Timur. Site merupakan lahan kosong yang dibeli oleh klien yang letaknya tepat di samping sekolah Taman Kanak-kanak dan Playgroup yang dikelola oleh yayasan ini. Klien menginginkan sebuah kantor yang dirancang dengan pendekatan yang kompak, yang bisa menampung lebih banyak kegiatan di yayasan secara efisien. Lahannya berbentuk memanjang dari depan ke belakang dengan ukuran 10 X 50 m2, sehingga kantor ini hanya memiliki fasade terbatas selebar 10 meter di bagian depan yang harus dimaksimalkan potensinya. Pemilik memiliki obsesi agar tampak depan mengandung nuansa untuk memberikan suasana natural sekaligus mudah perawatannya. Jadi, kantor ini mempertemukan antara kepentingan kegiatan yang lebih efisien (function) di dalam ruang dan juga olahan fasade di bagian depan sebagai wajah (face) dari gedung. Dengan kata lain: berusaha mendialogkan antara fungsi dan wajah bangunan, function meets faade!

 

3. Bird Eye View

Dengan situasi dan kondisi lahan yang memanjang seperti ini, maka yang paling efisien adalah dengan membuat satu lantai untuk satu zona fungsi yang dominan, agar pengaturan ruang menjadi lebih mudah dan kompak, tak saling tercampur. Pembagian fungsi untuk tiap lantai pada bangunan ini adalah sebagai berikut: Lantai 1 terutama difungsikan sebagai tempat parkir untuk karyawan dan tamu, yang di saat tertentu juga bisa digunakan untuk menampung mobil penjemput anak sekolah agar tidak memenuhi jalan di depannya. Selain itu, di sini juga terdapat ruang security dan toilet security, ruang genset dan ruang panel. Berikutnya, lantai 2 merupakan jantung gedung ini, berfungsi untuk kantor yayasan yang terdiri dari ruang direksi, ruang staf, ruang meeting, ruang serbaguna, pantry, toilet dan ruang-ruang pendukung yang lain. Sedangkan lantai 3 yang terletak paling atas digunakan untuk apartemen atau mess bagi guru-guru yang mengajar di sekolah milik yayasan, terutama guru-guru dari luar negeri. Lantai ini dilengkapi dengan ruang untuk mesin laundry dan gudang. Di sini terdapat kamar yang dirancang lebih besar untuk guru yang sudah berkeluarga. Untuk memudahkan sirkulasi, di bagian depan dan belakang bangunan terdapat tangga yang memadai untuk mendukung kelancaran kegiatan secara keseluruhan, yang di saat tertentu juga bisa dijadikan sebagai tangga darurat.

 

1. Detail Tampak

Sementara itu, wajah bangunan dibuat dengan tema green facade. Hal ini dilatarbelakangi oleh pengalaman klien yang cukup sering mengadakan perjalanan ke Singapura dan banyak melihat bangunan-bangunan bertema green di negeri tersebut. Dari pengalaman itulah maka klien ingin membuat wajah bangunan kantor ini juga bertema green. Pada awalnya klien bermaksud agar dibuat vertical garden dengan rimbunan tanaman berbagai jenis pada media dinding yang memenuhi bagian depan bangunan, tetapi merasa kesulitan dalam perawatan. Kemudian rencana itu sedikit diubah dengan susunan pot gantung yang ditata secara acak (random) agar perawatan tanaman menjadi lebih mudah dan selalu terkontrol. Akhirnya, dirancanglah pot-pot berbentuk persegi yang digantungkan pada deretan pipa-pipa, terdapat juga beberapa pipa yang menyeruak ke depan. Pipa-pipa ini selain sebagai elemen estetis sekaligus juga fungsional untuk mengairi tanaman dalam pot secara berkala. Sedangkan kaca-kaca dibalik pot-pot tanaman selain berfungsi sebagai sirkulasi udara dan pencahayaan juga berfungsi sebagai akses untuk perawatan tanaman yang ada di pot-pot tersebut.

 

7. Ruang Rapat

Untuk bagian interior, ruangan kantor di lantai 2 dibuat berkesan industrial look. Ini menjadi perwujudan dari motto estetika yang berbunyi pulchrum splendor est veritatis, keindahan adalah pancaran dari kebenaran. Maksudnya: jika sesuatu dibuat dengan benar, maka otomatis akan indah adanya. Di lantai ini tak ada bagian ruang atau elemen desain yang dipaksakan atau dibuat-buat, semua ada maksud, guna dan fungsinya yang jelas dan tegas.Kesan industrial terlihat pada bagian pembentuk ruang (lantai, dinding, plafon) dan juga pada perabot yang dipasang. Plafon dan dinding seperti diiris-iris untuk memperlihatkan modul pembentuknya. Sedangkan perabot dicari yang memperlihatkan detail sambungan metal yang diekspos, misalnya terlihat pada kursi yang memberi aksen robotic yang cukup menarik. Perabot dipilih yang berwarna mencolok agar kontras dengan ruangannya. Di ruang yang lain justru dibuat sebaliknya, dindingnya justru diberi warna mencolok karena perabot dan bagian yang lain didominasi warna abu-abu dan metal (stainless steel). Memang dibuat demikian agar ruang-ruang kantor ini tidak cenderung statis dan monoton, supaya pengguna mengalami pergantian suasana yang berbeda-beda antara ruang yang satu dengan ruang yang lain.Yang jelas, di sini efisiensi dan efektifitas ruang menjadi kunci utama yang selalu dipegang teguh. Dengan demikian, kegiatan di kantor yayasan ini bisa berjalan dengan kompak, dan tak ada ruang dan waktu yang terbuang ketika terjadi aktifitas di dalamnya.

 

8. Interior Apartemen View 1

Sedangkan kamar-kamar mess yang berada di lantai 3 dirancang dengan nuansa kontemporer (masa kini). Terlihat mengedepankan aksen internasional dengan memberi gambar peta dunia yang besar pada dinding sebagai latar belakang. Plafon dibuat seperti bergelombang dengan motif garis-garis rapat yang menerus, begitu organik dan natural, jauh dari kesan kaku. Sedangkan lantai didesain dengan aksen jajaran papan kayu yang memberi rasa hangat dan informal, agar penghuni bisa merasa homy di dalamnya. Suasana di lantai 3 ini sebagai tempat tinggal dan beristirahat sengaja dibuat berbeda dengan lantai 2 sebagai tempat bekerja yang harus disiplin dan produktif.Secara umum, bentuk site yang memanjang dari depan ke belakang ini terlihat menyulitkan justru menjadi semacam blessing in disguise, anugerah tersembunyi bagi perancangnya. Bagaimana cara untuk mengatur ruangan yang lebarnya terbatas agar tampil secara kompak, efisien dan tetap memberi kenyamanan secara fisik maupun non-fisik bagi penggunanya. Jadi, harus pandai-pandai menyiasati kondisi yang demikian itu dengan perhitungan desain yang cermat: function meets faade!

 

Nama Proyek: Kantor YPKr Buah Hati
Lokasi Proyek: Jl. Manyar Sabrangan, Surabaya
Luas Tanah/Bangunan: 500/850 m2
Tahun: 2014
Arsitek Prinsipal: Andy Rahman. A, ST. IAI
Arsitek: Imam Prasetyo, ST
Desainer Interior: Anindita Caesarayi Putri, ST
Teks: Anas Hidayat 


  • 1. Detail Tampak

    1. Detail Tampak

  • 2. Tampak Depan

    2. Tampak Depan

  • 3. Bird Eye View

    3. Bird Eye View

  • 4. Tampak Depan

    4. Tampak Depan

  • 5. Ruang Direktur

    5. Ruang Direktur

  • 6. Ruang Staff

    6. Ruang Staff

  • 7. Ruang Rapat

    7. Ruang Rapat

  • 8. Interior Apartemen View 1

    8. Interior Apartemen View 1

  • 9. Interior Apartemen View 2

    9. Interior Apartemen View 2

  • 10. Interior Apartemen View 3

    10. Interior Apartemen View 3

  • 11. Denah Lantai 1

    11. Denah Lantai 1

  • 12. Denah Lantai 2

    12. Denah Lantai 2

  • 13. Denah Lantai 3

    13. Denah Lantai 3

  • 14. Detail Pot Vertical Garden

    14. Detail Pot Vertical Garden

  • 15. Detail Kisi-kisi dan Pot Vertical Garden

    15. Detail Kisi-kisi dan Pot Vertical Garden




* Location to be used only as a reference. It could indicate city/country but not exact address.

Related Articles:

You might also like:

  • Homestay Ponorogo

    Homestay Ponorogo

  • Folded Showroom

    Folded Showroom

  • Unisdacentrum

    Unisdacentrum

  • Royal Bali Hotel

    Royal Bali Hotel


  • aaminahrahman [ ] said:


    Apakah Anda seorang pebisnis atau wanita? Apakah Anda perlu dana untuk memulai bisnis Anda sendiri? Apakah Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang atau membayar tagihan Anda atau memulai bisnis yang baik, Membeli rumah atau mobil? "Kredit Investasi" penawaran? Kami menyediakan pinjaman konsolidasi utang, pinjaman bisnis, pinjaman refinancing rumah, kredit mobil, pinjaman pribadi, dan pinjaman perusahaan dengan bunga 2% per tahun. Apakah Anda dalam kekacauan finansial atau anda telah ditolak oleh bank dan ditipu? Kami menawarkan jenis berikut pinjaman dan banyak lagi ada biaya dimuka; € 2.000,00 Minimum hingga maksimal € 9.000.000 Pembayaran Term (1-30 tahun) untuk pembayaran, dengan fasilitas standar World Class dan memastikan bahwa dana yang masuk ke rekening bank Anda dalam 48 jam ke depan, kami menawarkan berikut. pinjaman kami baik diasuransikan untuk keamanan maksimum adalah prioritas kami. jika berminat, silakan Balas kepada kami melalui email di aaminahrahmanloancompany@gmail.com, BBpin = 58BDF056

    in: March 7, 2017 at: 8:18 am

Leave a Comment

Coming Soon!
Residential Project Gallery

 

 

Facebook Fans Page

 

 

Latest Comments
Browse by Category

 

 

Web Statistic
  • Total visitors: 254,934
  • Visitors today: 87
  • Visitors yesterday: 148
  • Currently online: 2
  • Total page views: 1,420,463
  • Page views of this page: 4,802
  • counter

 

 

Video Projects