07

FEB  2011

Cules House

By Andy Rahman. A, ST. IAI
Posted On. 2011-02-07

1. Eksterior View 1

Cules adalah sebutan untuk para pendukung klub sepakbola Barcelona Spanyol, Kenapa para pendukung FC Barcelona sering di panggil dengan sebutan Cules?. Ini terjadi karena sebelum Stadion Camp Nou dibangun, FC Barcelona hanya memiliki stadion yang sangat sederhana. Stadion itu hanya dikelilingi tembok sederhana dan sangat sering stadion tersebut tidak mampu menampung jumlah penonton yang datang. Para pendukung FC Barcelona banyak yang menyaksikan pertandingan di tembok stadion tersebut. Karena itu, suporter FC Barcelona sering disebut Cules yang artinya punggung, Kata ini merujuk pada Cul yang dalam bahasa Catalan berarti punggung karena kalau di lihat dari luar hanya terlihat punggung para pendukung Barcelona tersebut. Dari kejadian tersebut para pendukung FC Barcelona sering di panggil dengan sebutan Cules sampai dengan saat ini.

 

3. Tampak Atas

Pemilik rumah ini memang pendukung/penggemar klub Barcelona sejati, terbukti dengan TOR yang di sampaikan ke arsitek saat konsultasi untuk pertama kalinya. Beberapa permintaan khusus saat wawancara pertama antara lain: Saya seorang penggemar Barcelona sejati, jadi fokus utama di kesan Barca , Ada satu galeri koleksi jersey dan perlengkapan FC Barcelona yang letaknya tidak jauh dari Ruang Tamu dan Ruang Keluarga. Klien ingin rumahnya menjadi representasi atas kecintaannya dengan klub Catalan tersebut, sehingga citra Barca menjadi identitas rumah ini secara langsung. Rumah ini sejatinya adalah renovasi bangunan rumah yang sudah ada, rumah lama milik klien yang sudah kurang layak untuk dihuni ingin di renovasi. Renovasi yang tidak terlalu memakan biaya banyak. Dengan demikian beberapa pertimbangan untuk menekan biayapun menjadi acuan ketika memulai proses desain. Bentuk bangunan tidak terlalu berubah (bentukan atap dan denah ruang), hanya ada perubahan beberapa ruang yang di perluas dan di alih fungsikan. Beberapa bagian dinding sengaja tidak di bongkar, sedangkan di bagian belakang yang masih berupa tanah kosong di tambahkan bangunan baru yang fungsinya sebagai Dapur, ruang makan, water wall, km/wc, tempat cuci jemur dan kolam ikan.

 

2. Eksterior View 2

Citra Barca terwakilkan oleh permainan garis warna merah dan biru (warna jersey Barca) yang sengaja di jadikan aksen dari tampilan depan rumah ini. Warna merah dan biru tersebut sengaja tidak kita pilih sebagai warna dominan karena nantinya akan malah mebuat kesan norak dan terlalu harfiah. Bentukan atap tetap mengadosi bentuk atap lama (pelana), dimana di lingkungan sekitar rumah tersebut hampir semua rumahnya bertatap pelana juga. Bedanya, atap pelana yang awalnya berbentuk lazimnya atap pelana biasa (terlihat genteng dan ada oversteknya) kita ubah menjadi atap pelana dengan tampilan yang baru. Dinding samping kiri dan kanan kita tinggikan (karena permintaan klien ingin adanya penambahan ketinggian plafond hingga 1 m), kemudian atap yang semula kelihatan dari depan kita tutup dengan dinding. Sehingga tidak terlihat, lalu kita buatkan talang beton sepanjang dinding untuk mengatasi masalah air hujan. Bentukan atap tersebut ternyata mampu membuat rumah ini tetap menyatu dengan rumah-rumah di sekitarnya, meskipun tampilan benar-benar baru.

 

7. Ruang Keluarga

Untuk desain interiornya awal mula muncul ide seperti ini karena sebagian besar keluarga menonton dan menyaksikan pertandingan bola di ruang keluarga, sehingga Kami ingin memberikan susana yang kental dengan semangat bola. Desain tersebut tertuang dalam sentuhan-sentuhan detail dan analogi yang berhubungan dengan stadion sepak bola. Elemen-elemen yang memberikan identitas stadion antara lain cutting sticker bola yang berfungsi sebagai aksen tembok, karpet dengan pola lapangan sepak bola, cutting sticker threshold sporter sepak bola sebagai background dan tidak lupa juga karakter Barca yaitu pada dresser TV dengan dibubuhkannya 2 warna BARCELONA (merah dan biru) sebagai aksen. Dan untuk memperkuat kesan modern, sofa yang di pakai menggunakan desain milik Le Corbusier dengan balutan material black leather dan stainless steel sebagai rangka kursi.Sedangkan nuansa putih pada ceiling, lantai dan tembok untuk memberikan kesan clean pada ruangan.

 

6. Gallery View 2

Di dalam rumah, Klien menyediakan sebuah space untuk dijadikan ruang pajang dan tempat menyimpan berbagai barang koleksinya, semua barang koleksi yang tentunya berkaitan dengan kegemarannya dan kecintaannya pada FC Barcelona. koleksi nya beberapa berupa pernak-pernik bernuansa Barca dan tentunya juga koleksi kebanggaannya berupa jersey FC barcelona, untuk yang satu ini jumlah koleksi nya berkisar antara 120 -150 buah. Dari semua koleksinya itu klien kami mengutarakan keinginannya tentang sebuah ruang gallery berupa etalase atau display untuk koleksi nya tersebut. Di awal klien kami ingin agar semua jersey koleksinya yang jumlah nya lebih dari 120 buah itu bisa ditampilkan semuanya, namun melihat luasan ruang yang disediakan untuk ruang gallery cukup terbatas, yaitu berukuran 3 x 1,5 m maka hal tidak mungkin untuk bisa diwujudkan. oleh karena itu kami mengajukan ide bahwa untuk jersey yang ditampilkan hanya beberapa item yang saja (baju-baju yang desainnya bagus atau yang punya sejarah). Sedangkan untuk sisanya diletakkan didalam almari. Jadi secara fisik wujud desain ruangan ini adalah berupa panel display dengan pintu kaca untuk memajang jersey dan almari pintu kaca untuk meletakkan koleksi lainnya. Di bagian bawah terdapat credenza yang juga bisa dipakai untuk menyimpan baju. selain itu terdapat juga sebuah meja tempel kecil sebagai tempat baca. Keseluruhan furnitur di dalam ruang ini di dodiminasi oleh warna putih yang tentunya dengan aksen warna biru dan merah. nuansa bola makin lengkap dengan dihadirkannya karpet dengan motif lapangan sepak bola dan sebuah bangkuyang identik dengan bench yang terdapat pada ruang ganti pemain disebuah stadion sepakbola.

 

Nama Proyek: Cules House
Lokasi Proyek: Perumahan Tawangsari Permai Blok B-36, Taman, Sidoarjo
Luas Tanah/Bangunan: 157,5/110 m2
Nama Klien: Bpk. Fendhy Riswanto
Tahun: 2012
Arsitek: Andy Rahman. A, ST. IAI
Desainer Interior: Anindita Caesarayi Putri, ST, Imam Prasetyo, ST


  • 1. Eksterior View 1

    1. Eksterior View 1

  • 2. Eksterior View 2

    2. Eksterior View 2

  • 3. Tampak Atas

    3. Tampak Atas

  • 4. Ruang Tamu

    4. Ruang Tamu

  • 5. Gallery View 1

    5. Gallery View 1

  • 6. Gallery View 2

    6. Gallery View 2

  • 7. Ruang Keluarga

    7. Ruang Keluarga

  • 8. Ruang Makan dan Dapur

    8. Ruang Makan dan Dapur

  • 11. Potongan AA

    11. Potongan AA

  • 12. Potongan BB

    12. Potongan BB

  • 13. Konsep Fasad

    13. Konsep Fasad

  • 9. Denah

    9. Denah

  • 10. Tampak Depan

    10. Tampak Depan

  • Cules House

    Cules House



* Location to be used only as a reference. It could indicate city/country but not exact address.

Related Articles:

You might also like:

  • Rumah Kos Keputih Jilid 1

    Rumah Kos Keputih Jilid 1

  • Green Roof Residence

    Green Roof Residence

  • House in Meruya Residence

    House in Meruya Residence

  • A House With Communal Space

    A House With Communal Space


  • chepol ardgh [ ] said:


    olahan denah kamu bagus lo

    in: May 20, 2011 at: 12:53 pm

  • andy rahman [ ] said:


    @ Chepol: Terimakasih

    in: May 26, 2011 at: 5:03 am

  • Djaja [ ] said:


    Pak Andy, mau tanya harga desain untuk rumah di atas berapa biayanya? Kalau bangun seperti itu biaya permeternya butuh biaya berapa? Tks sebelumnya

    in: March 5, 2012 at: 2:41 pm

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk. Djaja: Pertanyaan bpk. sudah kami balas via email. Tolong di cek. Terimakasih

    in: March 14, 2012 at: 2:50 am

  • Y.Heryadi [ ] said:


    @Pak Andy : Boleh tahu berapa biaya desain arsitek dan interiornya?tks

    in: June 28, 2012 at: 5:57 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk. Heryadi: Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email. Mohon di cek. Terimakasih

    in: June 30, 2012 at: 3:33 am

  • Imelda [ ] said:


    Keep working Andy! Gimana rencana SKA 2 kita? :-)

    in: August 2, 2012 at: 4:40 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Ibu Imelda Akmal: Terimakasih bu atas supportnya. Alhamdulillah sudah 70% bu. Setelah lebaran insyaAllah saya kirimkan CD nya.

    in: August 2, 2012 at: 4:54 am

  • Dwi Anggara [ ] said:


    konsepnya bagus, kalo boleh tahu harga Desainnya brp pak andy?, dan jika bangun permeter kena harga brp?, Trm ksh

    in: August 2, 2012 at: 7:50 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk. Dwi Anggara: Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: August 2, 2012 at: 8:30 am

  • retno [ ] said:


    jika boleh tahu, harga desain dan harga dibangun kena berapa permeternya?, tks

    in: August 2, 2012 at: 9:21 am

  • Akhyar Yusri [ ] said:


    Optimalisasi spacenya, just nice. blh tw berapa biaya pembangunan dan desainnya, Terimakasih

    in: August 2, 2012 at: 1:33 pm

  • andy rahman [ ] said:


    @ Ibu Retno dan Bpk. Akhyar: Pertanyaan Ibu dan Bapak sudah Kami jawab Via email. Tlng di cek. Terimakasih

    in: August 3, 2012 at: 2:24 am

  • ilham fathoni [ ] said:


    Cules House-nya keren Pak Andy...kebetulan saya juga seorang cules, boleh tau berapa biaya utk mendesain seperti rumah diatas? terus biaya utk desain bangun per-meternya kena berapa Pak Andy? terima kasih...

    in: September 11, 2012 at: 2:05 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk. Ilham Fathoni: Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: September 11, 2012 at: 3:44 am

  • faruq [ ] said:


    Pak untuk detilnya dari sisi Jasa gambar

    in: December 3, 2012 at: 3:45 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk. Faruq: Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: December 3, 2012 at: 4:45 am

  • Ruli [ ] said:


    Pak Andy, mau tanya harga desain untuk rumah di atas berapa biayanya? Kalau bangun seperti itu biaya permeternya butuh biaya berapa? Terimakasih

    in: February 12, 2013 at: 3:47 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk Ruli: Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: February 12, 2013 at: 6:46 am

  • Faqowini [ http://faqowicenter.blogspot.com ] said:


    Pak kalo desain rumah biaya nya berapa

    in: March 3, 2013 at: 8:13 am

  • andy rahman [ Cules House ] said:


    @ Bpk Faqowini:Pertanyaan Bapak sudah kami jawab via email. Tapi alamat email Bapak tidak valid. Silahkan tuliskan alamat email Bapak yg benar. Terimakasih

    in: March 4, 2013 at: 2:18 am

  • Coda [ ] said:


    @ Pak andy: boleh tau berapa biayanya kalo untuk renovasi seperti di atas.

    in: November 20, 2013 at: 1:08 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Coda. Jawaban sudah kami kirim via email. Tolong di cek. Trmksh

    in: November 20, 2013 at: 6:43 am

Leave a Comment

Coming Soon!
Various Project Gallery

 

 

Facebook Fans Page

 

 

Latest Comments
Browse by Category

 

 

Web Statistic
  • Total visitors: 260,318
  • Visitors today: 189
  • Visitors yesterday: 157
  • Currently online: 1
  • Total page views: 1,446,559
  • Page views of this page: 10,919
  • counter

 

 

Video Projects