08

FEB  2017

Masjid Assamawaat

By: Andy Rahman. A, ST. (andyrahman architect)
Posted On. 2017-02-08

19. Normal Eye View Malam

Masjid yang terletak di desa Kohod, Tanjung Burung - Tangerang ini merupakan masjid yang dimiliki oleh Majelis Zikir Assamawaat. Majelis ini sudah memiliki lahan yang lokasinya berada di tengah-tengah tambak, rencananya masjid ini dibangun di atas hamparan air yang luas itu.

            Pihak Majelis pada awalnya sudah punya konsep segidelapan, dan ingin agar konsep itu diterapkan dalam desain. Namun, konsep ini diterjemahkan tidak secara literal,  dibuat secara lebih konseptual dan kontekstual. Karena jika dipahami secara literal, bentuk segidelapan tentunya kurang optimal dalam pemanfaatan ruang, akan ada ruang-ruang sisa yang “terbuang”.

 

18. Normal Eye View

Tanpa Kubah

Masjid Assamawaat direncanakan dibuat tanpa kubah. Seperti kita ketahui, kubah menjadi ciri masjid di dunia yang paling dikenal dan paling populer. Meskipun demikian, kubah bukanlah sesuatu yang wajib ada.  Justru orientasinya ke arah qiblat yang menjadi syarat wajib sebuah Masjid. Ada beberapa contoh masjid yang tidak memakai kubah, seperti masjid Assyafah di Singapura dan Masjid Faisal di Pakistan, di Indonesia ada Masjid Salman ITB dan Masjid Al-Irsyad di Bandung.

Menurut seorang pemikir Islam bernama Ismail Serageldin (1990), ada 5 pendekatan dalam perancangan arsitektur Masjid, yaitu: Pendekatan Popular/Vernacular, Pendekatan Traditional, Pendekatan Populist, Pendekatan Adaptive Modern, dan pendekatan Modernist.

Dalam pendekatan popular/vernacular, masjid yang memang dibuat oleh para pembangun lokal (traditional builder), contohnya Masjid Yaama di Niger dan Masjid Niono di Mali. Pendekatan traditionalist, dibuat oleh arsitek dengan menggunakan kaidah arsitektur tradisional, termasuk teknik dan proporsinya, seperti masjid di New Gourna, Mesir oleh Hassan Fathy. Pendekatan populist, ketika kita menemui masjid yang kelihatannya ada semantic disorder (ketidakteraturan makna), tetapi tak masalah bagi penggunanya, contohnya Masjid Bhong di Pakistan. Pendekatan adaptive modern, masjid modern sebagai gema dari bentukan tradisional, contohnya Masjid Said Naum, Jakarta. Pendekatan modernist yaitu memisahkan diri dari yang tradisional, misalnya Sherefudin’s White Mosque di Visoko, Bosnia-Herzegovina.

            Masjid Assamawaat ini memakai pendekatan Modernist, dalam arti ingin membuat pemisahan dari yang tradisional (tajug atau kubah). Bentuknya berupa kotak yang ambigu. Pertama, kotak sebagai bentukan platonic solid yang simple dan fungsional. Kedua, kotak sebagai analogi Ka’bah yang memang juga berbentuk kotak/kubus.

 

17. Bird Eye View

Perlambang Ka’bah

Bentuk masjid menggunakan analogi Ka’bah, karena Majelis Zikir Assamawaat ini juga menggunakan lambang Ka’bah, maka elemen inilah yang dieksplor lebih jauh. Agar kesan Islami menjadi lebih kuat, maka bagian sisi luar façade bangunan masjid dihias dengan ornamen arabes (arabesque) yang berciri Islam. Jadi, tradisi islam sebetulnya bukan hanya pada penggunaan kubah, tetapi di sini lebih ditekankan pada ornamennya yang menghiasi bidang-bidang façade masjid.

            Bagian Mihrab masjid didesain terbuka dan pada orientasi qiblat diberi bentukan Ka’bah yang diperkecil, tetapi dengan proporsi seperti aslinya. Ka’bah kecil sebagai orientasi qiblat ini diletakkan di atas kolam di sisi barat masjid. Ka’bah kecil ini posisinya dibuat agak miring sehingga jama’ah bisa melihat miniatur Ka’bah secara perspektif dan lebih terasa efek tiga dimensinya, sehingga semakin membuat para jamaah menjadi lebih khusyu’ dalam beribadah. Ini juga merupakan TOR spesifik dari majelis bahwa di mihrab harus ada gambar Ka’bah, dan di sini justru diwujudkan secara tiga dimensional.

 

20. Normal Eye View

Jalan Thawaf: Keseimbangan Ritual-Sosial

Masjid merupakan pusat kegiatan spiritual dengan ritual ibadah yang dilakukan di dalamnya. Namun, masjid juga punya fungsi sosial, yakni menjadi tempat orang-orang sekitar untuk berinteraksi. Untuk memperkuat sisi sosial ini, maka di sekeliling masjid diberi jalan memutar yang melingkari masjid. Jalan ini berupa cor-coran beton denga lebar sekitar 4 meter.

Sebenarnya, ide ini juga berasal dari Ka’bah di Masjidil Haram, yang dikelilingi umat Islam yang ber-thawaf ketika melakukan Haji/Umrah.  Ada unsur ambigu juga, antara terinspirasi thawaf dan juga sebagai jalan setapak keliling. Kedua fungsi itu bisa berjalan beriringan. Bahwa berada di sekeliling masjid mau tidak mau pasti berada dalam jangkauan aura Masjid itu sendiri. Jadi, ketika berfungsi sebagai elemen sosial, tempat rekreasi, melihat-lihat pemandangan, memancing, bermain dan lain-lain, tetap berada dalam jangkauan ibadah di Masjid.

Minaret (menara) masjid Assamawaat menjadi unsur vertikal sebagai penanda keberadaan masjid. Di menara ini terdapat lubag-lubang jendela dengan interval yang disesuaikan dengan jumah rekaat sholat, yakni 2 meter, 4 meter, 4 meter, 3 meter dan 4 meter. Posisi menara diatur sedemikian rupa sehingga terlihat lebih menyatu dengan masjid.

 

21. Interior Masjid Assamawaat

Fleksibilitas Ruang Mikro-Makro

Hubungan ruang mikro (di dalam dan sekitar masjid) dan ruang makro (di luar masjid) menjadi lebih erat dengan bukaan lebar ke arah timur. Ketika Majelis Zikir Assamawaat mengadakan acara yang besar, maka area masjid ini bisa menjadi luas, bahkan bisa sampai ke area taman yang ada di depannya.

Lantai ruang utama memakai lantai kayu jati, yang memang sudah dimiliki oleh pihak majelis. Sedangkan decking serambi menggunakan kayu ulin. Ruang dalam masjid ini tidak menggunakan air conditioner (AC), karena lokasinya yang terbuka dan ada banyak air di sekelilingnya sebagai natural cooling. Tempat wudlu wanita diposisikan di sebelah kiri, sedangkan tempat wudlu laki-laki di sebelah kanan, ini dimaksud agar tempat wudlu tidak mengganggu terwujudnya ruang mikro-makro dari masjid ini.

 

 

Bibliografi

Serageldin, Ismail (1990) Contemporary Expression of Islam in Buildings: The Religious and The Secular dalam Proceeding of International Seminar sponsored by The Aga Khan Award for Architecture and The Indonesian Institut of Architects, Jakarta and Yogyakarta, 15 – 19 October 1990

 

Nama Proyek: Masjid Assamawaat

Lokasi Proyek: Desa Kohod Tanjung Burung, Tangerang Selatan
Luas Tanah/Bangunan: 10.000/1.550 m2
Tahun Perencanaan: 2016
Arsitek Prinsipal: Andy Rahman. A, ST. IAI
Arsitek: Imam Prasetyo, ST
Desainer Interior: Yan Saniscara
Teks: Anas Hidayat, ST, MT


  • 1. Lokasi

    1. Lokasi

  • 2. Foto Existing

    2. Foto Existing

  • 3. Referensi Masjid Modern

    3. Referensi Masjid Modern

  • 4. Site

    4. Site

  • 5. Konsep Denah

    5. Konsep Denah

  • 6. Konsep Denah

    6. Konsep Denah

  • 7. Konsep Bentuk

    7. Konsep Bentuk

  • 8. Posisi Bangunan Pada Site

    8. Posisi Bangunan Pada Site

  • 9. Layout Plan

    9. Layout Plan

  • 10. Denah

    10. Denah

  • 11. Tampak Timur

    11. Tampak Timur

  • 12. Tampak Barat

    12. Tampak Barat

  • 13. Tampak Utara

    13. Tampak Utara

  • 14. Tampak Selatan

    14. Tampak Selatan

  • 15. Potongan AA

    15. Potongan AA

  • 16. Potongan BB

    16. Potongan BB

  • 17. Bird Eye View

    17. Bird Eye View

  • 18. Normal Eye View

    18. Normal Eye View

  • 19. Normal Eye View Malam

    19. Normal Eye View Malam

  • 20. Normal Eye View

    20. Normal Eye View

  • 21. Interior Masjid Assamawaat

    21. Interior Masjid Assamawaat



* Location to be used only as a reference. It could indicate city/country but not exact address.

Related Articles:

You might also like:

  • Mud Victims Workshop

    Mud Victims Workshop

  • Folded Showroom

    Folded Showroom

  • Rumah Kos

    Rumah Kos

  • andyrahman architect Office

    andyrahman architect Office


  • stella williams [ ] said:


    Apakah Anda membutuhkan Pinjaman 100%? Melunasi hutang, memulai bisnis baru atau dorongan finansial? Kami memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional dan bagi mereka yang dapat membayar kembali pinjaman tersebut, dengan tingkat 2%. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami via e-mail (stellawilliamsfinancialservice@gmail.com)

    in: January 3, 2018 at: 9:56 am

  • stella williams [ ] said:


    Apakah Anda membutuhkan Pinjaman 100%? Melunasi hutang, memulai bisnis baru atau dorongan finansial? Kami memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional dan bagi mereka yang dapat membayar kembali pinjaman tersebut, dengan tingkat 2%. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami via e-mail (stellawilliamsfinancialservice@gmail.com)

    in: January 6, 2018 at: 6:01 am

  • stella williams [ ] said:


    Apakah Anda membutuhkan Pinjaman 100%? Melunasi hutang, memulai bisnis baru atau dorongan finansial? Kami memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional dan bagi mereka yang dapat membayar kembali pinjaman tersebut, dengan tingkat 2%. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami via e-mail (stellawilliamsfinancialservice@gmail.com)

    in: January 6, 2018 at: 1:54 pm

  • Annisa Ahmad [ ] said:


    Halo Assalamu`alaikum `Selamat Datang di ANNISA AHMAD LOAN COMPANY Apakah Anda seorang investor, Pemilik Bisnis, Pengusaha, Kontraktor, Petani, Memulai e.t.c? Mungkin Anda membutuhkan dana yang baik dan aman untuk membeli properti, memperbaiki / membalikkan, memperbaiki layanan / bangunan Anda mencari tempat yang dapat menjamin Anda meminjamkan salah satu dari jumlah yang Anda butuhkan untuk menghubungi e-mail: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} adalah Disini untuk membantu mereka yang membutuhkan tujuan arsip keuangan mereka, kami berinvestasi di properti, proyek / bisnis dan juga memberikan 100% penawaran untuk semua jenis pinjaman berbunga rendah. Tarif, kepada orang-orang yang tertarik dari negara manapun dengan tingkat kredit apakah Anda ditolak oleh bank lain atau kreditur? Kami dapat menawarkan pinjaman yang Anda butuhkan dengan harga yang terjangkau sehingga pekerja bisnis, pria dan wanita, pekerja kantor, pengangkut, inilah kesempatan Anda untuk berinvestasi atas apa yang telah Anda rencanakan di sini adalah pinjaman untuk Anda dan investasikan dengannya, kami juga membutuhkan Layanan dari Pialang yang bisa merujuk orang yang membutuhkan bantuan keuangan dan kami membayar setiap bulan untuk layanan Anda menghubungi kami melalui e-mail di bawah ini jika Anda tertarik dengan pinjaman atau persyaratan. Investor Email: {annisaahmadlaoncompany@gmail.com} Anda juga bisa menghubungi kami dengan cara BBM pin (DB5121C1) kejujuran kepercayaan dalam pelayanan kami Assalamu`alaikum wr wb,

    in: January 13, 2018 at: 4:40 pm

  • stella williams [ ] said:


    Apakah Anda membutuhkan Pinjaman 100%? Melunasi hutang, memulai bisnis baru atau dorongan finansial? Kami memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional dan bagi mereka yang dapat membayar kembali pinjaman tersebut, dengan tingkat 2%. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi kami via e-mail (stellawilliamsfinancialservice@gmail.com)

    in: January 15, 2018 at: 11:31 am

  • hendidi [ ] said:


    CERITA SUKSESKU Assalamuuji senang tahun baru 2018, Lembaga keuangan tradisional seperti bank (BRI, BCA, Mandiri) meminjamkan secara eksklusif kepada peminjam dengan nilai kredit tinggi yang dihasilkan oleh bank dan perusahaan pinjaman. Antara lain, skor ini dihasilkan setelah mengevaluasi pinjaman peminjam, termasuk kartu kredit. Sebagian besar bank hanya meminjamkan kepada peminjam dengan nilai kredit tinggi. Ini meninggalkan sebagian besar orang yang tidak memiliki nilai kredit tinggi atau kadang-kadang, tidak ada sejarah kredit. Inilah celah yang ingin dipinjamkan oleh perusahaan pinjaman AASIMAHA ADILA untuk semua orang. Saya ingin memulai dengan mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang maha kuasa yang membuat 2017 saya hebat dengan bantuan dari ibu saudi arabia perusahaan pinjaman AASIMAHA ADILA yang memiliki hati yang besar untuk tolong saya dan banyak orang di daerah saya Saya sangat senang untuk mengatakan bahwa saya telah berhasil mengembalikan pinjaman sebesar Rp 853 juta yang dipinjam oleh ibu mertua muslim beberapa tahun lalu. Terima kasih kepada ibu muslim yang memberi saya kesempatan apel untuk meminjam saya tanpa rasa takut atau tekanan dari ibu perusahaan. teman saya indonesia, saya ingin memberi tahu Anda bahwa perusahaan pinjaman saudi arabia dapat memberi Anda modal investasi yang besar sebagai dana amal untuk membantu Anda memulai bisnis dengan tingkat bunga pinjaman 1% dari pinjaman tanpa jaminan. terima kasih saya akan menasihati Anda jika Anda menginginkan pinjaman dan Anda ingin mengubah situasi keuangan Anda dengan cepat mengajukan permohonan dan menghubungi perusahaan induk pinjaman saudi arabia AASIMAHA ADILA di (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) untuk info detail email saya adalah hendidi01@gmail.com

    in: January 17, 2018 at: 12:52 pm

  • hendidi [ ] said:


    CERITA SUKSESKU Assalamuuji senang tahun baru 2018, Lembaga keuangan tradisional seperti bank (BRI, BCA, Mandiri) meminjamkan secara eksklusif kepada peminjam dengan nilai kredit tinggi yang dihasilkan oleh bank dan perusahaan pinjaman. Antara lain, skor ini dihasilkan setelah mengevaluasi pinjaman peminjam, termasuk kartu kredit. Sebagian besar bank hanya meminjamkan kepada peminjam dengan nilai kredit tinggi. Ini meninggalkan sebagian besar orang yang tidak memiliki nilai kredit tinggi atau kadang-kadang, tidak ada sejarah kredit. Inilah celah yang ingin dipinjamkan oleh perusahaan pinjaman AASIMAHA ADILA untuk semua orang. Saya ingin memulai dengan mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang maha kuasa yang membuat 2017 saya hebat dengan bantuan dari ibu saudi arabia perusahaan pinjaman AASIMAHA ADILA yang memiliki hati yang besar untuk tolong saya dan banyak orang di daerah saya Saya sangat senang untuk mengatakan bahwa saya telah berhasil mengembalikan pinjaman sebesar Rp 853 juta yang dipinjam oleh ibu mertua muslim beberapa tahun lalu. Terima kasih kepada ibu muslim yang memberi saya kesempatan apel untuk meminjam saya tanpa rasa takut atau tekanan dari ibu perusahaan. teman saya indonesia, saya ingin memberi tahu Anda bahwa perusahaan pinjaman saudi arabia dapat memberi Anda modal investasi yang besar sebagai dana amal untuk membantu Anda memulai bisnis dengan tingkat bunga pinjaman 1% dari pinjaman tanpa jaminan. terima kasih saya akan menasihati Anda jika Anda menginginkan pinjaman dan Anda ingin mengubah situasi keuangan Anda dengan cepat mengajukan permohonan dan menghubungi perusahaan induk pinjaman saudi arabia AASIMAHA ADILA di (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) untuk info detail email saya adalah hendidi01@gmail.com

    in: January 17, 2018 at: 12:53 pm

  • hendidi [ ] said:


    CERITA SUKSESKU Assalamuuji senang tahun baru 2018, Lembaga keuangan tradisional seperti bank (BRI, BCA, Mandiri) meminjamkan secara eksklusif kepada peminjam dengan nilai kredit tinggi yang dihasilkan oleh bank dan perusahaan pinjaman. Antara lain, skor ini dihasilkan setelah mengevaluasi pinjaman peminjam, termasuk kartu kredit. Sebagian besar bank hanya meminjamkan kepada peminjam dengan nilai kredit tinggi. Ini meninggalkan sebagian besar orang yang tidak memiliki nilai kredit tinggi atau kadang-kadang, tidak ada sejarah kredit. Inilah celah yang ingin dipinjamkan oleh perusahaan pinjaman AASIMAHA ADILA untuk semua orang. Saya ingin memulai dengan mengucapkan terima kasih kepada orang-orang yang maha kuasa yang membuat 2017 saya hebat dengan bantuan dari ibu saudi arabia perusahaan pinjaman AASIMAHA ADILA yang memiliki hati yang besar untuk tolong saya dan banyak orang di daerah saya Saya sangat senang untuk mengatakan bahwa saya telah berhasil mengembalikan pinjaman sebesar Rp 853 juta yang dipinjam oleh ibu mertua muslim beberapa tahun lalu. Terima kasih kepada ibu muslim yang memberi saya kesempatan apel untuk meminjam saya tanpa rasa takut atau tekanan dari ibu perusahaan. teman saya indonesia, saya ingin memberi tahu Anda bahwa perusahaan pinjaman saudi arabia dapat memberi Anda modal investasi yang besar sebagai dana amal untuk membantu Anda memulai bisnis dengan tingkat bunga pinjaman 1% dari pinjaman tanpa jaminan. terima kasih saya akan menasihati Anda jika Anda menginginkan pinjaman dan Anda ingin mengubah situasi keuangan Anda dengan cepat mengajukan permohonan dan menghubungi perusahaan induk pinjaman saudi arabia AASIMAHA ADILA di (aasimahaadilaahmed.loanfirm@gmail.com) untuk info detail email saya adalah hendidi01@gmail.com

    in: January 17, 2018 at: 12:53 pm

Leave a Comment

Coming Soon!
Residential Project Gallery

 

 

Facebook Fans Page

 

 

Instagram
Browse by Category

 

 

Web Statistic
  • Total visitors: 305,443
  • Visitors today: 6
  • Visitors yesterday: 158
  • Currently online: 2
  • Total page views: 1,673,079
  • Page views of this page: 4,221
  • counter

 

 

Video Projects