16

JAN  2013

Beach House

By: Andy Rahman. A, ST. IAI - Consultant: andyrahman architect
Posted On. 2013-01-16

1. Zoom Perspective

Rumah ini memiliki view yang menarik karena terletak di daerah tepi pantai. Rumah bergaya resort modern dengan sentuhan tropis ini sangat strategis bila dilihat dari site. Berada di kavling hoek sebuah perumahan elite di surabaya, rumah ini berkonsep rumah pantai. Bukaan yang lebar, teritisan yang panjang serta permainan material kayu terasa kental untuk olahan fasad dan interior rumah ini.Klien sangat ingin menghadirkansuasana rumahnya nanti seperti suasana berlibur di resort yang lokasinya di tepi pantai. Disamping memiliki potensi view yang menarik (pantai), rumah ini juga memiliki potensi alam yang bisa dimanfaatkan untuk menjadikannya sebagai rumah pantai yang nyaman untuk ditinggali. Potensi tersebut adalah angin yang berhembus dari sisi timur rumah ini, sehingga dengannya rumah ini bisa sejuk tanpa perlu mamakai AC atau pendingin udara.

 

2. Bird Eye View

Rumah ini memiliki 2 orientasi fasad, satu menghadap ke depan rumah (selatan) dan satunya menghadap ke arah samping atau pantai (timur). Rumah yang menghadap ke arah timur punya potensi mendapatkan angin secara optimal. Karena arah hembus angin di daerah surabaya adalah dari timur ke barat. Alhasil bukaan-bukaan yang lebar dan tinggi memenuhi fasad di bagian timur, tujuannnya adalah untuk memasukkan angin seoptimal mungkin serta berfungsi sebagai view ke arah kolam renang dari ruang keluarga dan ruang makan (lantai 1). Pada lantai 2, bukaan yang lebar berfungsi sebagai in let angin serta view kamar tidur utama ke arah pantai. Lantai 3 adalah roof garden yang berfungsi sebagai tempat pesta atau barbecue. Sebagai rumah yang ingin mengoptimalkan hembusan angin sebagai penghawaan alami, maka rumah ini memerlukan in let dan out let angin yang maksimal, supaya angin bisa bersirkulasi secara optimal. In let-nya adalah bukaan-bukaan yang lebar pada bidang di sisi timur, sedangkan out let-nya adalah cerobong di sisi barat.Cerobong tersebut merupakan lubang void tangga dari lantai 1 hingga lantai 3, lubang void itulah yang akan mengalirkan angin yang masuk dari sisi timur rumah ini, dengan cerobong tersebut rumah ini akan terasa sejuk. Cerobong tersebut juga berfungsi untuk memasukkan terang langit, sehingga ruang-ruang di sisi barat rumah ini juga tetap terang.

 

3. Normal Eye View 1

Material batu alam 'Travertine' dipilih sebagai aksen komposisi material fasad rumah ini, warnanya yang soft dengan aksen garisnya memperkuat citra resort rumah ini. Komposisinya dengan material kayu bengkirai serta warna kusen menjadikannya enak untuk dilihat. Karena rumah ini berada di daerah pantai, maka metrial yang dipilih tidak bisa sembarangan. Daerah pantai memiliki sifat yang kurang bersahabat dengan material besi/baja, karena air serta udaranya mampu membuat korosi besi/baja dalam waktu yang singkat, alasan itulah yang membuat Kami memutuskan untuk tidak memakai material besi/baja sebagai bahan pagar, railing serta kanopi carport. Untuk pagar kita memakai kayu bengkirai (jenis kayu keras, biasa dipakai untuk eksterior), sedangkan railing balkon dan tangga kita memakai kaca.

 

4. Normal Eye View 2

Sisi timur rumah ini (tampak samping) merupakan sisi yang paling strategis. Sehingga di situlah view-view dari ruang-ruang utama di fokuskan. Baik view ke kolam renang (lantai 1) dan view ke pantai (lantai 2). Salah satu bagian yang menarik dari rumah ini adalah adanya balkon yang menjorok diatas kolam renang. Balkon ini membentang diatas kolam renang dengan material kaca tempered sebagai pembatas bidangnya. Kaca tersebut bisa digeser, sehingga angin pantai bisa berhembus masuk ke dalam kamar tidur utama. Kamar tidur utama memiliki view yang benar-benar di manjakan dengan pemakaian kaca full tersebut, karena tiap hari bisa menikmati sunrise.

 

5. View Ke Arah Kolam

Kolam renang di lantai 1 tidak hanya berfungsi sebagai artifisial saja, Klien memang memiliki hobi berenang. Oleh karenanya, meskipun lahan rumahnya tidak terlalu luas, Klien tetap menginginkan rumahnya memiliki kolam renang. Letak kolam renang sangat strategis karena berbatasan langsung dengan ruang keluarga dan ruang makan. Sehingga disamping aksesnya sangat mudah dicapai, kolam renang juga berfungsi sebagai elemen arsitektur, sebagai kanvas viewuntuk ruang keluarga dan ruang makan. Sedangkan untuk desain interiornya, rumah pantai ini cenderung simple dengan pemakaian material kayu sebagai elemen desainnya. Warnanya yang soft diharapkan bisa memberi ketenangan bagi pemiliknya bila berada di dalam rumah. Interior Kamar tidur utama di desain layaknya kamar sebuah hotel mewah yang memiliki view ke pantai, sebuah rumah yang di idam-idamkan Klien sejak lama.

 

Nama Proyek: Beach House

Lokasi Proyek: Pantai Mentari, Surabaya
Luas Tanah/Bangunan: 210.6/250 m2
Nama Klien: Bpk. Rey
Tahun: 2013
Arsitek: Andy Rahman. A, ST. IAI dan Imam Prasetyo, ST.
Desainer Interior: Anindita Caesarayi Putri, ST.


  • 1. Zoom Perspective

    1. Zoom Perspective

  • 2. Bird Eye View

    2. Bird Eye View

  • 3. Normal Eye View 1

    3. Normal Eye View 1

  • 4. Normal Eye View 2

    4. Normal Eye View 2

  • 5. View Ke Arah Kolam

    5. View Ke Arah Kolam

  • 8. Denah Lantai 1

    8. Denah Lantai 1

  • 9. Denah Lantai 2

    9. Denah Lantai 2

  • 10. Denah Lantai 3

    10. Denah Lantai 3

  • 11. Tampak Depan

    11. Tampak Depan

  • 12. Tampak Samping Kanan

    12. Tampak Samping Kanan

  • 13. Potongan AA

    13. Potongan AA

  • 14. Potongan BB

    14. Potongan BB

  • 6. Kamar Tidur Utama View 1

    6. Kamar Tidur Utama View 1

  • 7. Kamar Tidur Utama View 2

    7. Kamar Tidur Utama View 2



* Location to be used only as a reference. It could indicate city/country but not exact address.

Related Articles:

You might also like:

  • Exploring Materiality

    Exploring Materiality

  • The Rhythmic Lines

    The Rhythmic Lines

  • Garden House

    Garden House

  • Resort House

    Resort House


  • josef prijotomo [ ] said:


    TErkadang, \'ewuh pakewuh\' mengakibatkan kritik arsitektur menjadi tidak berjalan dengan benar; khususnya kalau ada yang menunjuk pada kekeliruan/kesalahan/kekurangan. Padahal, semua itu diperlukan agar rancangan dapat menjadi semakin berbobot dan bertanggungjawab maksimal sebagai arsitektur. Saya mencoba untuk menghilangkan \'ewuh pakewuh\' itu, semata-mata agar rancangan berikutnya jadi semakin berbobot. pertama, meski dinamakan \'rumah pantai\', tetapi seandainya ditaruh di tempat yang pedalaman kok masih bisa ya. Ini memang salah satu kekurangan dari geometri platonik yang demikian universal, yakni bisa hadir di mana saja. Seandainya anda memanfaatkan watak dari pantaitimur surabaya yang landai dan cenderung menggemulai lengkung-cekung dengan lembut pada pantai dan alun ombak, maka ke-pantai-an akan lebih tertolong. Memang, lantas bisa menjadi ekstrim seperti garapannya zaha hadid itu (tapi memang tidak perlu seekstrim itu, pak.) Lalu, kalau masih mau berada dalam lingkungan bermain geometri, maka geometri yang bercorak kristal akan sangat jitu mengingat butir-butir pasir itu sendiri sebenarnya adalah butiran kristal. Tentu, juga tidak perlu seekstrim garapan dari Libeskind, dong. Coba bayangkan kalau sosoran atap yang di atas jendela dan bukaan-bukaan dibuat melengkung ke bawah atau dibuat sebagai bidang miring yang lereng ke bawah di ujungnya, rassanya tidak hanya sukses sebagai penahan silau tetapi juga menjadi penaung yang nikmat. Panjang dari sosoran memang sudah oke dari sisi tinjau keikliman, pak. Dan, apa anda telah melakukan penanganan terhadp hembusan angin yang tak pernah berhenti dari laut ke pantai?

    in: January 21, 2013 at: 1:44 pm

  • andy rahman [ ] said:


    @ Prof Josef Prijotomo: Terimakasih atas pertanyaan dan masukan dari Pak Josef, Kami merasa sangat terhormat. Kami setuju dengan apa yang di Bapak sampaikan mengenai ‘ewuh pakewuh’ yang mengakibatkan kritik arsitektur menjadi tidak benar. Untuk kemajuan bersama, dan belajar bersama memang sebaiknya rasa ‘ewuh pakewuh’ itu kita hilangkan. Menanggapi peryataan Pak Josef mengenai, ‘meski dinamakan \'rumah pantai\', tetapi seandainya ditaruh di tempat yang pedalaman kok masih bisa ya.’: Ditinjau dari site, rumah ini kami rancang dengan karakter yang khusus, khusus karena bentuknya yang berada di kavling hoek dan berada di tepi pantai. Kavling hoek bisa kita jumpai di setiap perumahan, namun berada di tepi pantai merupakan hal yang cukup jarang. Kombinasi tersebut menghasilkan sebuah rancangan yang memiliki 2 orientasi serta penekanan yang berbeda pada masing-masing fasadnya. Pada satu sisi (arah timur) rumah memiliki ke-khusus-an dari bentuk-bentuk bukaannya yang sengaja dibuat lebar untuk memaksimalkan view ke pantai serta menangkap angin, jadi bila di letakkan di pedalaman, kemungkinan memang masih bisa, asalkan pada sisi timur rumah ini ada view yang menarik (misalnya gunung). Jadi memag benar yang Bapak sampaikan. Sedangkan untuk bentuknya yang di dominasi geomerti, yang menjadikannya demikian universal sehingga bisa di letakkan dimana saja, kami memang setuju. Masukan dari Pak Josef mengenai karakter pantai timur Surabaya merupakan hal yang positif. Namun di sisi lain, karena rumah ini berada di dalam komplek perumahan, maka ada aturan-aturan yang mengikat. Bentukan lengkung yang menggemulai seperti ombak ataupun geometri Kristal tidak bisa diloloskan oleh pihak pengembang. Karena pengembang memberikan persyaratan bentukan rumah yang di ijinkan haruslah tidak berbeda secara ekstrim dengan bentukan rumah-rumah yang sudah ada. Kecuali rumah ini tidak berada di dalam sebuah komplek perumahan, maka dari segi bentukan kita bisa lebih bebas dalam ber-eksplorasi. Untuk permasalahan hembusan angin dari laut ke pantai kami atasi dengan cara konvensional, bila dilihat dari denah, maka akan kita ketahui bahwa bukaan-bukaan pada sisi timur (sisi pantai) mamakai engsel pivot. Hal ini supaya masing-masing bukaan bisa berdiri sendiri ketika dibuka maupun di tutup. Untuk mengurangi tekanan angin yang masuk, pemilik bisa membuka hanya satu atau dua jendela, sehingga angin yang masuk kedalam ruang tidak terlalu kencang. Namun disisi lain walaupun jendela tidak dibuka semua view ke pantai tetap dapat dinikmati. Demikian tanggapan dari kami. Bila masih banyak kekurangan. Kami mohon maaf, sekali lagi kami ucapkan terimakasih atas kritik dari Pak Josef.

    in: January 30, 2013 at: 6:48 am

  • andre [ ] said:


    bagus.... kerennn....

    in: February 18, 2013 at: 10:27 am

  • Ummu nabilah [ ] said:


    Pak andy kl buat rumah seperti ini diperlukan dana berapa ya kira2? Apakah 500jt cukup?

    in: February 23, 2013 at: 11:34 pm

  • andy rahman [ ] said:


    @ Ibu Ummu Nabilah: Pertanyaan Ibu sudah Kami jawab via email bu. Tolong di cek. Terimakasih

    in: February 27, 2013 at: 6:25 am

  • Meidiana [ ] said:


    Pak andi..luas bangunannya berapa? dengan speks yang sama, harga per meternya berapa? Thanks

    in: March 6, 2013 at: 5:13 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Ibub Meidiana: Pertanyaan Ibu sudah Kami jawab via email bu. Tolong di cek. Terimakasih

    in: March 8, 2013 at: 9:26 am

  • Indro [ ] said:


    pak andi mohon info, ukuran tanah brapa untuk design seperti diatas, serta total pembangunan sampai brapa biayanya, thanks

    in: March 14, 2013 at: 7:21 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk Indro: Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: March 18, 2013 at: 4:00 am

  • masrullah [ ] said:


    Pak andy,saya juga punya lahan dg view pantai arah selatan,dg ukrn lb:21 dan p: 27m. depan menghadap selatan juga. saya sangat tertarik dg desain beach house ini Plus desain balkonnya.bisakah pak andi desainkan dv tampilan muka kelihatan cantik?

    in: March 22, 2013 at: 10:42 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk Masrullah: Bisa pak, Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: March 26, 2013 at: 5:18 am

  • pemi puji [ ] said:


    mas andy kira2 berapa ya biaya pembangunan rumah ini

    in: April 10, 2013 at: 1:47 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk Pemi Puji: Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: April 11, 2013 at: 9:04 am

  • Keke [ ] said:


    Pak Andy...saya tertarik dengan desain rumah ini. Kebetulan tanah saya juga di hook, 13x22 M. Untuk membangun rumah seperti ini di Jakarta habis berapa ya pak? Salam

    in: April 14, 2013 at: 2:18 pm

  • andy rahman [ ] said:


    @ Ibu Keke: Pertanyaan Ibu sudah Kami jawab via email bu. Tolong di cek. Terimakasih

    in: April 15, 2013 at: 8:13 am

  • Andy Cahyono [ ] said:


    Dear Pak Andy, Saya pengagum karya-karya Pak Andy dan sedang berencana membangun rumah. Optionnya ada 2 yaitu di Karawaci atau di Surabaya. Mohon infonya untuk biaya pembangunannya termasuk jasa desain dan kontraktor kira-kira untuk dua lokasi tersebut di harga berapa ya Pak per m2 nya. Terima kasih

    in: May 28, 2013 at: 6:05 am

  • Andy Cahyono [ ] said:


    Dear Pak Andy, Saya pengagum karya-karya Pak Andy dan sedang berencana membangun rumah. Optionnya ada 2 yaitu di Karawaci atau di Surabaya. Mohon infonya untuk biaya pembangunannya termasuk jasa desain dan kontraktor kira-kira untuk dua lokasi tersebut di harga berapa ya Pak per m2 nya. Terima kasih

    in: May 28, 2013 at: 6:06 am

  • Jefri [ ] said:


    Pak andy,saya juga punya lahan dg view pantai arah barat,dg ukrn lb:13.3m Dan p: 16.25m. depan menghadap selatan juga,samping hadap timur. Berapa biaya design

    in: June 8, 2013 at: 5:15 pm

  • Jefri [ ] said:


    Pak andy,saya juga punya lahan dg view pantai arah barat,dg ukrn lb:13.3m Dan p: 16.25m. depan menghadap selatan juga,samping hadap timur. Berapa biaya design

    in: June 8, 2013 at: 5:15 pm

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk Andy cahyono: Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: June 10, 2013 at: 7:49 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk Jefri: Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: June 10, 2013 at: 7:52 am

  • irma [ ] said:


    mas andy saya rencana ingin membangun rumah, lokasinya di makassar, saya suka beberapa desain mas andy termasuk rumah ini, pertanyaan saya sama seperti beberapa pertanyaan sebelumnya, untuk rumah seperti ini berapa biaya desainnya dan biaya pembangunan berapa?

    in: June 23, 2013 at: 7:30 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Ibu Irma: Pertanyaan Ibu sudah Kami jawab via email bu. Tolong di cek. Terimakasih

    in: June 24, 2013 at: 9:48 am

  • Haerul Amri [ ] said:


    Slmt mlm bang andy,sy haerul dr makassar.Saya suka dengan desain yang satu ini,sy ada pertanyaan buat bang andy. Kalau saya pesan desain ini biaya berapa ya? trus yang kedua saya punya lahan 14x25 di makassar,kalau desain ini saya aplikasikan di lahan saya kira2 rincian biayanya berapa ya.Mohon bantuannya bang andy.

    in: June 28, 2013 at: 2:06 pm

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk Haerul Amri: Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: June 29, 2013 at: 2:47 am

  • Harry [ ] said:


    selamat malam mas Andy, minta tolong info fee mas andy dong untuk design rumah...trimakasih sebelumnya

    in: June 30, 2013 at: 12:04 pm

  • Andrian [ ] said:


    Saya punya tanah dgn ukuran 12x20 m. Saya mau buat rumah kontemporer 2 lantai.lantai pertama Utk ruang publik sedangkan lantai 2 khusus Utk ruang tidur.brp ya harga Utk perencanaannya?

    in: June 30, 2013 at: 12:33 pm

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk Harry dan Andrian: Pertanyaan Bapak2 sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: July 1, 2013 at: 4:03 am

  • chen [ ] said:


    Pak Andy, saya sangat appreciate dengan disain Bapak. kebetulan sya punya tanah kavling di sekitar BSD city tangerang ukuran 9mx20m. saya ingin membangun rumah 2 lantai dengan 4 kamar tidur, ruang tamu, ruang keluarga, carport bisa untuk 2 mobil, dan satu garasi. untuk biaya desain berapa pak kira2 ya. Terimakasih. Salam, Chen Manaf

    in: July 14, 2013 at: 5:04 pm

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk Chen: Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: July 15, 2013 at: 7:14 am

  • Kukuh [ ] said:


    Saya berencana merenovasi rumah menjadi kantor, LT. 600, LB. 800 Lokasi di surabaya. mohon info biaya desain interior, ekterior dan RAB nya. Terima Kasih.

    in: September 2, 2013 at: 5:24 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk Kukuh: Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: September 3, 2013 at: 4:01 am

  • Lia prabowo [ ] said:


    Utk biaya desain sperti ini permeter brp Pak?

    in: October 14, 2013 at: 1:58 am

  • cevany [ ] said:


    pak andy kira-kira membangun desain ini bisa bertahap tidak ya? dan brp biaya yang harus dikeluarkan keseluruhan? trims

    in: October 15, 2013 at: 5:20 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Ibu Cevany: Bisa bu, berarti konsep rumah tumbuh bu. Untuk info biaya desain dari kami sudah sy emailkan bu. Tlng di cek. Terimakasih

    in: October 16, 2013 at: 2:22 am

  • Pradipta Alimanda [ ] said:


    Pak Andy, kalau saya punya tempat lb.10meter, pj.17meter, apa bisa dibuat seperti design di atas? kira2 habisnya berapa pak dengan ukuran lahan yang saya punya? dan kalu saya mau minta design kan kira2 berapa harga designnya pak? terima kasih sebelumnya.

    in: December 5, 2013 at: 4:49 pm

  • jesy [ ] said:


    pak, untuk rumah seperti itu habis berapa ya? pembangunan bisa menggunakan rumah tumbuh tidak? trimakasih

    in: December 16, 2013 at: 9:38 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk Pradipta: Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: December 18, 2013 at: 3:23 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Ibu Jesy: Pertanyaan Ibu sudah Kami jawab via email bu. Tolong di cek. Terimakasih

    in: December 18, 2013 at: 3:24 am

  • basri [ ] said:


    Kira2 brpa yaa butuh dana untuk bangun rumah kyak gini ? terima ksh

    in: December 25, 2013 at: 12:01 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk. Basri: Pertanyaan Bapak sudah kami jawab via email pak. Tolong di cek. Trmksh

    in: January 2, 2014 at: 5:11 am

  • devitayanti [ ] said:


    Mas Andi, sy puny tanah 250m (13,7x17) klau d terapkan design diatas sgt bgus. Berapa biaya yg di perlukan utk membangun spek ssi di atas? Bisa spekny d kirim mas.. thanks

    in: January 15, 2014 at: 12:16 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Ibu Devi: Pertanyaan Ibu sudah Kami jawab via email bu. Tolong di cek. Terimakasih

    in: January 21, 2014 at: 9:38 am

  • yusuf [ ] said:


    Pak Andy, Saya tertarik dengan desain ini. untuk lahan 9x 15 apa masih bisa dibuat? biaya habis berapa dan berapa harga per meternya? Tks

    in: May 5, 2014 at: 7:53 am

  • yusuf [ ] said:


    Pak Andy, Saya tertarik dengan desain ini. untuk lahan 9x 15 apa masih bisa dibuat? biaya habis berapa dan berapa harga per meternya? Tks

    in: May 5, 2014 at: 7:53 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk. Yusuf: Pertanyaan Bapak sudah kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: May 6, 2014 at: 9:16 am

  • James [ ] said:


    Kalau mau bangun rumah seperti desain ini kira2 habis berapa pak Andy? apa bisa di bangun diatas tanah seluas 10x12? Thanks

    in: September 9, 2014 at: 3:25 pm

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk James: Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: September 17, 2014 at: 7:24 am

  • hari [ ] said:


    pak kira2 budget bangun rumah seperti ini brp ya? saya ada lahan hook 20x 20 trims

    in: November 25, 2014 at: 12:01 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk. Hari: Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: November 25, 2014 at: 7:32 am

  • Flennald [ ] said:


    Saya mau bertanya mengenai berapa biaya desain (produck apa saja yang saya peroleh, kalau bisa tolong infokan per item biayanya) dan jikalau nanti sampai pelaksanaan pembangunan berapa biayanya.....? Terima kasih.

    in: December 3, 2014 at: 3:03 pm

  • yessi [ ] said:


    Pak andi..berapa total biaya bangun rumah ini berikut rinciannya. Terima kasih

    in: December 7, 2014 at: 4:35 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk. Flennald: Pertanyaan Bapak sudah kami jawab via email. Mhn di cek. Trmksh

    in: December 9, 2014 at: 7:10 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Ibu Yessi: Pertanyaan Bapak sudah kami jawab via email. Mhn di cek. Trmksh

    in: December 9, 2014 at: 7:12 am

  • anhar [ ] said:


    Selamat pagi pak andi. Maaf sy mengulang beberapa pertanyaan sebelumnya. Ada beberap hal yg ingin sy tanyakan. Berapa persisnya luas lahan utk model diatas, serta berapa total juga biaya membangunnya, berapa juga biaya jasa designnya krn sy tertarik dg model tersebut. Saya punya lahan uk 14,5 x 16,5 m sedangkan anak 4 (3 wanita, 1 laki laki) orang dan yang menempati sekitar 9 orang dan 2 pembantu. Kira kira bagaimana pengembangannya. Selain itu sy jg suka dg model " house in ketintang mansion" dg rencana sama dg diatas. Trims

    in: February 20, 2015 at: 12:40 pm

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk Anhar: Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: March 31, 2015 at: 3:26 am

  • arnold [ ] said:


    Pak andy, saya selalu ikuti desain2 dari bapak,.dan hasilnya di luar ekspektasi saya,..awesome,..bisakah saya minta tolong u/ desain yg sama dengan lahan 9 x 18 tetapi saya perlu di lt1 bisa muat 4 mobil , 1kamar tidur dgn Km dalam bathup, serta kitchen. u/ lt2 ada R.keluarga, 2 kamar tidur ( masing2 dgn KM) Lt3 sama spt gambar pak andi,..serta estimasi biayanya pak andi.. Terima kasih banyak sebelumnya. salam sukses selalu

    in: June 25, 2015 at: 6:18 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk. Arnold: Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: June 26, 2015 at: 4:35 am

  • Muhamad [ ] said:


    Pak Andy...saya tertarik dengan desain rumah ini. Kebetulan tanah saya di hook, 15x20 M. Untuk membangun rumah seperti ini di Banten habis berapa ya pak? Mohon info biaya designnya juga pak Andi. Salam

    in: December 12, 2015 at: 3:26 pm

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk. Muhamad: Pertanyaan Bapak sudah kami jawab via email pak. Mhn di cek. Trmksh

    in: December 14, 2015 at: 9:19 am

  • anwar [ ] said:


    bapak andi mau tanya klo punya tanah ukuran lebar 9 panjang 14 (9x14) mau buat rumah seperti diatas bisa tdk y pak....?mohon info sekalian sy berminat untuk dibuatkan...sy tinggal dijogja no tel/WA : 081328000506

    in: October 24, 2016 at: 6:30 am

  • Nita [ ] said:


    Saya tertarik dengan design pa andy, saya punya lahan hook 14*15 saat ini berbentuk 2 rumah dempet standar msg2 2kt dan 1 km, ingin pugar agar menjadi satu rumah yang nyaman dan lega, kebutuhan 1kt utama dan 3kt anak, dengan dapur nyaman tempat kumpul keluarga .Mohon info permeter project dan estimasi biaya untuk design yg unik dan efisien. Terimakasih sebelumnya.

    in: December 2, 2016 at: 9:48 am

Leave a Comment

Coming Soon!
Various Project Gallery

 

 

Facebook Fans Page

 

 

Latest Comments
Browse by Category

 

 

Web Statistic
  • Total visitors: 260,318
  • Visitors today: 189
  • Visitors yesterday: 157
  • Currently online: 1
  • Total page views: 1,446,552
  • Page views of this page: 12,545
  • counter

 

 

Video Projects