16

JAN  2013

Beach House

By: Andy Rahman. A, ST. IAI - Consultant: andyrahman architect
Posted On. 2013-01-16

1. Zoom Perspective

Rumah ini memiliki view yang menarik karena terletak di daerah tepi pantai. Rumah bergaya resort modern dengan sentuhan tropis ini sangat strategis bila dilihat dari site. Berada di kavling hoek sebuah perumahan elite di surabaya, rumah ini berkonsep rumah pantai. Bukaan yang lebar, teritisan yang panjang serta permainan material kayu terasa kental untuk olahan fasad dan interior rumah ini. Klien sangat ingin menghadirkan suasana rumahnya nanti seperti suasana berlibur di resort yang lokasinya di tepi pantai. Disamping memiliki potensi view yang menarik (pantai), rumah ini juga memiliki potensi alam yang bisa dimanfaatkan untuk menjadikannya sebagai rumah pantai yang nyaman untuk ditinggali. Potensi tersebut adalah angin yang berhembus dari sisi timur rumah ini, sehingga dengannya rumah ini bisa sejuk tanpa perlu mamakai AC atau pendingin udara.

 

2. Bird Eye View

Rumah ini memiliki 2 orientasi fasad, satu menghadap ke depan rumah (selatan) dan satunya menghadap ke arah samping atau pantai (timur). Rumah yang menghadap ke arah timur punya potensi mendapatkan angin secara optimal. Karena arah hembus angin di daerah surabaya adalah dari timur ke barat. Alhasil bukaan-bukaan yang lebar dan tinggi memenuhi fasad di bagian timur, tujuannnya adalah untuk memasukkan angin seoptimal mungkin serta berfungsi sebagai view ke arah kolam renang dari ruang keluarga dan ruang makan (lantai 1). Pada lantai 2, bukaan yang lebar berfungsi sebagai in let angin serta view kamar tidur utama ke arah pantai. Lantai 3 adalah roof garden yang berfungsi sebagai tempat pesta atau barbecue. Sebagai rumah yang ingin mengoptimalkan hembusan angin sebagai penghawaan alami, maka rumah ini memerlukan in let dan out let angin yang maksimal, supaya angin bisa bersirkulasi secara optimal. In let-nya adalah bukaan-bukaan yang lebar pada bidang di sisi timur, sedangkan out let-nya adalah cerobong di sisi barat. Cerobong tersebut merupakan lubang void tangga dari lantai 1 hingga lantai 3, lubang void itulah yang akan mengalirkan angin yang masuk dari sisi timur rumah ini, dengan cerobong tersebut rumah ini akan terasa sejuk. Cerobong tersebut juga berfungsi untuk memasukkan terang langit, sehingga ruang-ruang di sisi barat rumah ini juga tetap terang.

 

3. Normal Eye View 1

Material batu alam 'Travertine' dipilih sebagai aksen komposisi material fasad rumah ini, warnanya yang soft dengan aksen garisnya memperkuat citra resort rumah ini. Komposisinya dengan material kayu bengkirai serta warna kusen menjadikannya enak untuk dilihat. Karena rumah ini berada di daerah pantai, maka metrial yang dipilih tidak bisa sembarangan. Daerah pantai memiliki sifat yang kurang bersahabat dengan material besi/baja, karena air serta udaranya mampu membuat korosi besi/baja dalam waktu yang singkat, alasan itulah yang membuat Kami memutuskan untuk tidak memakai material besi/baja sebagai bahan pagar, railing serta kanopi carport. Untuk pagar kita memakai kayu bengkirai (jenis kayu keras, biasa dipakai untuk eksterior), sedangkan railing balkon dan tangga kita memakai kaca.

 

4. Normal Eye View 2

Sisi timur rumah ini (tampak samping) merupakan sisi yang paling strategis. Sehingga di situlah view-view dari ruang-ruang utama di fokuskan. Baik view ke kolam renang (lantai 1) dan view ke pantai (lantai 2). Salah satu bagian yang menarik dari rumah ini adalah adanya balkon yang menjorok diatas kolam renang.  Balkon ini membentang diatas kolam renang dengan material kaca tempered sebagai pembatas bidangnya. Kaca tersebut bisa digeser, sehingga angin pantai bisa berhembus masuk ke dalam kamar tidur utama. Kamar tidur utama memiliki view yang benar-benar di manjakan dengan pemakaian kaca full tersebut, karena tiap hari bisa menikmati sunrise. 

 

5. View Ke Arah Kolam

Kolam renang di lantai 1 tidak hanya berfungsi sebagai artifisial saja, Klien memang memiliki hobi berenang. Oleh karenanya, meskipun lahan rumahnya tidak terlalu luas, Klien tetap menginginkan rumahnya memiliki kolam renang. Letak kolam renang sangat strategis karena berbatasan langsung dengan ruang keluarga dan ruang makan. Sehingga disamping aksesnya sangat mudah dicapai, kolam renang juga berfungsi sebagai elemen arsitektur, sebagai kanvas view untuk ruang keluarga dan ruang makan. Sedangkan untuk desain interiornya, rumah pantai ini cenderung simple dengan pemakaian material kayu sebagai elemen desainnya. Warnanya yang soft diharapkan bisa memberi ketenangan bagi pemiliknya bila berada di dalam rumah. Interior Kamar tidur utama di desain layaknya kamar sebuah hotel mewah yang memiliki view ke pantai, sebuah rumah yang di idam-idamkan Klien sejak lama.

 

Nama Proyek: Beach House

Lokasi Proyek: Pantai Mentari, Surabaya
Luas Tanah/Bangunan: 210.6/250 m2
Nama Klien: Bpk. Rey
Tahun: 2013
Arsitek: Andy Rahman. A, ST. IAI dan Imam Prasetyo, ST.
Desainer Interior: Anindita Caesarayi Putri, ST.


  • 1. Zoom Perspective

    1. Zoom Perspective

  • 2. Bird Eye View

    2. Bird Eye View

  • 3. Normal Eye View 1

    3. Normal Eye View 1

  • 4. Normal Eye View 2

    4. Normal Eye View 2

  • 5. View Ke Arah Kolam

    5. View Ke Arah Kolam

  • 8. Denah Lantai 1

    8. Denah Lantai 1

  • 9. Denah Lantai 2

    9. Denah Lantai 2

  • 10. Denah Lantai 3

    10. Denah Lantai 3

  • 11. Tampak Depan

    11. Tampak Depan

  • 12. Tampak Samping Kanan

    12. Tampak Samping Kanan

  • 13. Potongan AA

    13. Potongan AA

  • 14. Potongan BB

    14. Potongan BB

  • 6. Kamar Tidur Utama View 1

    6. Kamar Tidur Utama View 1

  • 7. Kamar Tidur Utama View 2

    7. Kamar Tidur Utama View 2



* Location to be used only as a reference. It could indicate city/country but not exact address.

Related Articles:

You might also like:

  • Green Roof Residence

    Green Roof Residence

  • T(h)ree House

    T(h)ree House

  • Rumah Miring Rungkut

    Rumah Miring Rungkut

  • House In Pekanbaru

    House In Pekanbaru


Various Project Gallery

 

 

Facebook Fans Page

 

 

Instagram
Browse by Category

 

 

Web Statistic
  • Total visitors: 368,076
  • Visitors today: 62
  • Visitors yesterday: 155
  • Currently online: 1
  • Total page views: 1,969,141
  • Page views of this page: 15,918
  • counter

 

 

Video Projects