23

MEI  2015

Green Roof Residence

By: Andy Rahman. A, ST. IAI (andyrahman architect)
Posted On. 2015-05-23

1. Eksterior Malam View 1

Simple...Natural...Exotic...

Rumah yang satu ini sejatinya hanya rumah biasa saja, seperti rumah di lingkungan perumahan pada umumnya. Namun si pemilik ingin ada sesuatu yang menarik dan unik pada rumahnya, dengan desain yang simple, tidak terlalu rumit tetapi tepat guna dan mengena. Maka dibuatlah komposisi yang menonjolkan detail-detail sederhana dan pertemuan antar elemen-elemen bangunan yang diselesaikan secara serius dan konsisten untuk menghadirkan dialog antar material yang berbeda-beda. Dari situ muncullah irama, harmoni, ketegangan, kontras, permainan bayangan atau gelap-terang yang semakin memperkuat aura dari tampilan rumah ini, terlihat lebih berkarakter dan berbeda dibanding rumah lain yang ada di sekitarnya. Rumah ini akhirnya menjadi sebuah rumah kecil yang bisa tampil menarik dan punya ciri tersendiri. Ditambah lagi dengan nuansa natural yang begitu kental, yaitu atap rumah yang hampir seluruhnya berbalut dedaunan hijau (green roof), menjelma sebagai atap hidup yang mampu menghidupkan suasana di lingkungannya.

 

5. Desain Pagar

Pagar depan merupakan ujung tombak tampilan sebuah rumah, yang langsung berhadapan dengan jalan umum. Di rumah ini, pagar depan tidak dibuat sama seluruhnya, tetapi dibagi dalam beberapa segmen agar tidak tampak monoton. Pada bagian carport sebagai main entrance, pagar dibuat dari besi siku yang disusun berjajar membentuk garis-garis horisontal. Sedangkan di bagian side entrance, pagar dibuat dari material yang sama, hanya saja dengan kerenggangan yang berbeda, sehingga memunculkan irama yang dinamis dari garis-garis horisontal tersebut.

Pada bagian paling kiri dibuatlah pagar bronjong, berupa pagar berbahan pecahan batu-batu alam yang disusun dalam jaring kotak-kotak dari besi. Meski pagar bronjong ini lebarnya hanya 1,60 meter, tetapi dipisah menjadi dua bagian yang tak sama, sehingga memberikan kesan asimetris. Di antara pagar bronjong tadi diberi elemen sela berupa pagar dari bahan plat strip (strip plate) yang masih memungkinkan pandangan visual masuk ke halaman rumah, ini untuk mengimbangi kesan berat dan masif dari pagar bronjong. Pada malam hari, pagar bronjong ini diberi pencahayaan spot-light dari bawah, menghasilkan efek gelap-terang yang menonjolkan sifat alamiah batu-batunya. Dari komposisi pagar depan secara keseluruhan, terlihat bagaimana kesan natural, masif, tebal dan berat berpadu secara apik dengan kesan plat yang artifisial, tipis dan ringan. Selain itu, kesan order dari garis-garis besi bersanding dengan kesan disorder dari susunan batu-batu alam. Semua itu membentuk dialog yang kontras tetapi tetap kompak tanpa kehilangan unsur unity di dalamnya.

 

9. Carport

Dinding depan rumah yang menghadap carport diberi aksen permainan material yang disusun maju-mundur yang kemudian disorot dengan spot-light sehingga memberi efek bayangan yang lebih dramatis. Bagian ini menjadi sebuah viewpoint yang kuat, terutama pada malam hari. Sedangkan bagian lantai carport hanya menggunakan hamparan batu-batu kerikil saja yang disebar secara merata. Kerikil ini selain sebagai unsur estetis, juga sebagai penyerap air hujan karena atap tanaman masih memungkinkan air menetes ke carport, kerikil ini sekaligus berfungsi sebagai peredam getaran mobil yang masuk ke carport. Kanopi pada side entrance yang menuju ke pintu rumah dibuat dari besi dengan penutup atap polycarbonate sebagai peneduh. Ini merupakan pengulangan dari rangka atap carport, tetapi dengan interval plat besi yang lebih rapat. Pada area depan rumah ini kita bisa melihat pertemuan antar detail yang sederhana tetapi cukup menarik. seperti pertemuan antara kerikil, beton dan pijakan side entrance yang menimbulkan sebuah dialog antar bahan yang berbeda karakternya. Karakter beton yang dingin, berwarna abu-abu dan geometris bertemu dengan kerikil yang terserak, acak dan tak beraturan, menghasilkan tegangan antar material yang rancak dan lugas (apa adanya). Apalagi dengan jatuhnya bayangan daun-daun dan ranting tanaman yang menerpa permukaan material, menambah kesan natural dari pertemuan elemen-elemen bangunan itu.

 

3. Eksterior Siang

Yang menjadi ciri khas dominan pada rumah ini adalah adanya tanaman markisa, termasuk jenis tanaman rambat passiflora yang bisa tumbuh di daerah tropis dan subtropis. Tanaman ini diarahkan pertumbuhannya agar merambat dan menjalar ke bagian atas carport dan bahkan sampai ke atap rumah, hingga menutup keseluruhan genteng. Secara sadar, tanaman markisa ini dimanfaatkan sebagai climate modifier, karena genteng sebagai penutup atap menjadi lebih dingin karena tidak terpapar langsung oleh panas matahari. Maka, suhu udara di dalam rumah pun otomatis juga lebih segar dan sejuk. Penanaman markisa ini diihami ketika si arsitek datang ke rumah seorang kawan, di sana ada tanaman markisa yang dibiarkan merambat ke atas atap, tetapi pertumbuhannya terkesan liar, karena tak diarahkan. Sedangkan di rumah ini pertumbuhannya diarahkan dan ditata-atur sedemikian rupa sehingga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu elemen penting dari tampilan bangunan. Tanaman markisa ini diberi media rambat berupa tangga besi di sisi depan rumah dan juga kawat ayam yang diletakkan di atas carport. Pada perkembangannya, tanaman ini ternyata juga bisa merambat ke atas genteng dan menutup seluruh permukaan genteng sampai atapnya terlihat hijau total seluruhnya. Markisa ini memberi kesan lebih dekat dengan alam dan juga eksotis, tampil dengan ciri yang berbeda. Keuntungan lain dari markisa ini yaitu bukan sekedar tanaman hias belaka, tetapi juga menghasilkan buah hampir sepanjang tahun, yang bisa dimanfaatkan oleh pemilik untuk berbagai keperluan, seperti dibuat sirup buah untuk memberi minuman kepada tamu atau tetangga yang datang.

 

13. Taman Belakang

Untuk memperkuat konsep green, bagian halaman belakang rumah juga tidak luput dari sentuhan natural. Penyelesaian di bagian belakang rumah dibuat agar senada dengan bagian depan sebagai sebuah repetisi atau pengulangan.

Bagian tanah di halaman belakang ini juga diisi dengan hamparan kerikil yang disebar merata ke seluruh area halaman. Pemilihan kerikil ini karena ketika sebelumnya ditanami dengan rumput gajah mini, ternyata tidak bisa tumbuh dengan baik disebabkan jatuhnya cahaya matahari yang tak merata. Bagian ujung atap belakang ditambah dengan kanopi dari bahan solar-tuff berwarna bening (clear) untuk melindungi dari tampias air hujan, tetapi masih mengijinkan terang langit untuk masuk ruangan dan tetap mempertahankan sirkulasi udara yang baik di dalam rumah. Senada dengan nuansa green pada bagian depan yang didominasi tanaman markisa, di bagian belakang juga demikian. Dengan tanaman fleksi mini yang mampu merambati permukaan dinding dan akhirnya memenuhi tembok pembatas belakang rumah, menjadi sebuah green background yang cukup menarik sebagai view dari dalam atau teras belakang rumah. Hal ini semakin memperkuat karakter dan konsistensi rumah ini sebagai sebuah green roof residence.

 

Nama Proyek: Green Roof Residence

Lokasi: Surya Asri 2, Sukodono, Sidoarjo 
Luas Tanah/Bangunan: 90/45 m2 
Arsitek: Andy Rahman. A, ST. IAI 
Foto: Mansyur Hasan 
Teks: Anas Hidayat


  • 1. Eksterior Malam View 1

    1. Eksterior Malam View 1

  • 2. Eksterior Malam View 2

    2. Eksterior Malam View 2

  • 3. Eksterior Siang

    3. Eksterior Siang

  • 4. Detail Aksen Batu Alam

    4. Detail Aksen Batu Alam

  • 5. Desain Pagar

    5. Desain Pagar

  • 6. Detail Pagar

    6. Detail Pagar

  • 7. Detail Kanopi Side Entrance

    7. Detail Kanopi Side Entrance

  • 8. Detail Bronjong dan Besi Plat Strip

    8. Detail Bronjong dan Besi Plat Strip

  • 9. Carport

    9. Carport

  • 10. View Dari Carport

    10. View Dari Carport

  • 12. View ke Taman Belakang Dari Ruang Makan

    12. View ke Taman Belakang Dari Ruang Makan

  • 13. Taman Belakang

    13. Taman Belakang

  • 14. Detail di Area Carport.JPG

    14. Detail di Area Carport.JPG

  • 15. Area Carport.JPG

    15. Area Carport.JPG

  • 16. Kerikil Sebagai Material Penutup Lantai Carport.JPG

    16. Kerikil Sebagai Material Penutup Lantai Carport.JPG

  • 17. Bayangan Markisa.JPG

    17. Bayangan Markisa.JPG

  • 18. Side Entrance

    18. Side Entrance

  • 19. Buah Markisa.JPG

    19. Buah Markisa.JPG

  • 20. Denah

    20. Denah



* Location to be used only as a reference. It could indicate city/country but not exact address.

Related Articles:

You might also like:

  • Rumah Miring Rungkut

    Rumah Miring Rungkut

  • Silce House

    Silce House

  • Rumah Kos Keputih Jilid 1

    Rumah Kos Keputih Jilid 1

  • Rumah Sisa

    Rumah Sisa


  • samsul aripin [ ] said:


    Pa andi, saya punya tanah luas nya 400m2. Mau dibangun rumah tinggal 2lantai, untuk jasa nya brpa ya mas?

    in: July 31, 2015 at: 9:22 pm

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bapak Samsul: Pertanyaan bapak sudah kami jawab via email. Mohon di cek. Terimakasih

    in: August 5, 2015 at: 11:16 am

  • yulia sofia a [ ] said:


    Pak Andi...Saya punya tanah luasnya 181 M2 mau dibangun dua lantai dan dibelakang rumah ada sedikit kolam, untuk jasanya berapa ya pak?

    in: August 11, 2015 at: 3:11 pm

  • DEDI ADISAPUTRA [ ] said:


    Pak Andy, saya punya rumah di Saphire Residence Sedati - Sidoarjo Ukuran 36/90. Kondisi rumah masih asli, saya ingin di bangun seperti model GREEN ROOF RESIDENCE, berapa biayanya?? terima kasih. besar harapan saya email ini di balas. terima kasih DEDI ADISAPUTRA

    in: August 16, 2015 at: 9:10 am

  • dewi [ ] said:


    Pak andy kalau luas tanah 60m2 apakah bisa dibuat konsep seperti ini? Lalau berapa kisaran biaya yg dibutuhkan?

    in: August 27, 2015 at: 2:48 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Ibu Yulia: Pertanyaan Ibu sudah Kami jawab via email bu. Tolong di cek. Terimakasih

    in: September 14, 2015 at: 10:06 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk Dedi: Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: September 14, 2015 at: 10:07 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Ibu Dewi: Pertanyaan Ibu sudah Kami jawab via email bu. Tolong di cek. Terimakasih

    in: September 14, 2015 at: 10:10 am

  • mirra [ ] said:


    ass pak... pingin tahu ini ruangan bagian dalamnya spt apa? soalnya suka banget...

    in: September 23, 2015 at: 10:41 am

  • Erick [ ] said:


    Nice job pak andi, saya ada pertanyaan bagaimana cara menanam pohon markisa tsb sehingga bisa menjalar dengan baik dan rapi di atas carport dan genting

    in: October 3, 2015 at: 10:03 am

  • Devi [ ] said:


    Pak andy, bisa dikirimkan penawarannya, kalau menggunakan jasa arsitek paka andy. Terimkasih

    in: October 17, 2015 at: 7:15 pm

  • andy rahman [ ] said:


    @ Ibu Mirra: Interiornya belum di Foto bu.

    in: October 19, 2015 at: 10:18 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk. Erick: Pada dasarnya tanaman markisa akan menjalar secara liar pak, jadi kalau kita mau tanaman tersebut rapi, kita harus memotong serta mengarahkannya secara berkala. Tidak ada tips khusus.

    in: October 19, 2015 at: 10:20 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Ibu Devi: Pertanyaan Ibu sudah Kami jawab via email bu. Tolong di cek. Terimakasih

    in: October 19, 2015 at: 10:24 am

  • Ariest [ ] said:


    Pak Andy, saya punya rumah di Kahuripan Nirwana - Sidoarjo Ukuran 36/108. Kondisi rumah sudah berdiri bangunan 72 m2...kira2 kena berapa ya pak? terima kasih

    in: October 22, 2015 at: 4:44 pm

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk Ariest: Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: October 24, 2015 at: 12:13 pm

  • wien [ ] said:


    pak andi, saya mau buat ruang tamu terbuka dan taman, kira2 berapa biayanya? terima kasih

    in: January 6, 2016 at: 9:14 pm

  • andy rahman [ ] said:


    @ Ibu Wien: Ada alamat email yg lain bu. Pertanyaan Ibu sudah kami jawab via email tapi tidak bisa. Terimakasih

    in: January 21, 2016 at: 9:06 am

  • Chris [ ] said:


    Pak Andy, bisa minta penawaran jasa arsitek dan interiornya ? Terutama untuk keperluan renovasi residential... Terima kasih.

    in: February 15, 2016 at: 10:45 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk. Chris: Pertanyaannya sudah kami jawab via email pak. Tlng di cek. Trmksh

    in: February 15, 2016 at: 1:33 pm

  • Topek [ ] said:


    Bagaimana caranya agar tanaman ini ga merambat ke genteng tetangga? Apakah sudah ada solusinya? Pm juga ya harga untuk total biaya membuat carport, teras depan dan rooftopnya. Thx

    in: March 10, 2016 at: 6:05 pm

  • Sisilia Utomo [ ] said:


    Rumah saya tipe 54/91 klo mau cartport,halaman n pagar sprti ini kira-kira brp budget ya mas?makasih

    in: March 11, 2016 at: 5:54 am

  • Andy Rahman [ ] said:


    @ Bpk. Topek: Tinggal diarahkan pak. Tanaman ini mudah diarahkan.

    in: March 30, 2016 at: 1:55 pm

  • erwin [ ] said:


    pk andi mohon info untuk biaya desain rehab rumah kondisi rmh sudah siap naik (secara struktur sdh disiapkan dr awal) rencana mau dinaikan dan direhab dg ingin fasad dan tampilan menarik, unik, modern minimalis ditunggu infonya terima kasih

    in: May 31, 2016 at: 11:49 am

  • noval adtya [ ] said:


    Pak Andy...saya punya sisa tanah belakang rumah dg ukuran kanan : 4m kiri : 2,5m lebar 7m ruangan tsb akan saya buat ruang santai dan dapur..tetapi konsep rumah tumbuh yg nantinya atasnya akan saya bangun kamar lagi....da da lahan terbuka buat fentilasi udara di sisi Kiri bangunan brapa harga dbutuhkan untuk desain dg konsep di atas.. terima kasih

    in: June 19, 2016 at: 3:49 am

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk Erwin dan Noval: Pertanyaan Bapak sudah Kami jawab via email pak. Tolong di cek. Terimakasih

    in: June 21, 2016 at: 1:49 pm

  • Devi Nurfransisca [ ] said:


    Pak, saya suka konsep rumahnya. Saya ingin model seperti ini, luas tanah melebar, lebar depan 13, panjang 25, lebar belakang 17. tapi karena kami hanya tinggal berdua untuk rumah tak perlu besar, hanya di bagian depan ingin dibangun toko, dan bagian Belakang ada kamar kost terpisah, kira2 estimasi biaya nya berapa ya?

    in: June 29, 2016 at: 12:06 pm

  • mustiko ardiansyah [ ] said:


    Yth. BP. Andy, saya tertarik dengan konsep Green Roof. Jika saya ingin dibuatkan lengkap dengan rumah seperti di foto, kira2 berapa biayanya? Luas tanah k.l. 80 m2. terima kasih.

    in: July 19, 2016 at: 4:54 pm

  • andy rahman [ ] said:


    @ Bpk Mustiko dan Ibu Devi: Pertanyaan Bapak dan Ibu sudah Kami jawab via email pak/bu. Tolong di cek. Terimakasih

    in: August 3, 2016 at: 10:14 am

  • Norlatifah [ ] said:


    Assalamualaikum... P Andy...km dr Balikpapan...minat utk bangun kost di Yogya utk biaya anak2 yg lg kuliah...ini no hp/wa :0816200777 Sy tertarik dgn desain rumah kost Keputih 2...kira2 brp budget yg sy siapkan dgn ukuran yg sama termasuk interior dalamnya...terimakasih...

    in: August 12, 2016 at: 9:31 am

  • nur qoiria [ ] said:


    Pak Andy rumah saya sdh setengah jd, tapi kami tdk lega dg hasilnya sebelumnya pembangunan tdk menggunakan gambar desain, untuk selanjutnya apa bisa didesain ulang? Luas rumah 8x12m2, 3 lantai(atap cor)... minta tolong saran dan kira2 biaya desain brp pak andy?

    in: August 14, 2016 at: 5:54 pm

  • daka [ ] said:


    Ysh, Bpk. Andy Saya berencana utk bangun pagar rumah seperti gambar diatas "pagar batu bronjong". Uk pagar rencana 3 meter (panjang) x 1,60 meter (tinggi) x 40-50 cm (lebar). Yang ingin ditanyakan : 1. Tips membuat pagar seperti itu 2. Jenis/bahan besi penahan batu (kandang batu) 3. Estimasi biaya Terima kasih atas bantuannya

    in: August 28, 2016 at: 9:21 pm

  • daka [ ] said:


    Ysh, Bpk. Andy Saya berencana utk bangun pagar rumah seperti gambar diatas "pagar batu bronjong". Uk pagar rencana 3 meter (panjang) x 1,60 meter (tinggi) x 40-50 cm (lebar). Yang ingin ditanyakan : 1. Tips membuat pagar seperti itu 2. Jenis/bahan besi penahan batu (kandang batu) 3. Estimasi biaya Terima kasih atas bantuannya

    in: August 28, 2016 at: 9:21 pm

  • David San [ ] said:


    Pak Andy, apakah ada efek samping dari rambatan akar pohon markisa ke genteng, akankah mudah lapuk? Atap rumah saya dari asbes, apakah tahan bila di buat seperti itu?

    in: September 23, 2016 at: 12:44 pm

  • Erwin [ ] said:


    Yth. BP. Andy, saya tertarik dengan konsep Green Roof, kebetulan rumah saya luas tanannya juga 90 M2 (6m X 15m). Untuk renovasi dengan konsep persis seperti di foto ini, kira2 berapa biayanya? Terima kasih Erwin

    in: December 1, 2016 at: 11:21 am

  • rioaditya [ ] said:


    Pa andi, saya punya tanah luas nya 120m2. Mau dibangun rumah tinggal 2 lantai, untuk jasa nya brpa ya mas?

    in: January 3, 2017 at: 10:46 am

  • rioaditya [ ] said:


    Pa andi, saya punya tanah luas nya 120m2. Mau dibangun rumah tinggal 2 lantai, untuk jasa nya brpa ya mas?

    in: January 3, 2017 at: 10:46 am

  • adi setyobudi [ ] said:


    pak andi saya punya tanah 225 m , mau bangun rumah luas 63 m, untuk jasanya berapa ya pak? sudah termasuk material p[a belom?

    in: January 3, 2017 at: 7:57 pm

  • Albert [ ] said:


    Pak andi mau tanya 1. apakah tanaman merambat(markisa) tidak ada ulatnya? 2. Pada carport berarti tetap kehujanan ya pak?

    in: January 7, 2017 at: 7:45 pm

  • Albert [ ] said:


    Pak andi mau tanya 1. apakah tanaman merambat(markisa) tidak ada ulatnya? 2. Pada carport berarti tetap kehujanan ya pak?

    in: January 7, 2017 at: 7:45 pm

  • THOMAS [ ] said:


    Pak Andi saya mau renovasi rumah saya tambah tingkat dari 1 lantai menjadi 2 lantai tapi dengan budget terbatas. Untuk jasa dan material bagaimana perhitungannya ya?

    in: January 17, 2017 at: 2:06 pm

  • Unique [ ] said:


    Pak Andy, sy mau merenovasi rumah saya menjadi 2 lantai. lantai 1 utk usaha, lt 2 utk tempat tinggal. uk 12 x 8. utk jasanya brp pak ya?

    in: January 21, 2017 at: 9:05 am

  • Unique [ ] said:


    Pak Andy, sy mau merenovasi rumah saya menjadi 2 lantai. lantai 1 utk usaha, lt 2 utk tempat tinggal. uk 12 x 8. utk jasanya brp pak ya?

    in: January 21, 2017 at: 9:05 am

  • irfin [ ] said:


    Untuk membuat pagar seperti diatas kira2 membutuhkan budget berpa juta ya pak andy, trims

    in: February 7, 2017 at: 9:59 am

  • magret spencer [ ] said:


    Halo, Saya Magret Spencer, seorang pemberi pinjaman uang pribadi, apakah Anda berada di utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah terdaftar dan disetujui. Aku memberikan pinjaman kepada reputasi dan tingkat individu Tersedia dalam 2%. Aku memberikan pinjaman kepada lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, di seluruh dunia. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari reputasi kami. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: magretspencerloancompany@gmail.com

    in: February 16, 2017 at: 8:35 am

  • karen mark [ ] said:


    Kami siap membantu orang yang membutuhkan pinjaman pada tingkat bunga rendah. Aku Karen Mark, pemberi pinjaman uang pribadi, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya telah didaftarkan dan disetujui perusahaan pinjaman oleh kerajaan Inggris untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank. Tidak memerlukan banyak dokumen. Anda dapat menghubungi kami melalui Email: karenmarkfinancialloancompany@gmail.com Kami akan memberikan kami yang terbaik.

    in: March 2, 2017 at: 5:33 pm

  • Nuke [ ] said:


    Pak saya ada lahan 7x15 m, klo design k bpk berapa harga jasanya y, dan jika dengan pembangunannya berapa,? Terima kasih.

    in: April 21, 2017 at: 3:26 pm

  • Yusi Retnowati [ ] said:


    Halo, nama saya Yusi Retnowati dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak kreditor pinjaman palsu di internet, tapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah scammed oleh 8 kreditur pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang karena berhutang. Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang mengenalkan saya pada pemberi pinjaman pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Karen Mark Financial Loan Company yang mendapat pinjaman saya sebesar 500 juta rupiah Indonesia (lima ratus juta rupiah di Indonesia) Kurang Dari 24 jam Tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut saat memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa ada penundaan atau kekecewaan, jadi saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik tersebut sehingga orang dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Karen Mark Saya ingin Anda mempercayai Ibu Karen Mark dengan sepenuh hati karena dia sangat membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi perusahaan melalui email: (karenmarkfinancialloancompany@gmail.com) Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya, jika Anda merasa sulit mengajukan pinjaman dari perusahaan. (Yusiretnowati010@gmail.com). Tuhan tolong dan hati-hati

    in: June 5, 2017 at: 11:32 am

  • Yusi Retnowati [ ] said:


    Halo, nama saya Yusi Retnowati dari Indonesia, tolong saya sarankan semua orang di sini harus sangat berhati-hati, karena ada begitu banyak kreditor pinjaman palsu di internet, tapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah scammed oleh 8 kreditur pinjaman yang berbeda, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang karena berhutang. Saya hampir menyerah sampai saya meminta saran dari seorang teman yang mengenalkan saya pada pemberi pinjaman pinjaman asli dan perusahaan yang sangat andal yaitu Karen Mark Financial Loan Company yang mendapat pinjaman saya sebesar 500 juta rupiah Indonesia (lima ratus juta rupiah di Indonesia) Kurang Dari 24 jam Tanpa tekanan atau tekanan pada tingkat bunga rendah 2%. Saya sangat terkejut saat memeriksa rekening bank saya dan menemukan jumlah pinjaman yang saya minta telah ditransfer ke rekening bank saya tanpa ada penundaan atau kekecewaan, jadi saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik tersebut sehingga orang dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dari Ibu Karen Mark Saya ingin Anda mempercayai Ibu Karen Mark dengan sepenuh hati karena dia sangat membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi perusahaan melalui email: (karenmarkfinancialloancompany@gmail.com) Anda juga bisa menghubungi saya melalui email saya, jika Anda merasa sulit mengajukan pinjaman dari perusahaan. (Yusiretnowati010@gmail.com). Tuhan tolong dan hati-hati

    in: June 5, 2017 at: 11:34 am

  • james [ ] said:


    saya sangat tertarik dengan design green roof ini, bagaimana cara pengaplikasiannya ke atap? bagaimana cara menanam tanamannya di atap?

    in: June 12, 2017 at: 11:35 am

Leave a Comment

Coming Soon!
Various Project Gallery

 

 

Facebook Fans Page

 

 

Latest Comments
Browse by Category

 

 

Web Statistic
  • Total visitors: 270,362
  • Visitors today: 6
  • Visitors yesterday: 123
  • Currently online: 3
  • Total page views: 1,497,305
  • Page views of this page: 10,271
  • counter

 

 

Video Projects