08

DES  2016

Rumah Kos

By: Andy Rahman. A, ST. (andyrahman architect)
Posted On. 2016-12-08

1. Rumah Kos Pasuruan.JPG

Pendekatan tiga unsur: Klien-Pengguna-Lingkungan Urban

Rumah Kos, memang bukan jenis bangunan baru, tetapi dalam desainnya membutuhkan sentuhan dan pendekatan yang baru, mengingat saat ini perkembangan bangunan di kota (kawasan urban) meningkat pesat, dan sebagian besar hanya mengejar profit semata tanpa memperhatikan kenyamanan/kesehatan penghuni serta tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya. Dalam kondisi yang demikian, arsitek perlu mendefinisikan ulang pendekatan yang dipakainya ketika merancang rumah kos.

Andy Rahman Architect telah merancang beberapa rumah kos, yang pada awalnya dianggap sebagai bangunan fungsional yang sama seperti lainnya. Namun, setelah melakukan pengamatan yang lebih mendalam pada kondisi rumah-rumah kos yang ada di Surabaya Timur, pada akhirnya menemukan bahwa rumah kos, yang merupakan bangunan yang disewakan (bersifat profitable), banyak yang dirancang secara asal-asalan dan tidak memperhatikan kenyamanan penghuni/penyewa yang juga membutuhkan ruang bersama dan kamar dengan standar kesehatan yang memadai.

Maka dari itulah, Andy Rahman merancang rumah-rumah kos dengan pendekatan tiga unsur, yaitu: klien, pengguna dan lingkungan urban. Masing-masing unsur memiliki parameter tersendiri untuk menjadikan sebuah rumah kos yang layak investasi bagi klien, humanis dan sehat bagi penghuni dan sekaligus memberi sumbangan pada lingkungan tempatnya berada. Parameter-parameter ini tidak berdiri sendiri, satu sama lain saling terkait membentuk sebuah jaringan yang saling mendukung.

 

10. Rumah Kos Pontianak

Bagi Klien

Klien, dalam membangun rumah kos, tentunya tidak lepas dari pertimbangan profit (keuntungan), karena membangun rumah kos merupakan investasi yang diharapkan segera menghasilkan keuntungan. Oleh sebab itu, Andy Rahman juga memperhatikan keinginan klien yang pasti menginginkan biaya pembangunan (budget) yang serendah mungkin. Serendah mungkin di sini maksudnya bukan asal murah saja, tetapi murah yang tetap optimal, yang tetap bisa menampilkan performance rumah kos yang layak dan bagus baik secara arsitektural, kultural maupun sosial.

 - Low Budget Low Maintenance

Untuk menekan anggaran atau budget, maka harus mencari cara agar dengan budget yang terbatas itu tetap bisa menampilkan sebuah bentukan arsitektur yang layak dan tetap berciri masa kini, serta mudah dan murah dalam pemeliharaannya. Ini yang kadang-kadang dilupakan oleh arsitek, jika harga murah berakibat mahalnya maintenance ya akhirnya sama saja, tetap membebani klien dengan biaya pemeliharaan berkala.

Maka, dalam rumah-rumah kos ini rata-rata dihadirkan tampilan yang unfinished, seperti penggunaan semen plester, semen aci dan semen roll, juga bata ringan ekspos atau bata merah ekspos, sehingga secara umum bisa memberikan solusi: low budget, low maintenance.

 - Material Recycle

Untuk mendukung low budget low maintenance, Andy Rahman juga menggunakan material recycle (daur-ulang) seperti  kayu-kayu bekas peti kemas untuk perabot, penyelesaian interior dan juga daun-daun pintu pada rumah-rumah kos ini. Dengan penggunaan material jenis ini, tentunya harga bisa ditekan agar lebih rendah, sekaligus memberikan kesadaran lingkungan, yakni mendaur ulang kembali material-material murah yang melimpah di sekitar kita.

 - Hemat Energi

Dengan penyelesaian unfinished, penggunaan material recycle tersebut, serta pencahayaan dan penghawaan alami yang baik, jelas akan menghemat energi dan sumberdaya yang digunakan dalam bangunan rumah kos, utamanya adalah listrik.

Di sini bukan berarti tanpa AC sama sekali, karena di lingkungan urban penggunaan AC menjadi hal yang tak terelakkan. Ruangan kamar dirancang sedemikian rupa dengan dukungan penghawaan dan pencahayaan alamiah juga agar penggunaan AC (dan juga lampu penerangan) bisa lebih hemat dan optimal.

 

19. Rumah Kos Rungkut Surabaya

Bagi Pengguna/Penghuni

Dalam desain rumah-rumah kos, penghuni menjadi prioritas utama bagi Andy Rahman, karena merekalah yang menjadi user (pengguna) yang sebenarnya dari rumah-rumah kos ini, yang sehari-hari menempati dan memanfaatkannya. Maka desain rumah kos sangat memperhatikan kebutuhan para penghuni tersebut.

Para penghuni kos adalah manusia juga, yang selain sebagai makhluk individu juga sebagai makhluk sosial, maka diberi ruang juga untuk memenuhi kebutuhan sosial mereka. Penghuni kos biasanya juga menyewa kamar dalam jangka waktu yang lama, sehingga faktor kesehatan dan kelayakan juga menjadi pertimbangan.

 - Ruang Komunal

Rumah-rumah kos ini memiliki communal space (ruang komunal) sebagai ruang bersama, tempat para penghuni kos bisa saling bersosialisasi dan saling berinteraksi satu sama lain. Suasana kekeluargaan dan empati sosial bisa terbangun dengan adanya communal space ini, hubungan antar penghuni bisa menjadi lebih akrab dan hangat.

Untuk memberikan ruang komunal ini, Andy Rahman harus meyakinkan klien bahwa tidak masalah untuk “mengorbankan” ruang (yang mestinya bisa untuk kamar) untuk dijadikan ruang komunal. Karena toh nanti bisa dikonversi dengan harga kamar juga, dan ruang komunal ternyata menjadi fasilitas yang menjadi daya tarik bagi pengguna untuk menyewa kamar di tempat ini.

 - Pencahayaan dan Penghawaan yang baik

Rumah-rumah kos ini merupakan tempat kos yang sehat dan nyaman, yang sangat memperhatikan penghawaan dan pencahayaan bagi ruang-ruang di dalamnya. Andy Rahman memaksimalkan bukaan untuk rumah kos yang dirancangnya, untuk mempermudah aliran udara dan pencahayaan yang lebih optimal.

Tidak heran jika selalu ada “celah” yang dirancang oleh Andy Rahman untuk memasukkan udara dan cahaya, agar rumah kos tetap terjaga hubungannya dengan ruang luar (tidak terkungkung/pengap).

 - Sirkulasi dan Parkir

Sirkulasi pengguna  dan kendaraan juga diperhatikan, agar mereka bisa leluasa bergerak dan beraktivitas di luar kamar. Misalnya saja koridor, yang disesuaikan dengan pola pergerakan penghuni.

Yang tak kalah penting adalah penyediaan parkir kendaraan (baik kendaraan roda 4 maupun roda 2) dan keamanannya. Hal ini tentunya juga menjadi pertimbangan pengguna, mereka pasti mencari rumah kos yang menyediakan parkir yang layak dan aman bagi kendaraan mereka.

 

28. Rumah Kos Keputih Jilid 3

Bagi Lingkungan Urban

Dalam merancang rumah kos, Andy Rahman juga memperhatikan aspek-aspek lokal di mana bangunan berada. Sehingga rumah kos tidak hanya sebagai bangunan fungsional saja, tetapi juga memperhatikan tradisi setempat, sehingga juga memiliki dan memancarkan ciri lokal atau bahkan ciri budaya yang khas dalam tampilan desainnya.

 - Isu/Budaya Lokal

Dalam mendesain rumah kos, harus melihat apa yang menjadi keunggulan lokal di daerah tersebut. Misalnya saja untuk rumah kos di Pontianak, memakai ragam hias khas Pontianak yang di-stilisasi menjadi ragam hias baru yang lebih kontemporer, dengan memanfaatkan bata ringan yang dipotong untuk memberikan efek ragam hias.

 - Material Lokal

Dalam merencanakan rumah kos, sebisa mungkin juga menggunakan material yang banyak tersedia di lokasi, sehingga tidak perlu mencari bahan yang sulit dicari (yang harganya otomatis juga lebih mahal). Misalnya untuk Rumah Kos Keputih Jilid 3, yang pada bagian depannya diberi permainan bata ekspos. Bata merah merupakan material lokal yang mudah didapat, selain juga ikut melestarikan tradisi ketukangan lokal dalam menata bata-bata ekspos tersebut.

 - Sumbangan pada Lingkungan

Andy Rahman tidak berusaha memenuhi lahan/site dengan bangunan, tetapi selalu menyisakan tanah untuk bernapas dan sekaligus penghijauan, seperti di Rumah Kos Pontianak, Pasuruan dan Rumah Kos Rungkut. Memberi sumbangan kepada lingkungan urban agar masih ada tempat untuk resapan air ke dalam tanah.

Atau jika hal itu memang tak mungkin dilakukan karena keterbatasan lahan, paling tidak masih berusaha memberikan suasana hijau dan alami di dalam bangunan, seperti di Rumah Kos Keputih Jilid 3 serta Rumah Kos Keputih Jilid 4 & 5.

 

34. Rumah Kos Keputih Jilid 4 dan 5

“Rumah Kos mestinya tidak hanya mengejar profit atau kuantitas kamar saja, tetapi juga harus memperhatikan kenyamanan dan kesehatan baik fisik maupun psikologis bagi penghuninya, serta menjaga kualitas sosial dan peka terhadap lingkungan sebagai bagian dari tanggungjawab desain.”

 

Tahun Perencanaan: 2015-2016

Arsitek Prinsipal: Andy Rahman. A, ST. IAI
Arsitek: Muchammad Ubay, ST, Fathoni, ST dan Reni Dwi Rahayu, ST
Teks: Anas Hidayat


  • 1. Rumah Kos Pasuruan.JPG

    1. Rumah Kos Pasuruan.JPG

  • 2. Ruang Tamu Rumah Kos Pasuruan

    2. Ruang Tamu Rumah Kos Pasuruan

  • 3. Ruang Komunal Rumah Kos Pasuruan

    3. Ruang Komunal Rumah Kos Pasuruan

  • 4. Dapur dan Pantry Rumah Kos Pasuruan

    4. Dapur dan Pantry Rumah Kos Pasuruan

  • 5. Kamar Kos Pasuruan View 1

    5. Kamar Kos Pasuruan View 1

  • 6. Kamar Kos Pasuruan View 2

    6. Kamar Kos Pasuruan View 2

  • 7. Denah Lantai 1 Rumah Kos Pasuruan

    7. Denah Lantai 1 Rumah Kos Pasuruan

  • 8. Denah Lantai 2 Rumah Kos Pasuruan

    8. Denah Lantai 2 Rumah Kos Pasuruan

  • 9. Denah Lantai 3 Rumah Kos Pasuruan

    9. Denah Lantai 3 Rumah Kos Pasuruan

  • 10. Rumah Kos Pontianak

    10. Rumah Kos Pontianak

  • 11. Ruang Tamu Rumah Kos Pontianak

    11. Ruang Tamu Rumah Kos Pontianak

  • 12. Ruang makan dan Ruang Komunal Rumah Kos Pontianak

    12. Ruang makan dan Ruang Komunal Rumah Kos Pontianak

  • 13. Kamar Kos Pontianak View 1

    13. Kamar Kos Pontianak View 1

  • 14. Kamar Kos Pasuruan View 2

    14. Kamar Kos Pasuruan View 2

  • 15. Denah Lantai 1 Rumah Kos Pontianak

    15. Denah Lantai 1 Rumah Kos Pontianak

  • 16. Denah Lantai 2 Rumah Kos Pontianak

    16. Denah Lantai 2 Rumah Kos Pontianak

  • 17. Denah Lantai 3 Rumah Kos Pontianak

    17. Denah Lantai 3 Rumah Kos Pontianak

  • 18. Denah Lantai 4 Rumah Kos Pontianak

    18. Denah Lantai 4 Rumah Kos Pontianak

  • 19. Rumah Kos Rungkut Surabaya

    19. Rumah Kos Rungkut Surabaya

  • 20. Ruang Tamu Rumah Kos Rungkut Surabaya

    20. Ruang Tamu Rumah Kos Rungkut Surabaya

  • 21. Area Komunal Rumah Kos Rungkut Surabaya Lantai 1

    21. Area Komunal Rumah Kos Rungkut Surabaya Lantai 1

  • 22. Area Komunal dan Pantry Rumah Kos Rungkut Surabaya Lantai 1

    22. Area Komunal dan Pantry Rumah Kos Rungkut Surabaya Lantai 1

  • 23. Area Komunal Rumah Kos Rungkut Surabaya Lantai 2

    23. Area Komunal Rumah Kos Rungkut Surabaya Lantai 2

  • 24. Kamar Kos Rungkut Surabaya View 1

    24. Kamar Kos Rungkut Surabaya View 1

  • 25. Kamar Kos Rungkut Surabaya View 2

    25. Kamar Kos Rungkut Surabaya View 2

  • 26. Denah lantai 1 Rumah Kos Rungkut Surabaya

    26. Denah lantai 1 Rumah Kos Rungkut Surabaya

  • 27. Denah Lantai 2 Rumah Kos Rungkut Surabaya

    27. Denah Lantai 2 Rumah Kos Rungkut Surabaya

  • 28. Rumah Kos Keputih Jilid 3

    28. Rumah Kos Keputih Jilid 3

  • 29. Ruang makan dan Komunal Rumah Kos Keputih Jilid 3

    29. Ruang makan dan Komunal Rumah Kos Keputih Jilid 3

  • 30. Kamar Kos Keputih Jilid 3 View 1

    30. Kamar Kos Keputih Jilid 3 View 1

  • 31. Kamar Kos Keputih Jilid 3 View 2

    31. Kamar Kos Keputih Jilid 3 View 2

  • 32. Denah Lantai 1 Rumah Kos Keputih Jilid 3

    32. Denah Lantai 1 Rumah Kos Keputih Jilid 3

  • 33. Denah Lantai 2 Rumah Kos Keputih Jilid 3

    33. Denah Lantai 2 Rumah Kos Keputih Jilid 3

  • 34. Rumah Kos Keputih Jilid 4 dan 5

    34. Rumah Kos Keputih Jilid 4 dan 5

  • 35. Cafe dan Ruang Komunal Rumah Kos Keputih Jilid 4

    35. Cafe dan Ruang Komunal Rumah Kos Keputih Jilid 4

  • 36. Ruang Komunal Rumah Kos Jilid 5

    36. Ruang Komunal Rumah Kos Jilid 5

  • 37. Kamar Kost Jilid 4 dan 5 View 1

    37. Kamar Kost Jilid 4 dan 5 View 1

  • 38. Kamar Kos Jilid 4 dan 5 View 2

    38. Kamar Kos Jilid 4 dan 5 View 2

  • 39. Denah Lantai 1 Rumah Kos Keputih Jilid 4 dan 5

    39. Denah Lantai 1 Rumah Kos Keputih Jilid 4 dan 5

  • 40. Denah Lantai 2 Rumah Keputih Jilid 4 dan 5

    40. Denah Lantai 2 Rumah Keputih Jilid 4 dan 5

  • 41. Denah Lantai 3 Rumah Kos Keputih Jilid 4 dan 5

    41. Denah Lantai 3 Rumah Kos Keputih Jilid 4 dan 5



* Location to be used only as a reference. It could indicate city/country but not exact address.

Related Articles:

You might also like:

  • Simokerto Elementary School

    Simokerto Elementary School

  • Nusantara Traisser Office

    Nusantara Traisser Office

  • andyrahman architect Office

    andyrahman architect Office

  • Masjid Assamawaat

    Masjid Assamawaat


  • karen mark [ ] said:


    Kami siap membantu orang yang membutuhkan pinjaman pada tingkat bunga rendah. Aku Karen Mark, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui perusahaan pinjaman oleh kerajaan Inggris untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank. Tidak memerlukan banyak dokumen. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: karenmarkfinancialloancompany@gmail.com Kami akan memberikan kami yang terbaik.

    in: March 2, 2017 at: 7:39 am

  • karen mark [ ] said:


    Kami siap membantu orang yang membutuhkan pinjaman pada tingkat bunga rendah. Aku Karen Mark, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui perusahaan pinjaman oleh kerajaan Inggris untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank. Tidak memerlukan banyak dokumen. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: karenmarkfinancialloancompany@gmail.com Kami akan memberikan kami yang terbaik.

    in: March 2, 2017 at: 10:26 am

  • olivia phillips [ ] said:


    Halo semua, saya MRS OLIVIA PHILLIPS Anda memiliki pinjaman mendesak? Apakah Anda perlu sebuah proyek pinjaman? Membeli rumah atau mobil? Untuk membayar utang? "Investasi Kredit" penawaran Anda memiliki kesulitan keuangan? Mereka telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu? Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%. kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !! Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin pengobatan segera Dalam waktu 24 jam tanpa biaya atau beban perusahaan saya membutuhkan pinjaman mendesak. Hubungi: oliviaphillipsloancompany@gmail.com Terima kasih telah memilih kami....

    in: March 22, 2017 at: 6:31 pm

  • olivia phillips [ ] said:


    Halo semua, saya MRS OLIVIA PHILLIPS Anda memiliki pinjaman mendesak? Apakah Anda perlu sebuah proyek pinjaman? Membeli rumah atau mobil? Untuk membayar utang? "Investasi Kredit" penawaran Anda memiliki kesulitan keuangan? Mereka telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu? Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%. kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !! Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin pengobatan segera Dalam waktu 24 jam tanpa biaya atau beban perusahaan saya membutuhkan pinjaman mendesak. Hubungi: oliviaphillipsloancompany@gmail.com Terima kasih telah memilih kami....

    in: March 22, 2017 at: 6:31 pm

  • olivia phillips [ ] said:


    Halo semua, saya MRS OLIVIA PHILLIPS Anda memiliki pinjaman mendesak? Apakah Anda perlu sebuah proyek pinjaman? Membeli rumah atau mobil? Untuk membayar utang? "Investasi Kredit" penawaran Anda memiliki kesulitan keuangan? Mereka telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu? Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%. kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !! Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin pengobatan segera Dalam waktu 24 jam tanpa biaya atau beban perusahaan saya membutuhkan pinjaman mendesak. Hubungi: oliviaphillipsloancompany@gmail.com Terima kasih telah memilih kami....

    in: March 22, 2017 at: 6:31 pm

  • olivia phillips [ ] said:


    Halo semua, saya MRS OLIVIA PHILLIPS Anda memiliki pinjaman mendesak? Apakah Anda perlu sebuah proyek pinjaman? Membeli rumah atau mobil? Untuk membayar utang? "Investasi Kredit" penawaran Anda memiliki kesulitan keuangan? Mereka telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu? Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%. kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !! Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin pengobatan segera Dalam waktu 24 jam tanpa biaya atau beban perusahaan saya membutuhkan pinjaman mendesak. Hubungi: oliviaphillipsloancompany@gmail.com Terima kasih telah memilih kami....

    in: March 22, 2017 at: 6:31 pm

  • olivia phillips [ ] said:


    Halo semua, saya MRS OLIVIA PHILLIPS Anda memiliki pinjaman mendesak? Apakah Anda perlu sebuah proyek pinjaman? Membeli rumah atau mobil? Untuk membayar utang? "Investasi Kredit" penawaran Anda memiliki kesulitan keuangan? Mereka telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu? Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%. kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !! Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin pengobatan segera Dalam waktu 24 jam tanpa biaya atau beban perusahaan saya membutuhkan pinjaman mendesak. Hubungi: oliviaphillipsloancompany@gmail.com Terima kasih telah memilih kami....

    in: March 22, 2017 at: 6:31 pm

  • olivia phillips [ ] said:


    Halo semua, saya MRS OLIVIA PHILLIPS Anda memiliki pinjaman mendesak? Apakah Anda perlu sebuah proyek pinjaman? Membeli rumah atau mobil? Untuk membayar utang? "Investasi Kredit" penawaran Anda memiliki kesulitan keuangan? Mereka telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu? Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%. kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !! Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin pengobatan segera Dalam waktu 24 jam tanpa biaya atau beban perusahaan saya membutuhkan pinjaman mendesak. Hubungi: oliviaphillipsloancompany@gmail.com Terima kasih telah memilih kami....

    in: March 22, 2017 at: 6:31 pm

  • olivia phillips [ ] said:


    Halo semua, saya MRS OLIVIA PHILLIPS Anda memiliki pinjaman mendesak? Apakah Anda perlu sebuah proyek pinjaman? Membeli rumah atau mobil? Untuk membayar utang? "Investasi Kredit" penawaran Anda memiliki kesulitan keuangan? Mereka telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu? Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%. kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !! Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin pengobatan segera Dalam waktu 24 jam tanpa biaya atau beban perusahaan saya membutuhkan pinjaman mendesak. Hubungi: oliviaphillipsloancompany@gmail.com Terima kasih telah memilih kami....

    in: March 22, 2017 at: 6:31 pm

  • olivia phillips [ ] said:


    Halo semua, saya MRS OLIVIA PHILLIPS Anda memiliki pinjaman mendesak? Apakah Anda perlu sebuah proyek pinjaman? Membeli rumah atau mobil? Untuk membayar utang? "Investasi Kredit" penawaran Anda memiliki kesulitan keuangan? Mereka telah ditolak oleh bank dan ditipu oleh penipu? Kami menawarkan pinjaman pada tingkat bunga 2%. kami di sini untuk membuat masalah Anda sesuatu dari masa lalu !! Silahkan email kami sekaligus, kami menjamin pengobatan segera Dalam waktu 24 jam tanpa biaya atau beban perusahaan saya membutuhkan pinjaman mendesak. Hubungi: oliviaphillipsloancompany@gmail.com Terima kasih telah memilih kami....

    in: March 22, 2017 at: 6:35 pm

Leave a Comment

Coming Soon!
Residential Project Gallery

 

 

Facebook Fans Page

 

 

Latest Comments
Browse by Category

 

 

Web Statistic
  • Total visitors: 254,934
  • Visitors today: 87
  • Visitors yesterday: 148
  • Currently online: 2
  • Total page views: 1,420,415
  • Page views of this page: 4,445
  • counter

 

 

Video Projects