17

SEP  2014

Rumah Miring Rungkut

By: Andy Rahman. A, ST. IAI (andyrahman architect)
Posted On. 2014-09-17

1. Desain Eksterior View 1

Lazimnya, rumah tinggal dirancang berdasar pada kebutuhan kegiatan sehari-hari, berpijak pada keunikan site atau berasal dari kemauan dan keinginan klien. Jarang sekali rumah yang dibuat berdasarkan kebutuhan akan kegiatan ibadah. Jika akan melakukan ibadah shalat atau ibadah lain, maka penghuni rumah/tamu bisa memakai kamar tidur atau ruang tamu. Meskipun ada juga rumah yang secara khusus menyediakan mushola, tetapi mushola itu arah hadapnya tidak mengarah ke kiblat. Maka ketika shalat harus dalam posisi menyerong terhadap orientasi ruangnya.

Rumah Miring yang berlokasi di jalan Medokan Asri Timur, Surabaya ini menjadi unik justru karena menjadikan mushola dan arah kiblat itu sebagai pijakan awal dalam mendesain. Pada tahap pertama, yang menjadi genesis (awal-mula) desain rumah ini adalah mushola dengan arah hadap ke kiblat yang diperhitungkan secara persis. Sedangkan rumahnya sendiri didesain dengan menyesuaikan bentuk site dan jalan di depannya. Lalu terjadilah ketidaksamaan orientasi antara mushola dan rumah, hal itulah yang memicu kemiringan di rumah ini, maka kemudian dinamakan Rumah Miring.

Konsep Miring tersebut kemudian dielaborasi secara konseptual untuk hampir semua elemen dan komponen bangunan yang ada pada rumah, mulai dari bentuk, fasade, landscape, jendela, pagar, carport, teras, bahkan hingga ke overstek yang menaungi jendela dari panas/hujan. Jadi, berawal dari konsep kiblat sebagai orientasi shalat, lalu secara kreatif dibawa ke dalam konteks desain rumah secara keseluruhan.

 

3. Detail Fasad

Sedangkan dari sisi tampilannya, rumah ini mengambil tema monolith, yakni bangunan digubah agar terlihat sebagai sebuah massa besar yang utuh, tanpa disambung-sambung. Kesan tersebut didapat dari penyelesaian eksterior yang hampir total memakai semen, sekaligus mengekspos tampilan semen tersebut sebagai elemen estetis. Dinding luar pada lantai 1 menggunakan semen aci dan dinding lantai 2 memakai semen plester, sehingga membentuk sebuah batas perseptual antara semen plester yang kasar dan semen aci yang halus. Sedangkan area carport di-finish menggunakan semen roll.

Untuk mengimbangi kesan monolith yang kuat tersebut, maka dipilih pagar dan railing dari bahan metal yang berlubang-lubang. Pagar depan rumah, railing tangga, teralis dari material expanded metal sheet, dan untuk pintu carport serta garasi dari perforated metal. Elemen metal ini juga diulang pada perabot rumah, yang digabung dengan penggunaan kayu palet (sisa peti kemas), semakin menambah kuatnya kesan lugas pada rumah ini. Penyelesaian dengan semen kasar dan tampilan kayu palet dengan tekstur yang khas menjadi sebuah paduan yang apik, terlihat kontras antara kesan semen yang gelap, kaku, dingin dan dengan kesan kayu yang cerah dan hangat.

 

13. Maket Studi

Bentuk massa rumah ini berupa dua box yang dipotong (di-peges) pada bagian atasnya, maka menjadi bentukan yang miring. Kemiringan dua box ini juga berbeda, box yang depan dipotong sehingga meninggi ke kiri, sedangkan box yang belakang meninggi ke arah kanan. Dengan penyelesaian menggunakan beton aci, beton plester dan beton roll, memang memberi nuansa berat dan kaku. Namun, di lingkungannya, rumah ini mampu hadir secara natural dan implosif, Justru dengan tampil cool seperti itu, maka menjadi penarik perhatian bagi sekitar. Massa-massa yang miring, juga kaca besar yang miring di bagian pojok depan, menambah intensitas karakter miring rumah ini.

Munculnya bentuk miring yang simple pada massa bangunan berasal dari bagian atap rumah yang dibuat dari cor beton yang miring, sekaligus menggantikan fungsi plafon. Jadi, secara umum rumah ini menerapkan prinsip low maintenance atau biaya pemeliharaan yang rendah, tidak perlu dicat, tidak perlu memasang dan mengganti plafon, dan lain-lain.

 

5. Ruang Keluarga

Rumah ini berdiri di atas tanah seluas 14 X 25 meter persegi, sedangkan luas lantai dasar bangunannya sekitar 128 meter persegi, sedangkan untuk total luas Bangunan 2 lantai adalah 238 meter persegi. Open space-nya lebih dari 60% dari luas lahannya. Maka rumah ini masih menyisakan ruang luar yang luas yang keempat sisinya. Jadi, posisi rumah ini berada di tengah, tidak menempel dengan dinding tetangga. Hal ini juga sebagai respon terhadap iklim tropis, sehingga lebih leluasa memberi bukaan-bukaan yang lebar di keempat sisi, agar mudah memasukkan angin dan cahaya ke dalam ruang-ruangnya.

Karena tanah di lokasi ini adalah tanah gerak, maka memakai pondasi mini-pile, agar keberadaan rumah ini sekarang dan nantinya tidak mengganggu keberadaan bangunan atau rumah di sekitarnya. Di sekeliling bangunan rumah ini diberi hamparan kerikil, untuk menetralisir percikan air hujan. Pagar di samping rumah yang terbuat dari roster kotak, berfungsi sebagai pembatas antara ruang luar area depan dan area tengah.

Landscape diolah dengan penanaman tanaman yang tematik juga, yaitu dengan menanam pohon pule yang berkarakter besar dan kokoh, dimbangi dengan pohon ketapang kencana yang cenderung vertikal, dengan cabang-cabang yang teratur. Juga ditambah dengan ekor tupai yang merupakan tanaman perdu, sebagai penyeimbang dari dua jenis tanaman lainnya.

 

6. Kamar Tidur Utama View 1

Dalam prosesi memasuki rumah ini, di bagian depan kita disambut oleh teras luar dibuat berbentuk miring juga, dengan material dari kayu ulin sehingga menjadi wood-deck yang cukup hangat di bagian depan rumah, yang setelah jam 3 siang menjadi area teduh yang sangat nyaman untuk bersantai bagi keluarga.

Memasuki rumah, terlihat interior rumah dirancang dengan menyesuaikan eksterior, material perabot hampir seluruhnya menggunkana metal yang digabung dengan kayu palet (sisa peti kemas). Dindingnya menggunakan semen aci, sama dengan dinding luar. Bahkan lantainya juga memakai keramik dengan warna semen.

Lantai bawah merupakan area semi publik dan servis. Di ruang tamu, dinding background-nya berupa pasangan bata ekspos. Bata-bata ini seakan memecah suasana yang dipenuhi finishing semen menjadi lebih berwarna. Lalu berikutnya ada ruang kerja, ruang keluarga dan ruang makan. Meja makan dibuat dari bahan kayu jati solid, yang memperlihatkan tekstur aslinya. Di samping itu, dapur juga tak luput dari tema semen, meja dapur dan pantry berupa cor beton yang menerus dengan dinding, dipadu dengan bahan kayu palet.

Pada bagian paling belakang adalah mushola yang menjadi titik pijak desain. Mushola ini bukan hanya untuk sholat, tetapi sebagai tempat kegiatan ibadah lain juga, seperti kegiatan mengaji keluarga dan juga pengajian bersama untuk warga sekitar. Mushola ini dilengkapi tempat wudlu agar tidak kesulitan ketika akan menjalankan ibadah. Karena fungsinya yang khusus ini, maka desainnya dibuat agak berbeda, dengan lantai keramik bertema vintage dan dinding roster. juga ada aksentuasi batu bata seperti di bagian ruang tamu yang diulang kembali di sini.

Railing tangga menuju lantai atas terbuat dari bahan metal dan menjadi sebuah artwork yang cukup menarik perhatian. Dengan jarak yang acak, railing tangga seakan memecah irama yang monoton dari bentuk tangga itu sendiri. Pijakan tangga memakai keramik bertekstur kasar agar lebih safe bagi penghuni ketika naik-turun tangga.

Di lantai atas yang merupakan area privat, kamar tidur untuk anak laki-laki dan orang tua dibuat dengan lantai keramik vintage, dengan perabot juga memakai bahan metal dan kayu palet. Untuk kamar tidur utama, lantainya menggunakan kayu jati, sedangkan lantai kamar mandinya menggunakan keramik vintage.

Atap yang tinggi tanpa plafon, ditambah banyak bukaan, membuat angin sangat leluasa mengalir ke dalam rumah. Warna semen memberi suasana yang berbeda dengan nature-nya yang kasar dan rustic, membuat rumah ini mampu membuktikan bahwa yang monolith pun juga bisa mengadopsi aspek-aspek tropis.

 

Nama Proyek: Rumah Miring Rungkut

Lokasi Proyek: Medokan Asri Timur, Rungkut, Surabaya
Luas Tanah/Bangunan: 350/238 m2
Tahun: 2014-2015
Arsitek: Andy Rahman. A, ST. IAI dan Abdi Manaf. R, ST
Desainer Interior: Anindita Caesarayi Putri, ST
Teks: Anas Hidayat
Maket: Alfin Noor
Foto Maket: Mansyur Hasan


  • 1. Desain Eksterior View 1

    1. Desain Eksterior View 1

  • 2. Desain Eksterior View 2

    2. Desain Eksterior View 2

  • 3. Detail Fasad

    3. Detail Fasad

  • 4. Ruang Tamu

    4. Ruang Tamu

  • 5. Ruang Keluarga

    5. Ruang Keluarga

  • 6. Kamar Tidur Utama View 1

    6. Kamar Tidur Utama View 1

  • 7. Kamar Tidur Utama View 2

    7. Kamar Tidur Utama View 2

  • 8. Kamar Tidur Anak

    8. Kamar Tidur Anak

  • 9. Dapur

    9. Dapur

  • 10. Ruang Pengajian Semi Outdoor

    10. Ruang Pengajian Semi Outdoor

  • 11. Maket Studi

    11. Maket Studi

  • 12. Maket Studi

    12. Maket Studi

  • 13. Maket Studi

    13. Maket Studi

  • 14. Maket Studi

    14. Maket Studi

  • 15. Maket Studi

    15. Maket Studi

  • 16. Maket Studi

    16. Maket Studi

  • 17. Maket Studi

    17. Maket Studi

  • 18. Konsep

    18. Konsep

  • 19. Konsep

    19. Konsep

  • 20. Konsep

    20. Konsep

  • 21. Konsep

    21. Konsep

  • 22. Konsep

    22. Konsep

  • 23. Konsep

    23. Konsep

  • 24. Konsep

    24. Konsep

  • 25. Konsep

    25. Konsep

  • 26. Konsep

    26. Konsep

  • 27. Konsep

    27. Konsep

  • 28. Denah Lantai 1

    28. Denah Lantai 1

  • 29. Denah Lantai 2

    29. Denah Lantai 2



* Location to be used only as a reference. It could indicate city/country but not exact address.

Related Articles:

You might also like:

  • The Rhythmic Lines

    The Rhythmic Lines

  • Folding House

    Folding House

  • Beach House

    Beach House

  • Exploring Materiality

    Exploring Materiality


  • Tita [ ] said:


    Pak Andy,desain Anda sangat menginspirasi sekali. Saya selalu mengikuti update desain-desain rumah yang Pak Andy buat. Saya ingin sekali ikut memasarkan jasa perencanaan rumah Pak Andy. Jika bisa mohon diberikan bentuk kerjasamanya. Demikian dan terimakasih. regards, Tita

    in: September 30, 2014 at: 7:09 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Ibu Tita: kami sudah merespon tawaran kerjasama dari Ibu via email. Untuk detailnya silahkan Ibu baca di email. Terimakasih

    in: October 2, 2014 at: 11:37 am

  • Tita [ ] said:


    Pak Andy, mohon maaf email yahoo saya bermasalah. Mohon diemail kembali ke alamat galihwigatiningsih@gmail.com Terimakasih.

    in: October 5, 2014 at: 1:07 pm

  • andy rahman [ ] said:


    @ Ibu Tita: Sudah saya emailkan ulang bu. Tlng di cek. Terimakasih

    in: October 7, 2014 at: 1:18 pm

  • Addie B. [ ] said:


    Dear Pak Andy, saya ingin membangun rumah diatas tanah 9 x 15. Modelnya minimalis modern 2 lantai. Kira2 jasa untuk desain nya brp ya ? apakah sudah termasuk RAB dan dokumen2 untuk pengurusan IMB ? Terima Kasih.

    in: November 25, 2014 at: 10:12 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk Addie: Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: November 25, 2014 at: 2:39 pm

  • rizal [ ] said:


    bagaimana caranya untuk menggunakan jasa arsitek di bapak? berapa biayanya? trims

    in: March 20, 2015 at: 9:12 am

  • rizal [ ] said:


    bagaimana caranya untuk menggunakan jasa arsitek di bapak? berapa biayanya? trims

    in: March 20, 2015 at: 9:12 am

  • dody [ ] said:


    kalo utk rumah kecil 6x18 rencana 2 lantai, minimalis dg pencahayaan dan sirkulasi udara yg baik, kira2 biaya berapa pak utk desain dan konstruksinya? utk konsultasi ke kantor Bapak apa ada biayanya? tks

    in: March 21, 2015 at: 11:21 am

  • Distien [ ] said:


    Fasad depan saya suka. Mohon info , saya akan renovasi rumah kami lebar 9m panjang 15m, bagian belakang sudah 2 lantai. Rencana kami akan renov fasad depan dan menambah bangunan menjadi full 2 lantai. Kira2 berapa fee untuk desain dan RAB nya tks

    in: March 22, 2015 at: 6:43 pm

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk Rizal: Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: March 31, 2015 at: 10:45 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk Dody: Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: March 31, 2015 at: 10:48 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Ibu Distien: Pertanyaan Ibu sudah Kami jawab via email bu. Tolong di cek. Terimakasih

    in: March 31, 2015 at: 10:54 am

  • lia aulia [ ] said:


    Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai seni Sungguh mengisnpirasi untuk orang-orang yang memiliki jiwa seni desain untuk para arsitek. Saya juga mempunyai tulisan yang sejenis mengenai Arsitektur yang bisa anda kunjungi di <a href="http://arsitektur.blog.gunadarma.ac.id//">Arsitektur</a>

    in: July 1, 2015 at: 2:48 pm

  • andy rahman [ ] said:


    @ Ibu Lia Aulia: Terimakasih atas apresiasi dan sharingnya.

    in: July 3, 2015 at: 10:36 am

  • J Pitoyo [ ] said:


    Pak Andy saya, mau meninggikan rumah, dengan sejumlah perubahan desain ringan. Tanah 8x15 bangunan 95 m. (pekerjaan tidak terlalu besar) apa masuk / mau terima proyek sekelas ini..?

    in: June 4, 2016 at: 9:15 pm

  • Shodiq [ ] said:


    Dear Pak Andy, Design bapak sangat menarik. Kiranya bisa di infokan rentang biaya arsitek/gambar melalui email saya. Terima kasih sebelumnya.

    in: June 20, 2016 at: 5:29 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk. Pitoyo: Silahkan Bapak emailkan gambar denah dan foto-foto rumahnya pak. Sama permintaan renovasinya ke: andyrahman_architect@hotmail.com

    in: June 21, 2016 at: 1:53 pm

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk Shodiq: Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: June 21, 2016 at: 1:53 pm

  • Bani Pamungkas [ ] said:


    Saya tertarik dengan beberapa desain yang Pak Andy buat. Bisakah saya minta kontak bapak? Terima kasih.

    in: January 3, 2017 at: 5:25 am

  • magret spencer [ ] said:


    Halo, Saya Magret Spencer, seorang pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda berada di utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah terdaftar dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

    in: February 16, 2017 at: 8:49 am

  • yona [ ] said:


    bisa tolong di buatkan model rumah 2 lantai dimana tanahnya sekitar 3 meter lebih rendah dari permukaan jalan raya. terima kasih

    in: March 18, 2017 at: 1:47 pm

  • yona [ ] said:


    bisa tolong di buatkan model rumah 2 lantai dimana tanahnya sekitar 3 meter lebih rendah dari permukaan jalan raya. terima kasih

    in: March 18, 2017 at: 1:47 pm

  • Dwi Hendra Irawan [ ] said:


    Dh Pak andy mohon informasi untuk design Rumah Minimalis (Konsep seperti rumah miring pak) untuk ukuran tanah 11x24 ( 4 Kamar ) 1 Lantai

    in: April 8, 2017 at: 4:23 pm

  • Andri [ ] said:


    Assalamualaikum.. Saya seorang mahasiswi arsitektur semester 2. Saya ingin bertanya Untuk ukuran rumah kos rungkut d Surabaya, bisakah dalam denahnya dcantumkan? Terimakasih

    in: May 9, 2017 at: 4:19 pm

  • Andri [ ] said:


    Assalamualaikum.. Saya seorang mahasiswi arsitektur semester 2. Saya ingin bertanya Untuk ukuran rumah kos rungkut d Surabaya, bisakah dalam denahnya dcantumkan? Terimakasih

    in: May 9, 2017 at: 4:19 pm

  • Andri [ ] said:


    Assalamualaikum.. Saya seorang mahasiswi arsitektur semester 2. Saya ingin bertanya Untuk ukuran rumah kos rungkut d Surabaya, bisakah dalam denahnya dcantumkan? Terimakasih

    in: May 9, 2017 at: 4:19 pm

Leave a Comment

Coming Soon!
Various Project Gallery

 

 

Facebook Fans Page

 

 

Latest Comments
Browse by Category

 

 

Web Statistic
  • Total visitors: 264,762
  • Visitors today: 154
  • Visitors yesterday: 139
  • Currently online: 2
  • Total page views: 1,468,061
  • Page views of this page: 9,866
  • counter

 

 

Video Projects