23

JUN  2015

Masjid Anyam (Masjid Jami Nurul Amal Bekasi)

By: Andy Rahman. A, ST. IAI (andyrahman architect)
Posted On. 2015-06-23

8. Desain Eksterior View dari Jalan

Masjid Nurul Amal yang berada di kampung Bulakjaya, Kelurahan Pantai Harapan, Kecamatan Muara Gembong, Bekasi ini merupakan sebuah masjid yang terletak dekat laut di pantai utara Jawa Barat. Awalnya berupa masjid kampung sederhana dengan atap tajug bersusun dua. Posisinya cukup strategis dan unik, berdiri di pinggir sungai yang cukup lebar dan dekat dengan perkampungan yang penduduknya sebagian besar memiliki mata pencaharian bertani, beternak dan juga mencari ikan. Sekilas tidak ada masalah dan kesulitan yang berarti pada masjid ini. Padahal, jika musim hujan tiba dan terjadi banjir, tinggi air bisa mencapai 2 meter dan masjid ini sementara waktu tak bisa dipakai untuk beribadah karena terendam air. Jadi harus menunggu air surut dan dibersihkan untuk bisa digunakan lagi seperti biasa. Tidak hanya itu, sebenarnya ada banyak kendala dan sekaligus potensi lain pada masjid ini yang perlu dicari penyelesaian dan pemanfaatannya secara kreatif dalam desain yang baru.

 

11. View Ketika Banjir

Secara umum, masalah-masalah yang dijumpai di lokasi masjid ini antara lain aksesibilitas, banjir, ketersediaan air bersih, jalan yang becek dan licin dan lain-lain. Tetapi sebaliknya, ada pula potensi lokal juga yang bisa diberdayakan, seperti material batu kapur, kayu kelapa dan juga kerajinan anyaman bambu yang banyak dihasilkan masyarakat sekitar. Akses menuju ke masjid ini terpisah oleh sungai selebar 20 meter yang harus diseberangi oleh jamaah untuk mencapai masjid, maka mereka harus memakai perahu penyeberangan. Untuk itu perlu dibuat sebuah dermaga yang representatif untuk memudahkan jamaah mencapai masjid, juga paving yang layak agar jalan menuju masjid tidak becek dan licin.

Banjir yang muncul tiap tahun disiasati secara cerdik dengan model bangunan panggung (diangkat ke atas), sehingga ketika terjadi genangan air yang cukup tinggi tak menjadi masalah, dan masjid masih tetap bisa digunakan oleh warga. Masalah air bersih diatasi dengan membuat fasilitas water treatment yang diletakkan di bawah bangunan masjid, agar air yang dipakai untuk berwudlu merupakan air bersih, bukan dari air sungai yang kotor.

Karena lokasi ini merupakan daerah dengan banyak air, maka bagian bawah bangunan panggung juga dimanfaatkan sebagai kolam nila sebagai bentuk pemberdayaan warga lokal, yang sebagian hasilnya bisa dijadikan sumber dana bagi kegiatan masjid.

Madrasah yang terletak sekitar 200 meter dari masjid dijadikan sebagai satu kesatuan yang tak terpisahkan dari masjid, sehingga kompleks masjid dan madrasah ini menjadi tempat beribadah dan menuntut ilmu. Di sini dirancang sebuah sekuen, orang menyeberang diarahkan agar lewat madrasah dulu. Dari madrasah yang letaknya tidak begitu jauh dari lokasi masjid, orang bisa berjalan menuju masjid sebagai puncak dari sebuah prosesi.

 

5. Konsep Bentuk

Tema besar yang diusung dalam proses perancangan masjid ini adalah menganyam (to weave), yang bisa ditafsirkan sebagai menganyam ruang dan waktu, merajut hubungan antar manusia, juga antara manusia dan Sang Pencipta. Hal ini diilhami oleh kerajinan masyarakat setempat, yang banyak menghasilkan sesek/gedheg, berupa anyaman bambu/woven bamboo dalam bentuk lembaran-lembaran. Dengan penggunaan anyaman ini akan lebih memberdayakan warga sekitar, dan mereka akan lebih merasa memiliki masjid ini sebagai bagian dari keseharian mereka. Material anyaman bambu juga memiliki masa pakai terbatas yang harus diganti tiap beberapa tahun, maka hasil kerajinan warga sekitar masih akan terus diperlukan demi keberlangsungan (sustainability) dari bangunan masjid ini dari masa ke masa. Dan lagi, daerah Bekasi memiliki simbol berupa tugu bambu, yang menunjukkan bahwa bambu menjadi elemen yang tak terpisahkan dari kehidupan masyarakatnya. Anyaman bambu ini kemudian dijadikan sebagai elemen ornamentasi pada bangunan utama masjid, yang ditransformasikan ke dalam motif arabesque.

Dengan tema ini, potensi anyaman bambu kemudian dieksplorasi, bisa dipakai sebagai pembatas tetapi masih meneruskan udara dan cahaya. Pemasangan pada bangunan dengan konsep layer, di mana pada bagian kulit bangunan masjid ada 2 layer: bagian luar adalah anyaman bambu sebagai ornamentasi, sedangkan di bagian dalam berupa louvera (krepyak) yang bisa dibuka-tutup sesuai dengan kebutuhan. Ketika terjadi hujan atau angin kencang, maka louvera dari aluminium ini bisa ditutup agar kegiatan ibadah di ruang dalam masjid tidak terganggu. Anyaman pada kulit bangunan ini ketika malam disorot dengan spot-light untuk memberi efek yang dramatis pada eksteriornya.

Sedangkan ide bentuknya mengambil dari tajug yang diambil bagian bawahnya, sehingga menyerupai bentukan piramida yang terpancung. Bentuk ini dijadikan sebagai selubung bangunan utama. Warnanya dominan coklat bambu yang natural dengan menara yang menjulang tinggi, cukup mencolok di lingkungannya. Dengan tema besar anyaman tersebut, masjid ini telah memperhatikan beberapa aspek penting, seperti: hemat energi, sustainable, berkarakter lokal dan selaras dengan alam.

 

10. Birds Eye View

Masjid ini memiliki tiga fungsi utama, yaitu fungsi ibadah, fungi sosial dan pendidikan. Dengan demikian harus bisa membagi dan memanfaatkan ruang untuk ketiga fungsi tadi secara baik dan optimal. Maka dibuatlah beberapa zona ruang, terdiri dari zona ibadah, zona penunjang, zona servis dan plaza. Masjid dan fasilitas penunjang sengaja dipisahkan agar tidak tercampur antara kegiatan ibadah dan non-ibadah.

Masjid Nurul Amal ini juga dibuat kontekstual dengan perubahan pemanfaatan ruang. Dalam kegiatan ibadah harian, zona untuk putri (akhwat) diletakkan di lantai atas, tetapi ketika shalat Jumat, taraweh Ramadhan atau shalat Idul Fitri/Idul Adha sebagai ibadah besar, maka area plaza pun dipakai untuk ibadah, dan zona untuk putri (akhwat) diletakkan di belakang.

Dengan membuat perencanaan yang matang dari ruang-ruang yang cair tersebut - yang bisa dibuat meluas atau menyempit sesuai kebutuhan aktifitas - maka masjid ini menjadi lebih berdaya-guna dan bisa dimanfaatkan oleh warga sekitar untuk berbagai macam kepentingan.

 

9. Desain Eksterior View Malam

Dalam desain masjid ini, unsur-unsur simbolik Islami tak lupa dimasukkan dalam rancangan. Menara masjid terinspirasi dari tugu bambu, tingginya diambil dari jumlah rekaat shalat lima waktu yang diterjemahkan dalam tinggi 17 meter. Simbol 17 rekaat shalat ini juga diwujudkan dalam jumlah tiang lampu yang dipasang di plaza masjid. Juga 99 cahaya yang bersinar dari 99 titik lampu di ruang utama menjadi simbol dari asmaul husna (nama-nama Allah), sedangkan 27 batang bambu pada bukaan ruang melambangkan keutamaan shalat berjamaah (bersama-sama).

Di samping itu, konsep Syariah tetap diterapkan dalam masjid ini. Arah kiblat menjadi acuan berdirinya bangunan, maka masjid dan bangunan penunjangnya serta pola tapak dibuat dengan acuan ke arah kiblat, sehingga shaf shalat bisa lurus dan tidak melenceng, dan warga bisa tahu arah kiblat bahkan dari luar bangunan. Juga pemisahan yang tegas antara akses bagi jamaah putra (akhwan) dan putri (putri), berlanjut pada pemisahan ruang untuk aktifitas ibadah sebagai manifestasi konsep syariah pada masjid ini.

Area utama untuk shalat dibuat bebas kolom, agar aktifitas ibadah jamaah tak terhalang oleh kolom, dan shaf shalat bisa benar-benar lebih rapat. Mihrab dibuat sederhana, berbentuk persegi dengan latar belakang lafadz Allah, untuk menjaga kekhusyukan jamaah dalam beribadah.

 

Nama Proyek: Masjid Anyam (Masjid Jami Nurul Amal Bekasi)
Lokasi Proyek: Kampung Bulak Jaya, Kel. Pantai Harapan Jaya, Kec. Muara Gembong, Bekasi
Luas Tanah/Bangunan: 1100/774m2
Tahun Perencanaan: 2015
Arsitek Prinsipal: Andy Rahman. A, ST. IAI
Tim Arsitek: Imam Prasetyo, ST, Muchammad Ubay, ST, Fathoni, ST, Reni Dwi Rahayu, ST
Desainer Interior: Anindita Caesarayi Putri, ST
Teks: Anas Hidayat


  • 1. Latar Belakang

    1. Latar Belakang

  • 2. Solusi

    2. Solusi

  • 3. Konsep Makro

    3. Konsep Makro

  • 4. Transformasi Desain

    4. Transformasi Desain

  • 5. Konsep Bentuk

    5. Konsep Bentuk

  • 6. Potensi Site

    6. Potensi Site

  • 7. Desain Eksterior View dari Sungai

    7. Desain Eksterior View dari Sungai

  • 8. Desain Eksterior View dari Jalan

    8. Desain Eksterior View dari Jalan

  • 9. Desain Eksterior View Malam

    9. Desain Eksterior View Malam

  • 10. Birds Eye View

    10. Birds Eye View

  • 11. View Ketika Banjir

    11. View Ketika Banjir

  • 12. Desain Interior View kearah Mihrab (1)

    12. Desain Interior View kearah Mihrab (1)

  • 13. Desain Interior View ke Area Utama Sholat

    13. Desain Interior View ke Area Utama Sholat

  • 14. Desain Interior View kearah Shaff Putri

    14. Desain Interior View kearah Shaff Putri

  • 15. Layout Plan

    15. Layout Plan

  • 16. Ground Floor

    16. Ground Floor

  • 17. Denah Masjid

    17. Denah Masjid

  • 18. Denah Gedung Serbaguna

    18. Denah Gedung Serbaguna

  • 19. Konsep Zoning dan Akses

    19. Konsep Zoning dan Akses

  • 20. Zonasi

    20. Zonasi

  • 21. Tampak Timur

    21. Tampak Timur

  • 22. Tampak Selatan

    22. Tampak Selatan

  • 23. Potongan AA

    23. Potongan AA

  • 24. Potongan BB

    24. Potongan BB



* Location to be used only as a reference. It could indicate city/country but not exact address.

Related Articles:

You might also like:

  • Simokerto Elementary School

    Simokerto Elementary School

  • Dhuha Boutique

    Dhuha Boutique

  • Boarding House Jogjakarta

    Boarding House Jogjakarta

  • Mud Victims Workshop

    Mud Victims Workshop


  • Khalilurrahman [ ] said:


    Assalamualaikum wr wb Desain yg luarbiasa dan sesuai kebutuhan masyarakat. Beberapa konsep saya ingin contoh dan terapkan di pesantren saya. Kebetulan kondisinya diatas air, walaupun tidak terancam banjir. Semoga Allah memudahkan.

    in: June 28, 2016 at: 9:16 pm

  • familia [ ] said:


    assalamualaikum. om, ijin save gambar untuk refensi tugas. terima kasih untuk ilmu yang dibagikan.

    in: September 18, 2016 at: 10:30 am

  • earn to die [ http://earntodie.co/ ] said:


    This is a very good free game web site. I also often play in free time . Please visit our website and play exciting game

    in: July 25, 2017 at: 9:36 am

  • age of war [ http://ageof-war.com/ ] said:


    This is great websites, I visited some of them but I didn't know that Google offers free games.And this is I play free flash games in this websites.

    in: July 25, 2017 at: 9:37 am

  • plants vs zombies [ http://plantsvszombiesonline.com/ ] said:


    This is great websites, I visited some of them but I didn't know that Google offers free games.And this is I play free flash games in this websites.

    in: July 25, 2017 at: 9:38 am

  • Ansori Zaeni [ ] said:


    Pinjaman hiu jahat tanpa simpati manusia, senjata pinjaman adalah orang-orang yang kejam dan jahat, mereka sama sekali tidak memiliki wajah manusia, mereka terlalu ketat, saya sangat frustrasi dan disiksa oleh pinjaman hiu saya kehilangan harta benda saya termasuk mobil dan rumah saya untuk pinjaman hiu Karena ketidakmampuan saya untuk bertemu dengan cicilan pinjaman saya dengan mereka, pinjaman hiu tetap memburu saya tanpa belas kasihan saya ditakdirkan, saya tidak punya pilihan selain membayar kembali sehingga saya bebas dari mereka, saya dipaksa untuk mencari Pinjaman di tempat lain jadi saya akan melunasi hutang saya dengan karena ini adalah satu-satunya alternatif yang tersisa untuk saya, maka saya mulai mencari pinjaman di internet saya mendapatkan semacam Ibu Pemberi Pinjaman. Ibrahim Maisara yang menawari saya pinjaman sehingga saya bisa melunasi hutang saya dengan pinjaman hiu hari ini, itu adalah Ibu. Ibrahim Maisara yang membantu saya dengan memberi saya pinjaman, mereka tidak seperti hiu pinjaman jahat, mereka adalah perusahaan pinjaman terbaik untuk mendapatkan pinjaman, siapa pun yang membutuhkan pinjaman harus menghubungi mereka dengan alamat kontak mereka: ibrahimmaisaralenders@gmail.com Atau Undang BBM: D8CFF0A7 mereka pemberi pinjaman yang baik, terpercaya dan terpercaya, Hubungi Ibu. Ibrahim Maisara Perusahaan Pinjaman dan mudah mendapatkan pinjaman dari mereka. Assalamu'alaikum wr wb,

    in: August 15, 2017 at: 4:44 am

  • Ainah Ann [ ] said:


    Halo, saya Ainah Ann, saat ini saya tinggal di indonesia. Saya hampir muak dengan kehidupan beberapa bulan yang lalu karena saya membutuhkan uang untuk membayar tagihan saya, dan karena situasi saya, saya sangat ingin mendapatkan pinjaman untuk membayar tagihan saya yang sudah dikeluarkan dan membiayai bisnis saya. Semua usaha saya untuk mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman swasta dan korporasi internet ini benar-benar sia-sia.   Poin terakhir saya untuk mengatakan selamat tinggal pada pencarian pinjaman adalah ketika Tuhan menyerahkan kepada saya sarana rezeki saya untuk bisnis dan mata pencaharian saya sampai saat ini, yang memberi saya pinjaman sebesar 750 juta Rupee Indonesia. Saya hanya harus bersaksi secara online ini karena saya tahu ada banyak orang di luar sana yang mencari jenis perbuatan baik ini, dan pada saat yang sama saya harus menceritakan dunia tentang kesempatan besar yang menanti mereka.   Mengamankan pinjaman tanpa jaminan, Tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada penandatanganan, dan tidak ada biaya pinjaman, hanya dengan tingkat bunga 2% saja dan rencana pembayaran dan jadwal yang lebih baik. Jangan buang waktu lagi, dan bayar tagihan Anda dengan bantuan Maureen Kurt Financial Service. Anda dapat menghubungi dia melalui (maureenkurtfinancialservice@gmail.com). Dia wanita yang baik hati dan kebajikan, jadi jangan takut untuk bertemu dengannya untuk meminta bantuan. Jika ada keraguan atau ketakutan, Anda selalu bisa menghubungi saya melalui ainahann10@gmail.com

    in: August 18, 2017 at: 6:51 pm

  • Nurliana Novi [ ] said:


    Hari baik untuk semua warga negara Indonesia dan juga seluruh ASIA, nama saya adalah Ibu Nurliana Novi, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini mengenai platform ini untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Allah telah mendukung saya melalui ibu Nyonya Elina yang baik  Setelah beberapa saat mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak terus, maka saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tapi saya ditipu dan kehilangan Rp 15.000.000 dengan pinjaman pinjaman yang berbeda. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya yang kemudian mengenalkan saya kepada Nyonya Elina, pemilik perusahaan pinjaman global, jadi teman saya memintaku untuk melamar dari Ibu Elina, jadi saya mengumpulkan keberanian Dan menghubungi Mrs. Elina. Saya mengajukan pinjaman sebesar Rp500.000.000 dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman tersebut disetujui dengan mudah tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan sehubungan dengan pengalihan kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan pinjaman. Transfer saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi Mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam uang pinjaman telah dimasukkan ke rekening bank saya. Saya pikir itu adalah lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya sehingga akun saya dikreditkan sebesar Rp500.000.000. Saya sangat senang bahwa ALLAH akhirnya menjawab doaku dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman awal saya, yang telah memberi saya keinginan hati saya. Mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan bagaimana menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga ALLAH memberkati Ibu Elina karena telah membuat hidup saya mudah, jadi saya menyarankan siapapun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman agar dapat menghubungi Ibu Elina melalui email: elinajohnson22@gmail.com untuk pinjaman Anda Akhirnya saya ingin mengucapkan terima kasih untuk meluangkan waktu untuk membaca kesaksian tentang kehidupan sejati saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa semoga Tuhan akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Satu lagi nama saya adalah mrs nurliana novi, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: nurliananovi96@gmail.com

    in: August 25, 2017 at: 9:30 pm

  • ARNAH NANA [ ] said:


    Inilah kesaksian saya !! Nama saya Arna dari kota jakahta di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk memberi saran kepada semua orang untuk meredakan kewaspadaan mendapatkan pinjaman di sini, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah scammers dan mereka hanya di sini untuk menipu Anda dari uang, saya mengajukan pinjaman sekitar 200 juta dari seorang wanita di Filipina dan saya kehilangan sekitar 7 juta tanpa mengambil pinjaman, mereka berulang kali meminta bayaran, saya membayar hampir 7 juta uang jadi saya tidak mendapat pinjaman, Tuhan kemuliaan, saya bertemu dengan seorang teman yang biasa meminjam, dan dia mendapat pinjaman tanpa tekanan, jadi dia mengenalkan saya pada Ibu Elizabeth, CEO perusahaan pinjaman Elizabeth dan saya mengajukan 300 juta, saya pikir itu adalah sebuah lelucon. dan penipuan, tapi saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa agunan. Saya sangat senang karena saya telah diselamatkan dari kemiskinan. jadi saya menyarankan semua penghuni di sini yang membutuhkan pinjaman untuk dihubungi Ibu ELIZABETH CHRISTOPHER melalui email: (elizabethchristopherloan@gmail.com) Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (arnahnana01@gmail.com) sekali lagi terima kasih semua untuk membaca kesaksian saya dan Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita hidup yang panjang dan sejahtera

    in: September 11, 2017 at: 9:10 am

  • INDRIAS PRIASTUTI [ ] said:


    Halo semuanya, nama saya Indrias Priastuti seorang wanita dari indonesia, dan saya bekerja dengan negara berkembang biak, dan kami telah mendengar dan juga dari perusahaan pinjaman, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk seluruh indonesia untuk mencari pinjaman internet Sangat berhati-hati - Berhati-hatilah untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa di usaha nyata dan nyata, Saya ingin menyampaikan testimonial saya tentang bagaimana ALLAH menuntun saya kepada pemberi pinjaman sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk biaya pendaftaran. . . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya. Setelah berbulan-bulan di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditur kredit asli online yang tidak akan menambah rasa sakit saya sehingga saya memutuskan untuk menghubungi teman saya yang baru saja mendapatkan Pinjaman online, kami meresmikan kami mengenai masalah ini dan dia menceritakan kisah seorang wanita bernama Ibu ELINA JOHNSON yang adalah CEO ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN. Jadi, suami saya dan saya mengajukan permohonan pinjaman untuk jumlah pinjaman (Rp 1.000.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengurus usia saya, karena saya mengatakan apa yang ingin saya bangun untuk bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tidak ada tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari sehari setelah sertifikat yang telah saya depositkan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang membutuhkan panggilan cepat sekarang atau email di elinajohnson22@gmail.com Itu tidak berakhir di sana sang ibu memastikan tim ahlinya membantu Anda tentang bagaimana berinvestasi sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut dalam hidup Anda lagi. Dia adalah wanita yang sangat baik dan dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini saya berdoa agar ALLAH memberkatinya untuk hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di indriaspriastuti2@gmail.com hari yang menyenangkan info lebih lanjut ..

    in: September 12, 2017 at: 9:15 pm

  • INDRIAS PRIASTUTI [ ] said:


    Halo semuanya, nama saya Indrias Priastuti seorang wanita dari indonesia, dan saya bekerja dengan negara berkembang biak, dan kami telah mendengar dan juga dari perusahaan pinjaman, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk seluruh indonesia untuk mencari pinjaman internet Sangat berhati-hati - Berhati-hatilah untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa di usaha nyata dan nyata, Saya ingin menyampaikan testimonial saya tentang bagaimana ALLAH menuntun saya kepada pemberi pinjaman sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk biaya pendaftaran. . . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya. Setelah berbulan-bulan di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditur kredit asli online yang tidak akan menambah rasa sakit saya sehingga saya memutuskan untuk menghubungi teman saya yang baru saja mendapatkan Pinjaman online, kami meresmikan kami mengenai masalah ini dan dia menceritakan kisah seorang wanita bernama Ibu ELINA JOHNSON yang adalah CEO ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN. Jadi, suami saya dan saya mengajukan permohonan pinjaman untuk jumlah pinjaman (Rp 1.000.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengurus usia saya, karena saya mengatakan apa yang ingin saya bangun untuk bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tidak ada tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari sehari setelah sertifikat yang telah saya depositkan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang membutuhkan panggilan cepat sekarang atau email di elinajohnson22@gmail.com Itu tidak berakhir di sana sang ibu memastikan tim ahlinya membantu Anda tentang bagaimana berinvestasi sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut dalam hidup Anda lagi. Dia adalah wanita yang sangat baik dan dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini saya berdoa agar ALLAH memberkatinya untuk hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di indriaspriastuti2@gmail.com hari yang menyenangkan info lebih lanjut ..

    in: September 12, 2017 at: 9:15 pm

  • INDRIAS PRIASTUTI [ ] said:


    Halo semuanya, nama saya Indrias Priastuti seorang wanita dari indonesia, dan saya bekerja dengan negara berkembang biak, dan kami telah mendengar dan juga dari perusahaan pinjaman, saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk seluruh indonesia untuk mencari pinjaman internet Sangat berhati-hati - Berhati-hatilah untuk tidak jatuh di tangan scammers dan fraudstars, ada banyak kreditur kredit palsu di sini di internet dan beberapa di usaha nyata dan nyata, Saya ingin menyampaikan testimonial saya tentang bagaimana ALLAH menuntun saya kepada pemberi pinjaman sebenarnya dan dana pinjaman Real telah mengubah hidup saya dari rumput menjadi Grace, setelah saya tertipu oleh beberapa kreditor kredit di internet, saya kehilangan banyak uang untuk biaya pendaftaran. . . , Garansi, pajak, dan setelah pembayaran saya masih belum mendapat pinjaman saya. Setelah berbulan-bulan di internet dan jumlah uang yang dihabiskan tanpa mendapat pinjaman dari perusahaan mereka, maka saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari kreditur kredit asli online yang tidak akan menambah rasa sakit saya sehingga saya memutuskan untuk menghubungi teman saya yang baru saja mendapatkan Pinjaman online, kami meresmikan kami mengenai masalah ini dan dia menceritakan kisah seorang wanita bernama Ibu ELINA JOHNSON yang adalah CEO ELINA JOHNSON GLOBAL LOAN. Jadi, suami saya dan saya mengajukan permohonan pinjaman untuk jumlah pinjaman (Rp 1.000.000.000) dengan tingkat bunga rendah 2%, tidak mengurus usia saya, karena saya mengatakan apa yang ingin saya bangun untuk bisnis saya dan pinjaman saya telah disetujui dengan mudah. Tidak ada tekanan dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit dan dalam waktu kurang dari sehari setelah sertifikat yang telah saya depositkan ke bank dan impian saya masuk. Jadi saya ingin saran yang membutuhkan panggilan cepat sekarang atau email di elinajohnson22@gmail.com Itu tidak berakhir di sana sang ibu memastikan tim ahlinya membantu Anda tentang bagaimana berinvestasi sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut dalam hidup Anda lagi. Dia adalah wanita yang sangat baik dan dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini saya berdoa agar ALLAH memberkatinya untuk hal-hal baik yang telah dia lakukan dalam hidup saya. Anda juga bisa menghubungi saya di indriaspriastuti2@gmail.com hari yang menyenangkan info lebih lanjut ..

    in: September 12, 2017 at: 9:15 pm

  • ELIZABETH CHRISTOPHER [ ] said:


    Halo, Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak atau Anda butuh uang untuk membayar hutang, membeli peralatan dan menyelesaikan kesulitan keuangan ,? Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Jangan khawatir lagi karena di sini ada perusahaan pinjaman yang sah yang dikenal dengan pinjaman ELIZABETH KRISTOPHER dimana pinjaman dibuat mudah bagi individu dan badan hukum yang memenuhi syarat dengan tingkat bunga 2% saja, juga kami perhatikan bahwa ada banyak penipu di sini sehingga kami memutuskan untuk datang Dengan strategi baru dengan menunjukkan casing ini kepada pelanggan kami yang mendapat pinjaman dari perusahaan ini sebelum mendapat kesempatan untuk $ 6000 jika dia menunjuk hingga lima orang ke perusahaan ini. CATATAN: harga ini untuk dua orang pertama yang merujuk pelanggan baru kepada kami. sekali lagi terima kasih untuk patronase anda hubungi kami hari ini via email: elizabethchristopherloan@gmail.com DATA PEMOHON 1) Nama Lengkap: 2) Negara: 3) Alamat: 4) Negara: 5) Jenis Kelamin: 6) Status Perkawinan: 7) Pekerjaan: 8) Nomor Telepon: 9) Posisi saat bekerja: 10) Pendapatan bulanan: 11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: 12) Durasi Pinjaman: 13) Tujuan Pinjaman: 14) Agama: 15) Sudahkah kamu mendaftar dulu? 16) Apakah Anda berbicara bahasa Inggris: 17) Tanggal lahir: 18) Perujuk: Nyonya Elizabeth. Perusahaan pinjaman Elizabeth Email: elizabethchristopherloan@gmail.com Terima kasih,

    in: September 18, 2017 at: 4:29 pm

  • ELIZABETH CHRISTOPHER [ ] said:


    Halo, Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak atau Anda butuh uang untuk membayar hutang, membeli peralatan dan menyelesaikan kesulitan keuangan ,? Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Jangan khawatir lagi karena di sini ada perusahaan pinjaman yang sah yang dikenal dengan pinjaman ELIZABETH KRISTOPHER dimana pinjaman dibuat mudah bagi individu dan badan hukum yang memenuhi syarat dengan tingkat bunga 2% saja, juga kami perhatikan bahwa ada banyak penipu di sini sehingga kami memutuskan untuk datang Dengan strategi baru dengan menunjukkan casing ini kepada pelanggan kami yang mendapat pinjaman dari perusahaan ini sebelum mendapat kesempatan untuk $ 6000 jika dia menunjuk hingga lima orang ke perusahaan ini. CATATAN: harga ini untuk dua orang pertama yang merujuk pelanggan baru kepada kami. sekali lagi terima kasih untuk patronase anda hubungi kami hari ini via email: elizabethchristopherloan@gmail.com DATA PEMOHON 1) Nama Lengkap: 2) Negara: 3) Alamat: 4) Negara: 5) Jenis Kelamin: 6) Status Perkawinan: 7) Pekerjaan: 8) Nomor Telepon: 9) Posisi saat bekerja: 10) Pendapatan bulanan: 11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: 12) Durasi Pinjaman: 13) Tujuan Pinjaman: 14) Agama: 15) Sudahkah kamu mendaftar dulu? 16) Apakah Anda berbicara bahasa Inggris: 17) Tanggal lahir: 18) Perujuk: Nyonya Elizabeth. Perusahaan pinjaman Elizabeth Email: elizabethchristopherloan@gmail.com Terima kasih,

    in: September 18, 2017 at: 4:29 pm

  • ELIZABETH CHRISTOPHER [ ] said:


    Halo, Apakah Anda memerlukan pinjaman mendesak atau Anda butuh uang untuk membayar hutang, membeli peralatan dan menyelesaikan kesulitan keuangan ,? Sudahkah anda ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Jangan khawatir lagi karena di sini ada perusahaan pinjaman yang sah yang dikenal dengan pinjaman ELIZABETH KRISTOPHER dimana pinjaman dibuat mudah bagi individu dan badan hukum yang memenuhi syarat dengan tingkat bunga 2% saja, juga kami perhatikan bahwa ada banyak penipu di sini sehingga kami memutuskan untuk datang Dengan strategi baru dengan menunjukkan casing ini kepada pelanggan kami yang mendapat pinjaman dari perusahaan ini sebelum mendapat kesempatan untuk $ 6000 jika dia menunjuk hingga lima orang ke perusahaan ini. CATATAN: harga ini untuk dua orang pertama yang merujuk pelanggan baru kepada kami. sekali lagi terima kasih untuk patronase anda hubungi kami hari ini via email: elizabethchristopherloan@gmail.com DATA PEMOHON 1) Nama Lengkap: 2) Negara: 3) Alamat: 4) Negara: 5) Jenis Kelamin: 6) Status Perkawinan: 7) Pekerjaan: 8) Nomor Telepon: 9) Posisi saat bekerja: 10) Pendapatan bulanan: 11) Jumlah Pinjaman yang Dibutuhkan: 12) Durasi Pinjaman: 13) Tujuan Pinjaman: 14) Agama: 15) Sudahkah kamu mendaftar dulu? 16) Apakah Anda berbicara bahasa Inggris: 17) Tanggal lahir: 18) Perujuk: Nyonya Elizabeth. Perusahaan pinjaman Elizabeth Email: elizabethchristopherloan@gmail.com Terima kasih,

    in: September 18, 2017 at: 4:30 pm

Leave a Comment

Coming Soon!
Residential Project Gallery

 

 

Facebook Fans Page

 

 

Latest Comments
Browse by Category

 

 

Web Statistic
  • Total visitors: 285,886
  • Visitors today: 169
  • Visitors yesterday: 201
  • Currently online: 3
  • Total page views: 1,571,762
  • Page views of this page: 4,935
  • counter

 

 

Video Projects