23

JUN  2015

Masjid Anyam (Masjid Jami Nurul Amal Bekasi)

By: Andy Rahman. A, ST. IAI (andyrahman architect)
Posted On. 2015-06-23

8. Desain Eksterior View dari Jalan

Masjid Nurul Amal yang berada di kampung Bulakjaya, Kelurahan Pantai Harapan, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi ini merupakan sebuah masjid yang terletak dekat laut di pantai utara Jawa Barat. Awalnya berupa masjid kampung sederhana dengan atap tajug bersusun dua. Posisinya cukup strategis dan unik, berdiri di pinggir sungai yang cukup lebar dan dekat dengan perkampungan yang penduduknya sebagian besar memiliki mata pencaharian bertani, beternak dan juga mencari ikan. Sekilas tidak ada masalah dan kesulitan yang berarti pada masjid ini. Padahal, jika musim hujan tiba dan terjadi banjir, tinggi air bisa mencapai 2 meter dan masjid ini sementara waktu tak bisa dipakai untuk beribadah karena terendam air. Jadi harus menunggu air surut dan dibersihkan untuk bisa digunakan lagi seperti biasa. Tidak hanya itu, sebenarnya ada banyak kendala dan sekaligus potensi lain pada masjid ini yang perlu dicari penyelesaian dan pemanfaatannya secara kreatif dalam desain yang baru.

 

11. View Ketika Banjir

Secara umum, masalah-masalah yang dijumpai di lokasi masjid ini antara lain aksesibilitas, banjir, ketersediaan air bersih, jalan yang becek dan licin dan lain-lain. Tetapi sebaliknya, ada pula potensi lokal juga yang bisa diberdayakan, seperti material batu kapur, kayu kelapa dan juga kerajinan anyaman bambu yang banyak dihasilkan masyarakat sekitar. Akses menuju ke masjid ini terpisah oleh sungai selebar 20 meter yang harus diseberangi oleh jamaah untuk mencapai masjid, maka mereka harus memakai perahu penyeberangan. Untuk itu perlu dibuat sebuah dermaga yang representatif untuk memudahkan jamaah mencapai masjid, juga paving yang layak agar jalan menuju masjid tidak becek dan licin.

Banjir yang muncul tiap tahun disiasati secara cerdik dengan model bangunan panggung (diangkat ke atas), sehingga ketika terjadi genangan air yang cukup tinggi tak menjadi masalah, dan masjid masih tetap bisa digunakan oleh warga. Masalah air bersih diatasi dengan membuat fasilitas water treatment yang diletakkan di bawah bangunan masjid, agar air yang dipakai untuk berwudlu merupakan air bersih, bukan dari air sungai yang kotor.

Karena lokasi ini merupakan daerah dengan banyak air, maka bagian bawah bangunan panggung juga dimanfaatkan sebagai kolam nila sebagai bentuk pemberdayaan warga lokal, yang sebagian hasilnya bisa dijadikan sumber dana bagi kegiatan masjid.

Madrasah yang terletak sekitar 200 meter dari masjid dijadikan sebagai satu kesatuan yang tak terpisahkan dari masjid, sehingga kompleks masjid dan madrasah ini menjadi tempat beribadah dan menuntut ilmu. Di sini dirancang sebuah sekuen, orang menyeberang diarahkan agar lewat madrasah dulu. Dari madrasah yang letaknya tidak begitu jauh dari lokasi masjid, orang bisa berjalan menuju masjid sebagai puncak dari sebuah prosesi.

 

5. Konsep Bentuk

Tema besar yang diusung dalam proses perancangan masjid ini adalah menganyam (to weave), yang bisa ditafsirkan sebagai menganyam ruang dan waktu, merajut hubungan antar manusia, juga antara manusia dan Sang Pencipta. Hal ini diilhami oleh kerajinan masyarakat setempat, yang banyak menghasilkan sesek/gedheg, berupa anyaman bambu/woven bamboo dalam bentuk lembaran-lembaran. Dengan penggunaan anyaman ini akan lebih memberdayakan warga sekitar, dan mereka akan lebih merasa memiliki masjid ini sebagai bagian dari keseharian mereka. Material anyaman bambu juga memiliki masa pakai terbatas yang harus diganti tiap beberapa tahun, maka hasil kerajinan warga sekitar masih akan terus diperlukan demi keberlangsungan (sustainability) dari bangunan masjid ini dari masa ke masa. Dan lagi, daerah Bekasi memiliki simbol berupa tugu bambu, yang menunjukkan bahwa bambu menjadi elemen yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakatnya. Anyaman bambu ini kemudian dijadikan sebagai elemen ornamentasi pada bangunan utama masjid, yang ditransformasikan ke dalam motif arabesque.

Dengan tema ini, potensi anyaman bambu kemudian dieksplorasi, bisa dipakai sebagai pembatas tetapi masih meneruskan udara dan cahaya. Pemasangan pada bangunan dengan konsep layer, di mana pada bagian kulit bangunan masjid ada 2 layer: bagian luar adalah anyaman bambu sebagai ornamentasi, sedangkan di bagian dalam berupa louvera (krepyak) yang bisa dibuka-tutup sesuai dengan kebutuhan. Ketika terjadi hujan atau angin kencang, maka louvera dari aluminium ini bisa ditutup agar kegiatan ibadah di ruang dalam masjid tidak terganggu. Anyaman pada kulit bangunan ini ketika malam disorot dengan spot-light untuk memberi efek yang dramatis pada eksteriornya.

Sedangkan ide bentuknya mengambil dari tajug yang diambil bagian bawahnya, sehingga menyerupai bentukan piramida yang terpancung. Bentuk ini dijadikan sebagai selubung bangunan utama. Warnanya dominan coklat bambu yang natural dengan menara yang menjulang tinggi, cukup mencolok di lingkungannya. Dengan tema besar anyaman tersebut, masjid ini telah memperhatikan beberapa aspek penting, seperti: hemat energi, sustainable, berkarakter lokal dan selaras dengan alam.

 

10. Birds Eye View

Masjid ini memiliki tiga fungsi utama, yaitu fungsi ibadah, fungi sosial dan pendidikan. Dengan demikian harus bisa membagi dan memanfaatkan ruang untuk ketiga fungsi tadi secara baik dan optimal. Maka dibuatlah beberapa zona ruang, terdiri dari zona ibadah, zona penunjang, zona servis dan plaza. Masjid dan fasilitas penunjang sengaja dipisahkan agar tidak tercampur antara kegiatan ibadah dan non-ibadah.

Masjid Nurul Amal ini juga dibuat kontekstual dengan perubahan pemanfaatan ruang. Dalam kegiatan ibadah harian, zona untuk putri (akhwat) diletakkan di lantai atas, tetapi ketika shalat Jumat, taraweh Ramadhan atau shalat Idul Fitri/Idul Adha sebagai ibadah besar, maka area plaza pun dipakai untuk ibadah, dan zona untuk putri (akhwat) diletakkan di belakang.

Dengan membuat perencanaan yang matang dari ruang-ruang yang cair tersebut - yang bisa dibuat meluas atau menyempit sesuai kebutuhan aktifitas - maka masjid ini menjadi lebih berdaya-guna dan bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk berbagai macam kepentingan.

 

9. Desain Eksterior View Malam

Dalam desain masjid ini, unsur-unsur simbolik Islami tak lupa dimasukkan dalam rancangan. Menara masjid terinspirasi dari tugu bambu, tingginya diambil dari jumlah rekaat shalat lima waktu yang diterjemahkan dalam tinggi 17 meter. Simbol 17 rekaat shalat ini juga diwujudkan dalam jumlah tiang lampu yang dipasang di plaza masjid. Juga 99 cahaya yang bersinar dari 99 titik lampu di ruang utama menjadi simbol dari asmaul husna (nama-nama Allah), sedangkan 27 batang bambu pada bukaan ruang melambangkan keutamaan shalat berjamaah (bersama-sama).

Di samping itu, konsep Syariah tetap diterapkan dalam masjid ini. Arah kiblat menjadi acuan berdirinya bangunan, maka masjid dan bangunan penunjangnya serta pola tapak dibuat dengan acuan ke arah kiblat, sehingga shaf shalat bisa lurus dan tidak melenceng, dan warga bisa tahu arah kiblat bahkan dari luar bangunan. Juga pemisahan yang tegas antara akses bagi jamaah putra (akhwan) dan putri (putri), berlanjut pada pemisahan ruang untuk aktifitas ibadah sebagai manifestasi konsep syariah pada masjid ini.

Area utama untuk shalat dibuat bebas kolom, agar aktifitas ibadah jamaah tak terhalang oleh kolom, dan shaf shalat bisa benar-benar lebih rapat. Mihrab dibuat sederhana, berbentuk persegi dengan latar belakang lafadz Allah, untuk menjaga kekhusyukan jamaah dalam beribadah.

 

Nama Proyek: Masjid Anyam (Masjid Jami Nurul Amal Bekasi)
Lokasi Proyek: Kampung Bulak Jaya, Kel. Pantai Harapan Jaya, Kec. Muara Gembong, Bekasi
Luas Tanah/Bangunan: 1100/774m2
Tahun Perencanaan: 2015
Arsitek Prinsipal: Andy Rahman. A, ST. IAI
Tim Arsitek: Imam Prasetyo, ST, Muchammad Ubay, ST, Fathoni, ST, Reni Dwi Rahayu, ST
Desainer Interior: Anindita Caesarayi Putri, ST
Teks: Anas Hidayat


  • 1. Latar Belakang

    1. Latar Belakang

  • 2. Solusi

    2. Solusi

  • 3. Konsep Makro

    3. Konsep Makro

  • 4. Transformasi Desain

    4. Transformasi Desain

  • 5. Konsep Bentuk

    5. Konsep Bentuk

  • 6. Potensi Site

    6. Potensi Site

  • 7. Desain Eksterior View dari Sungai

    7. Desain Eksterior View dari Sungai

  • 8. Desain Eksterior View dari Jalan

    8. Desain Eksterior View dari Jalan

  • 9. Desain Eksterior View Malam

    9. Desain Eksterior View Malam

  • 10. Birds Eye View

    10. Birds Eye View

  • 11. View Ketika Banjir

    11. View Ketika Banjir

  • 12. Desain Interior View kearah Mihrab (1)

    12. Desain Interior View kearah Mihrab (1)

  • 13. Desain Interior View ke Area Utama Sholat

    13. Desain Interior View ke Area Utama Sholat

  • 14. Desain Interior View kearah Shaff Putri

    14. Desain Interior View kearah Shaff Putri

  • 15. Layout Plan

    15. Layout Plan

  • 16. Ground Floor

    16. Ground Floor

  • 17. Denah Masjid

    17. Denah Masjid

  • 18. Denah Gedung Serbaguna

    18. Denah Gedung Serbaguna

  • 19. Konsep Zoning dan Akses

    19. Konsep Zoning dan Akses

  • 20. Zonasi

    20. Zonasi

  • 21. Tampak Timur

    21. Tampak Timur

  • 22. Tampak Selatan

    22. Tampak Selatan

  • 23. Potongan AA

    23. Potongan AA

  • 24. Potongan BB

    24. Potongan BB



* Location to be used only as a reference. It could indicate city/country but not exact address.

Related Articles:

You might also like:

  • Boarding House Jogjakarta

    Boarding House Jogjakarta

  • Masjid Assamawaat

    Masjid Assamawaat

  • Breathing Office

    Breathing Office

  • Sidoarjo Mud Volcano Research Center

    Sidoarjo Mud Volcano Research Center


  • Khalilurrahman [ ] said:


    Assalamualaikum wr wb Desain yg luarbiasa dan sesuai kebutuhan masyarakat. Beberapa konsep saya ingin contoh dan terapkan di pesantren saya. Kebetulan kondisinya diatas air, walaupun tidak terancam banjir. Semoga Allah memudahkan.

    in: June 28, 2016 at: 9:16 pm

  • familia [ ] said:


    assalamualaikum. om, ijin save gambar untuk refensi tugas. terima kasih untuk ilmu yang dibagikan.

    in: September 18, 2016 at: 10:30 am

Leave a Comment

Coming Soon!
Residential Project Gallery

 

 

Facebook Fans Page

 

 

Latest Comments
Browse by Category

 

 

Web Statistic
  • Total visitors: 270,362
  • Visitors today: 6
  • Visitors yesterday: 123
  • Currently online: 3
  • Total page views: 1,497,307
  • Page views of this page: 4,458
  • counter

 

 

Video Projects